Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

7+ Sungai Terpanjang di Laos (Lengkap Dengan Penjelasannya)

Sungai terpanjang di Laos berikut ini sangat penting untuk diketahui, khususnya bagi mereka yang sedang mempelajari tentang karakteristik sungai yang ada di Asia Tenggara dan sekitarnya.

Seperti diketahui, Laos adalah salah satu negara di Asia Tenggara, yang memiliki banyak sekali sungai. Bahkan, Sungai Mekong yang mengalir di Laos adalah salah sungai terpanjang di Benua Asia.

Selain Sungai Mekong, Laos juga masih mempunyai sejumlah sungai yang juga cukup panjang. Lantas, sungai apa saja yang terpanjang di Laos tersebut? Berikut daftarnya lengkap dengan penjelasannya.

7+ Sungai Terpanjang di Laos (Lengkap Dengan Penjelasannya)

#1. Sungai Mekong (4.350 Kilometer)

Sungai Terpanjang di Laos
Sungai Mekong
Daftar sungai terpanjang di Laos yang pertama yaitu Sungai Mekong dengan panjang sekitar 4.350 kilometer. Disamping itu, Sungai Mekong juga merupakan sungai terpanjang di Myanmar, Thailand, Vietnam, dan Kamboja.

Selain Laos, Myanmar, Thailand, Vietnam, dan Kamboja, Sungai yang menjadi habitat bagi sejumlah jenis ikan raksasa seperti Ikan Lele Mekong ini juga melewati China, atau lebih tepatnya di Provinsi Yunan.

Sungai Mekong mengalir dari Gunung Jifu di Zaduo (Tibet) ke Yunan (China), Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, dan Vietnam, hingga bermuara di kawasan Delta Mekong, yang berada di barat daya Vietnam.  

BACA JUGA: 7+ Bangunan Terkenal di Laos Yang Sering Dikunjungi Wisatawan!!

#2. Sungai Ma (512 Kilometer)

Daftar sungai terpanjang di Laos berikutnya yaitu Sungai Ma, dengan panjang kurang lebih 512 kilometer. Selain Laos, sungai ini juga mengalir di Vietnam, atau lebih tepatnya di Provinsi Dien Bien.

Sungai Ma mengalir mulai dari Provinsi Dien Bien di Vietnam ke Laos, kemudian kembali lagi ke Vietnam, sampai akhirnya bermuara di Teluk Tonkin, yaitu salah satu teluk di utara Laut China Selatan.

#3. Sungai Nam Ou (448 Kilometer)

Sungai Terpanjang di Laos
Sungai Nam Ou
Sungai Nam Ou adalah salah satu anak sungai di Sungai Mekong, yang mengalir dari Provinsi Phongsaly ke Provinsi Luang Prabang di Laos, sampai akhirnya bermuara di Sungai Mekong.

Sungai dengan panjang kurang lebih 448 kilometer ini merupakan salah satu sungai terpenting di Laos. Disamping itu, Sungai ini juga merupakan satu-satunya sungai di Laos, yang cocok dilewati kapal besar selain Sungai Mekong.

#4. Sungai Nam Ngum (354 Kilometer)

Sungai Terpanjang di Laos
Sungai Nam Ngum
Sungai Nam Ngum juga merupakan salah satu anak sungai di Sungai Mekong, dengan panjang kurang lebih 354 kilometer. Disamping itu, Sungai Nam Ngum juga merupakan salah satu sungai penting di Laos.

Pasalnya, sejumlah proyek PLTA sedang dibangun dan direncanakan di Sungai Nam Ngum ini. Bukan hanya itu saja, beberapa tempat wisata di Laos juga terletak di sungai ini.

Sungai Nam Ngum bersumber dari Pegunungan Annam, yaitu salah satu deretan pegunungan di Indochina barat, yang membentang dari Laos hingga Vietnam. Sedangkan muaranya berada di Sungai Mekong.

#5. Sungai Tha (325 Kilometer)

Kurang lebih sama dengan Sungai Nam Ou, dan Sungai Nam Ngum, Sungai Tha juga merupakan salah satu anak sungai di Sungai Mekong, dengan panjang kurang lebih 325 kilometer.

Sungai ini melewati Kota Luang Namtha di Laos. Dimana diketahui, nama Kota Luang Namtha tersebut terinspirasi dari nama sungai ini, yaitu " Nam Tha " yang berarti " Sungai Hijau " yang berasal dari warna air di sungai ini.

#6. Sungai Nam Theun (138 Kilometer)

Sungai Nam Theun atau kadang dikenal juga dengan nama " Sungai Khading " juga merupakan salah satu anak sungai di Sungai Mekong, dengan panjang kurang lebih 138 kilometer.

Kurang lebih sama dengan Sungai Nam Ngum, Sungai Nam Thuen (Sungai Khading) ini juga bersumber dari Pegunungan Annam, yaitu salah satu deretan pegunungan di Indocina, dan bermuara di Sungai Mekong.

#7. Sungai Hueang (110 Kilometer)

Daftar sungai terpanjang di Laos yang terakhir, yaitu Sungai Hueang, dengan panjang kurang lebih 110 kilometer. Sungai Hueang adalah salah satu sungai yang mengalir di perbatasan antara Laos dan Thailand.

Disamping itu, Sungai Hueang juga merupakan salah satu anak sungai di Sungai Mekong. Sungai ini bersumber dari sebuah perbukitan di Distrik Na Haeo (Provinsi Loei di Thailand), dan bermuara di Sungai Mekong.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang daftar lengkap tujuh sungai terpanjang di Laos (lengkap dengan penjelasannya). Baca juga ulasan tentang daftar lengkap sepuluh sungai terpanjang di Benua Afrika (lengkap dengan lokasinya).