Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Sungai Terpanjang di Benua Eropa (Mulai Dari Sungai Volga Hingga Sungai Dniester)

Sungai terpanjang di Benua Eropa berikut ini sangat direkomendasikan untuk diketahui oleh siapapun di dunia ini, terutama bagi kalian yang ada rencana atau " planning " jalan-jalan ke benua ini. 

Seperti diketahui, Eropa adalah salah satu benua di dunia dengan luas sekitar 10.180.000 kilometer persegi. Di Benua Eropa ini terdapat sejumlah kondisi alam yang menarik, salah satunya adalah sungai.

Bahkan ada beberapa sungai di Benua Eropa yang masuk sebagai salah satu dari daftar 20 sungai terpanjang di dunia. Lantas, apa saja sungai terpanjang di Benua Eropa tersebut? Berikut penjelasan lengkapnya.

Inilah Beberapa Sungai Terpanjang di Benua Eropa (Mulai Dari Sungai Volga Hingga Sungai Dniester)

#1. Sungai Volga (3.692 Kilometer)

Sungai Terpanjang di Benua Eropa
Sungai Volga
Sungai terpanjang di Benua Eropa yang pertama yaitu Sungai Volga dengan panjang kurang lebih 3.692 kilometer. Secara administratif, sebagian besar sungai ini berada di wilayah Negara Rusia.

Sungai Volga ini melewati beberapa kota besar di Negara Rusia, mulai dari ibukota Negara Rusia, yakni Kota Moskwa, Volgograd, Kazan, Saratov, Nizhny Novgorod, hingga Astrakhan, dan lain sebagainya.

Sungai Volga bersumber dari Perbukitan Valdai, yaitu salah satu dataran tinggi yang berada dibagian barat laut Negara Rusia, dan bermuara di Laut Kaspia, atau dikenal juga dengan nama " Laut Mazandaran ".

BACA JUGA: 10+ Sungai Terpanjang di Myanmar (Mulai Dari Sungai Mekong Hingga Sungai Moei)

#2. Sungai Donau (2.850 Kilometer)

Sungai Terpanjang di Benua Eropa
Sungai Donau
Sungai terpanjang di Benua Eropa berikutnya yaitu Sungai Donau dengan panjang sekitar 2.850 kilometer. Sungai ini bersumber dari Hutan Hitam di Negara Jerman, dan bermuara di Laut Hitam (Rumania).

Sungai Donau melewati sepuluh negara eropa sekaligus, di antaranya adalah Negara Jerman, Hongaria, Austria, Slowakia, Serbia, Kroasia, Ukraina, Bulgaria, Moldavia, dan Rumania.

Karena karakteristiknya yang cukup lebar, sehingga sungai ini banyak dimamfaatkan sebagai jalur transportasi air. Bahkan, dibagian hulu sungai sudah dibangun terusan yang menghubungkan ke Sungai Main dan Sungai Rhein.

#3. Sungai Ural (2.428 Kilometer)

Sungai Ural adalah salah satu sungai yang melewati dua benua sekaligus, yaitu Benua Eropa dan Benua Asia. Dimana diketahui, sebagian besar sungai ini mengalir di Negara Rusia dan Negara Kazakhstan.

Sungai Ural ini mengalir dari Pegunungan Ural atau Pegunungan Riphean, yaitu salah satu barisan pegunungan di Rusia, dan bermuara di Laut Kaspia atau dikenal juga dengan nama " Laut Mazandaran ".

Beberapa kota yang dilewati oleh Sungai Ural ini di antaranya adalah Kota Orenburg (Rusia), Kota Orsk (Rusia), Kota Magnitogorsk (Rusia), Kota Atyrau (Kazakhstan), hingga Kota Oral (Kazakhstan), dan lainnya.

#4. Sungai Dnieper (2.285 Kilometer)

Sungai yang mempunyai panjang kurang lebih 2.285 kilometer ini melewati beberapa negara eropa sekaligus, di antaranya adalah Rusia (485 kilometer), Belarusia (595 kilometer), dan Ukraina (1.095 kilometer).

Kurang lebih sama dengan Sungai Volga, Sungai Dnieper bersumber dari Perbukitan Valdai, yaitu salah satu dataran tinggi yang berada dibagian barat laut Negara Rusia, dan bermuara di Laut Hitam (Ukraina).

Karena karakteristiknya yang cukup lebar, dan dalam, makanya sejak dulu, Sungai Dnieper sudah dimamfaatkan sebagai salah satu jalur alat transportasi air di Benua Eropa.

#5. Sungai Don (1.950 Kilometer)

Sungai Terpanjang di Benua Eropa
Sungai Don
Sungai Don adalah salah satu sungai terpenting di Negara Rusia. Dimana diketahui, sungai sepanjang kurang lebih 1.950 kilometer ini mengalir dari Kota Novomoskovsk dan bermuara di Laut Azov, yaitu salah satu laut di Negara Rusia.

Pada jaman kuno, Sungai Don seringkali dianggap sebagai salah satu perbatasan antara Benua Eropa dengan Benua Asia.

#6. Sungai Pechora (1.809 Kilometer)

Sungai Terpanjang di Benua Eropa
Sungai Pechora
Sepertinya daftar sungai terpanjang di Benua Eropa banyak diisi oleh sungai-sungai dari Negara Rusia. Pasalnya, selain Sungai Volga, Sungai Ural, dan Sungai Don, ada satu sungai di Negara Rusia yang masuk di daftar ini, yaitu Sungai Pechora.

Sungai sepanjang kurang lebih 1.809 kilometer ini mengalir dari Pegunungan Ural atau Pegunungan Riphean, dan bermuara di Samudra Arktik, atau lebih tepatnya bermuara di Laut Pechora, yaitu salah satu laut di Negara Rusia.

#7. Sungai Kama (1.805 Kilometer)

Sungai Terpanjang di Benua Eropa
Sungai Kama
Sungai Kama atau sering juga disebut dengan nama " Sungai Chulman " adalah salah satu anak sungai di Sungai Volga. Sungai Kama atau Sungai Chulman ini memiliki panjang kurang lebih 1.805 kilomter.

Sungai Kama atau Sungai Chulman ini mengalir di sepanjang lereng Pegunungan Ural atau Pegunungan Riphean, dan bermuara di Sungai Volga. Beberapa kota yang dilewati sungai ini di antaranya adalah Kota Perm, Naberezhnye Chelny, dan lainnya.

#8. Sungai Oka (1.500 Kilometer)

Kurang lebih sama dengan Sungai Kama atau Sungai Chulman, Sungai Oka juga merupakan salah satu anak sungai di Sungai Volga. Sungai Oka ini mempunyai panjang kurang lebih 1.500 kilometer.

Sungai Oka mengalir dari Glazunovsky, yaitu salah satu distrik di Negara Rusia, dan bermuara di Sungai Volga.

#9. Sungai Belaya (1.430 Kilometer)

Sungai Belaya adalah salah satu anak sungai di Sungai Kama atau Sungai Chulman. Sebagian besar, Sungai Belaya mengalir di wilayah Bashkortostan, yaitu salah satu wilayah Federasi di Negara Rusia.

Sungai dengan panjang kurang lebih 1.430 kilometer ini bersumber di Pegunungan Ural atau Pegunungan Riphean dibagian barat daya, dan bermuara di Sungai Kama, atau Sungai Chulman.

#10. Sungai Dniester (1.362 Kilometer)

Sungai Terpanjang di Benua Eropa
Sungai Dniester
Daftar sungai terpanjang di Benua Eropa yang terakhir yaitu Sungai Dniester. Sungai yang membentuk perbatasan Negara Ukraina dan Negara Moldova ini memiliki panjang sekitar 1.362 kilometer.

Sungai Dniester bersumber dari Pegunungan Karpatia, yaitu sebuah pegunungan yang membentang dari eropa bagian tengah hingga ke eropa bagian timur, dan bermuara ke Laut Hitam, yaitu salah satu laut di Benua Eropa.

Akhir Kata

Nah, itulah daftar lengkap sepuluh sungai terpanjang di Benua Eropa (mulai dari Sungai Volga hingga Sungai Dniester). Baca juga 10+ Sungai Terdalam di Dunia Yang Wajib Diketahui!!.