Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8+ Air Terjun di Danau Toba Yang Pasti Seru Dikunjungi!!

Air terjun di Danau Toba berikut ini pasti seru untuk dikunjungi oleh para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Seperti diketahui, Danau Toba adalah salah satu danau terluas di Indonesia.

Selain memiliki ukuran yang sangat luas, danau yang berada di Provinsi Sumatera Utara ini juga mempunyai pemandangan indah yang selalu menjadi magnet bagi para wisatawan untuk mengunjunginya.

Bukan hanya itu saja, disekitar Danau Toba terdapat beberapa air terjun dengan pemandangan yang juga luar biasa indah. Lantas, apa saja air terjun di Danau Toba yang pasti seru dikunjungi tersebut? Berikut ulasannya.

Air Terjun di Danau Toba Yang Pasti Seru Dikunjungi

#1. Air Terjun Sipiso-Piso

Air Terjun di Danau Toba
Air Terjun Sipiso-Piso
Air terjun di Danau Toba yang pasti seru dikunjungi wisatawan pertama yaitu Air Terjun Sipiso-Piso. Air terjun yang memiliki tinggi kurang lebih 120 meter ini terletak persis di sebelah utara Danau Toba.

Atau secara administratif berada di Desa Pengambaten, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Dan untuk mengunjunginya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan jarak tempuh sekitar 24 km dari ibukota Kabupatan Karo.

Air terjun ini berada di ketinggian sekitar 800 meter diatas permukaan air laut (mdpl), dan dikelilingi oleh perbukitan hijau, sehingga tidak heran jika air terjun ini mempunyai pemandangan yang sangat indah.

BACA JUGA: 15+ Tempat Wisata di Deli Serdang Yang Menarik Dikunjungi!!

#2. Air Terjun Situmurun

Air Terjun di Danau Toba
Air Terjun Situmurun
Air terjun di Danau Toba yang pasti seru dikunjungi wisatawan berikutnya yaitu Air Terjun Situmurun. Lokasinya berada di Desa Hatinggian, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Untuk menuju ke lokasi air terjun ini sangat direkomendasikan mengunakan sebuah kapal. Pasalnya, lokasi air terjun ini berada persis di tepi Danau Toba, dan aliran airnya langsung mengalir ke Danau Toba.

Disamping itu, jika mengunakan kapal, para wisatawan juga bisa menikmati keindahan Pulau Samosir, yaitu salah satu pulau di Danau Toba, yang berada tepat diseberang Air Terjun Situmurun ini. 

#3. Air Terjun Efrata

Berikutnya ada Air Terjun Efrata. Lokasinya terletak di sebelah selatan Danau Toba, atau secara administratif berada di Desa Sosor Dolok, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut).

Lokasi air terjun setinggi kurang lebih 25 meter ini tidak begitu jauh dari ibukota Kabupaten Somosir, yakni hanya berjarak sekitar 20 km saja. Hanya saja, akses jalannya masih terbilang sulit untuk dilewati.

Walaupun begitu, air terjun ini menawarkan pemandangan alam yang indah, sehingga tidak heran jika banyak wisatawan yang rela bersusah payah untuk mengunjungi Air Terjun Afrata ini.

#4. Air Terjun Sigura-Gura

Air Terjun di Danau Toba
Air Terjun Sigura-Gura
Kalau air terjun yang satu ini lokasinya agak jauh dari Danau Toba. Dimana secara administratif, air terjun ini berada di Desa Halado, Kecamatan Pintu Pohan Merant, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Walaupun begitu, air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 250 meter ini patut dipertimbangkan untuk dikunjungi. Pasalnya, panorama alam yang ditawarkan disekitar air terjun ini sangat indah dan asri.

Bukan hanya itu saja, sungai di sekitar Air Terjun Sigura-Gura ini juga sering dijadikan sebagai tempat untuk menyelenggarakan lomba rafting, baik untuk tingkat nasional maupun untuk tingkat internasional.

#5. Air Terjun Binanga Bolon

Air Terjun di Danau Toba
Air Terjun Binanga Bolon
Air Terjun Binanga Bolon yang terletak di Desa Purba Dolok, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara ini memang kurang dikenal, sehingga tidak heran jika air terjun ini masih sepi pengunjung.

Hanya saja, akses jalan menuju ke lokasi air terjun ini tidak semudah menuju ke lokasi air terjun lainnya. Namun bagi para wisatawan yang suka berpetualang, perjalanan menuju ke lokasi air terjun ini justru mengasikan. 

#6. Air Terjun Janji

Air terjun di Danau Toba yang juga pasti seru dikunjungi wisatawan berikutnya yaitu Air Terjun Janji. Lokasinya berada di Desa Tipang, Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

Selain menawarkan pemandangan alam yang indah dan asri, di sekitar lokasi air terjun juga sudah terdapat beberapa fasilitas memadai yang bisa digunakan oleh para wisatawan, salah satu diantaranya adalah kolam renang alami.

Dinamakan " Air Terjun Janji " karena konon katanya lokasi air terjun ini merupakan tempat raja-raja batak melakukan sumpah atau mengikat janji sebelum mereka pergi berperang.

#7. Air Terjun Turunan Bolon

Air Terjun di Danau Toba
Air Terjun Turunan Bolon
Berikutnya ada Air Terjun Turunan Bolon atau kadang juga disebut " Air Terjun Naga " di Desa Tomuan Holbung, Kecamatan Bandar Pasir Mandoge, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut).

Untuk menuju ke lokasi air terjun ini, para wisatawan harus melakukan perjalanan sejauh 17 km dari desa terdekat dengan medan jalan yang cukup berat. Namun, semua kesulitan-kesulitan tersebut akan terbayar dengan keindahan air terjun ini.

#8. Air Terjun Lumban Rang

Air Terjun Lumban Rang di Desa Sionggang Utara, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara ini merupakan salah satu tujuan wisata terbaik di Kabupaten Toba Samosir dan sekitarnya.

Sehingga tidak heran jika air terjun ini sangat terkenal, baik dikalangan wisatawan lokal maupun dikalangan wisatawan asing. Bahkan, katanya sudah ada beberapa artis terkenal yang berkunjung ke air terjun ini.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang air terjun di Danau Toba yang pasti seru dikunjungi wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Baca juga 16+ Tempat Wisata di Padang Sidempuan Yang Menarik Dikunjungi!!.