Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14+ Tempat Angker di Bandung Yang Konon Katanya Berhantu!!

Tempat angker di Bandung berikut ini konon katanya berhantu sehingga cocok dijadikan sebagai tempat wisata mistis di Bandung. Seperti diketahui, Indonesia sangat kaya dengan hal-hal yang berbau mistis.

Bahkan, hampir semua daerah di Indonesia mempunyai cerita urban legendnya sendiri, termasuk juga Kota Bandung di Jawa Barat. Dimana diketahui, Kota berjuluk " Kota Kembang " memiliki beberapa spot yang dikenal angker.

Walaupun angker, namun tempat-tempat berikut ini justru banyak menarik minat banyak orang yang penasaran untuk mengunjunginya. Lantas, dimana saja tempat angker di Bandung tersebut? Berikut ulasannya.

Inilah Daftar Tempat Angker di Bandung Yang Konon Katanya Berhantu

#1. Bandung Medical Center

Tempat Angker di Bandung
Bandung Medical Center (BMC)
Tempat angker di Bandung yang konon katanya berhantu pertama yaitu Bandung Medical Center atau sering disingkat BMC. Bandung Medical Center (BMC) adalah sebuah bangunan bekas rumah sakit yang sudah ada sejak jaman belanda.

Berdasarkan informasi yang beredar, spot paling angker di Bandung Medical Center (BMC) ini adalah ruangan bayi. Disamping itu, bangunan ini sudah puluhan tahun tidak pernah digunakan dan ditinggali lagi.

Sehingga tidak terlalu mengherankan jika bangunan yang lokasinya berada di Jalan Panatayuda, Kelurahan Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat ini memiliki kesan yang lebih angker lagi.

BACA JUGA: 10+ Tempat Belanja Tas dan Sepatu Murah di Bandung!!

#2. Jalan Babakan Siliwangi

Tempat angker di Bandung yang konon katanya berhantu berikutnya yaitu Jalan Babakan Siliwangi. Jalan Babakan Siliwangi ini dikenal angker setelah peristiwa kecelakaan yang terjadi pada tahun 1981 silam.

Dimana pada saat itu, ada sebuah keluarga yang tertabrak oleh sebuah mobil ketika menyebrang jalan. Dalam insiden tersebut, anak perempuan keluarga tersebut meninggal dunia dan boneka yang dibawa anak tersebut tergantung di salah satu pohon di jalan tersebut.

Konon katanya, apabila melihat ke pohon tersebut dalam waktu yang cukup lama, maka bisa melihat sebuah boneka yang sedang mengantung. Dan boneka tersebut diyakini adalah boneka anak tersebut yang sampai sekarang belum ditemukan.

#3. Taman Maluku

Tempat Angker di Bandung
Taman Maluku
Di taman yang berada di Kelurahan Citarum, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat ini terdapat sebuah patung pastor. Dimana, pastor tersebut diketahui bernama " Verbraak " yang meninggal dunia dikarenakan kecelakaan pesawat.

Patung pastor tersebut dipercayai sebagai tempat pemakaman pastor " Verbraak " tersebut. Walaupun pada waktu itu, jenazah pastor " Verbraak " dimakamkan di belanda.

Konon katanya, patung pastor tersebut bisa berjalan-jalan ketika malam hari tiba. Selain itu berkembang juga cerita yang mengatakan bahwa jika nekat menunggu di dekat patung pastor tersebut di malam hari, maka patung pastor tersebut akan berubah posisinya.

#4. Rumah Ambulans

Mobil ambulans memang selalu diidentikan dengan orang kecelakaan atau orang meninggal yang bisa membuat merinding. Nah, tempat angker berikut ini adalah sebuah mobil ambulans yang penampilannya memang terlihat angker.

Kota katanya, jika mobil ambulans yang berada di Kelurahan Citarum, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat ini dipindahkan, maka mobil ambulans tersebut akan kembali lagi ke depan rumah yang dikenal dengan nama " Rumah Ambulans ".

Lebih seram lagi, mobil ambulans yang sudah berkarat ini sering menyala sendiri secara tiba-tiba. Anehnya lagi, ketika warga setempat melepas bagian mesinnya, mobil ambulans ini masih sering terdengar menyala sendiri pada malam hari.

#5. SMAN 5 Bandung

Kalau berbicara tentang hantu di sekolah memang tidak habisnya, apalagi kalau bangunan sekolahnya adalah bangunan peninggalan Belanda seperti SMAN 5 Bandung di Kelurahan Merdeka, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat ini.

Kabarnya, di bangunan sekolah ini ada tiga jendela yang selalu dibiarkan terbuka. Konon Katanya, kalau mengelilingi bangunan sekolah ini sebanyak tiga kali di malam hari sambil memanggil nama "Nancy".

Setelah itu, kamu akan bisa bertemu dengan hantu noni belanda bernama " Nancy " yang muncul di tiga jendela yang selalu dibiarkan terbuka tersebut. Konon katanya, hantu Noni belanda tersebut mati karena mati bunuh diri.

#6. Goa Belanda dan Goa Jepang

Tempat Angker di Bandung
Goa Belanda
Tempat angker di Bandung yang juga konon katanya berhantu berikutnya yaitu Goa Belanda dan Goa Jepang. Lokasinya berada didalam kawasan Taman Hutan Raya Juanda, Kelurrahan Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kota Bandung, Jawa Barat.

Dulu, dua buah goa ini difungsikan sebagai salah satu tempat penyimpanan senjata pasukan Belanda. Selain itu, goa-goa ini juga sering dijadikan sebagai tempat untuk melakukan penyiksaan dan pembantaian.

Konon katanya, selain dilarang berbuat yang tidak sopan, ditempat ini juga sangat dilarang mengucapkan kata "Lada", kecuali kamu memang mau mencari gara-gara dengan penunggu tak kasat mata tempat ini. Karena katanya, Lada adalah nama sesepuh mereka.

#7. Institut Teknologi Bandung

Tempat Angker di Bandung
Institut Teknologi Bandung (ITB)
Disamping dikenal sebagai salah satu perguruan tinggi penghasil mahasiswa-mahasiswi terbaik di Indonesia, Institut Teknologi Bandung (ITB) ini juga cukup dikenal dengan beberapa spot angkernya.

Karena bukan hanya satu tempat di Institut Teknologi Bandung (ITB) yang dikenal angker, tapi menyebar di beberapa lingkungan kampusnya, salah satu contohnya hantu tanpa muka di Aula Barat, dan lain sebagainya.

Salah satu alasan kenapa banyak tempat di Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi angker adalah karena bangunan-bangunannya sudah ada sejak jaman belanda. Ditambah lagi lokasinya juga dikeliling jalan-jalan angker seperti Jalan Babakan Siliwangi.

#8. Tanjakan Emen

Bagi masyarakat Kota Bandung, terutama yang tinggal di Bandung Utara pasti kenal dengan baik Tanjakan Emen yang dikenal sebagai " Tanjakan Maut " karena di tanjakan ini sering terjadi kecelakaan lalu lintas.

Konon kabarnya, dulu di tanjakan maut ini ada seorang laki-laki setengah baya bernama " Emen " yang di tabrak oleh seorang pengendara yang tidak bertanggung jawab, dan mayatnya disembunyikan dibalik rimbunnya pepohonan.

Sejak saat itulah arwah laki-laki setengah baya tersebut dipercaya menuntut balas ke siapa saja yang melewati tanjakan ini. Khususnya bagi kepada mereka yang pernah melakukan kejahatan serupa yaitu tabrak lari.

#9. Museum Pos Indonesia

Sudah banyak cerita mistis yang sudah diceritakan secara turun temurun yang pernah terjadi di Museum Pos Indonesia yang terletak di Jalan Cilaki No.73, Kelurahan Citarum, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat ini.

Konon katanya, di ruang bawah tanah di bekas bangunan peninggalan belanda ini terdapat beberapa patung yang apabila diperhatikan secara seksama, maka patung-patung tersebut akan menatap balik.

Bukan hanya itu saja, berdasarkan cerita yang beredar luas dikalangan masyarakat Kota Bandung dan sekitarnya, patung-patung tersebut juga bisa menjadi hidup di malam hari.

#10. Jalan Cipaganti

Tempat angker di Bandung yang juga dikatakan berhantu berikutnya yaitu Jalan Cipaganti. Jalan Cipaganti dikenal sebagai salah satu jalan paling rindang di Kota Bandung, dimana di kanan dan kiri jalan tersebut banyak terdapat pohon-pohon yang besar dan tinggi.

Konon katanya, di jalan ini sering terjadi penampakan hantu laki-laki tanpa kepala dengan pakaian ala pendekar tempo dulu. Kabarnya, hantu tersebut sering menampakan wujudnya sekitar jam 1 malam hari.

Jika tidak percaya, silahkan membuktikan sendiri dengan datang ke jalan ini diatas jam 12 tengah malam, selain itu, kebetulan juga disekitar jalan ini ada sebuah stasiun radio yang sering menyiarkan cerita misteri.

#11. Villa Isola

Tempat Angker di Bandung
Villa Isola
Sesuai dengan namanya, tempat angker berikutnya ini adalah sebuah bangunan megah tapi masih merupakan bangunan peninggalan jaman belanda yang dibangun pada tahun 1932 dan dimiliki oleh seorang yang bernama " Dominique Willem Berrety ".

Dimana diketahui, Dominique Willem Berrety merupakan orang kaya yang meninggal dunia karena kecelakaan pesawat. Konon katanya, di bangunan megah ini sering terlihat penampakan orang asing yang sedang berdansa yang diyakini sebagai arwah Dominique Willem Berrety.

Selain itu, ada juga penampakan hantu anak perempuan Dominique Willem Berrety yang bernama Anna, yang seakan-akan menambah kesan mistis di villa yang berada di Kelurahan Isola, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat ini.

#12. Jalan Dayang Sumbi

Jalan Dayang Sumbi adalah sebuah jalan kecil yang menghubungkan Jalan Tamansari dengan Jalan Dago, lebih tepatnya di sebelah utara ITB (Institut Teknologi Bandung). Selain itu, Jalan Dayang Sumbi ini juga dikenal rimbun dengan banyak pohon di kanan dan kirinya.

Nah, di Jalan Dayang Sumbi ini, ada sebuah rumah yang memiliki garasi yang tidak pernah ditutup pintunya. Konon katanya, apabila ada orang yang menutup pintu garasinya tersebut, maka orang tersebut akan diganggu makhluk tak kasat mata penunggu rumah tersebut.

#13. Jalan Tamansari

Pada saat siang hari, suasana jalan ini sangat ramai, sebab Jalan Tamansari adalah jalan alternative untuk menuju beberapa tempat wisata di kota Bandung. Namun sangat berbeda ketika malam hari, suasananya berubah menyeramkan.

Konon katanya, di jalan yang terletak tepat di depan ITB (Institut Teknologi Bandung) ini sering terlihat penampakan hantu yang menampakan wujudnya dengan cara melintasi jalan tersebut.

#14. Taman Pramuka

Tempat angker di Bandung yang konon katanya berhantu terakhir yaitu Taman Pramuka. Di sekitar tempat ini dulunya ada sebuah pom bensin tua, tapi kini tempat ini sudah berubah jadi sebuah taman kecil.

Yang membuat taman kecil ini menjadi angker yaitu karena beredar cerita dikalangan penduduk setempat bahwa di sekitar taman ini sering terlihat penampakan hantu seorang prajurit tanpa kelapa yang sedang menunggang kuda.

Akhir Kata

Kamu boleh percaya dan tidak dilarang untuk tidak percaya dengan kisah-kisah seperti beberapa tempat angker di Bandung ini. Tapi kalau penasaran, kamu bisa mendatangi tempat tersebut untuk membuktikannya. Baca juga 5+ Tempat Wisata Pemandian Air Panas Ciwidey di Bandung (Jawa Barat).