Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8+ Barang Yang Tidak Boleh Dibawa Ke Kabin Pesawat Terbang!!

Barang yang tidak boleh dibawa ke kabin pesawat terbang berikut ini wajib untuk diketahui bagi yang ingin berpergian mengunakan pesawat terbang. Seperti diketahui, pesawat terbang merupakan salah satu alat transportasi paling aman di dunia untuk bepergian.

Hal ini berdasarkan dari angka kecelakaan dari semua alat transportasi yang ada. Dimana, kecelakaan pesawat terbang berada di urutan paling rendah jika dibandingkan dengan kecelakaan alat transportasi darat, dan laut.

Salah satu metode keamanan pesawat terbang adalah dengan membatasi barang-barang yang boleh dibawa masuk ke kabin pesawat terbang. Lantas, apa saja barang yang tidak boleh dibawa ke kabin pesawat terbang tersebut? Berikut ulasannya.

8+ Barang Yang Tidak Boleh Dibawa Ke Kabin Pesawat Terbang

#1. Senjat* Api dan Bahan Peled*k

Barang Yang Tidak Boleh Dibawa Ke Kabin Pesawat
Senjat* Api dan Bahan Peled*k
Barang yang tidak boleh dibawa ke kabin pesawat terbang pertama yaitu senjat* api, dan bahan peled*k. Perlu diketahui, semua warga sipil dilarang keras membawa senjat* api, termasuk juga ke dalam kabin pesawat terbang.

Disamping sangat berbahaya bagi keamanan dan keselamatan para penumpang lainnya, membawa senjat* api oleh warga sipil diperlukan izin khusus, dan senjat* api tersebut tidak bisa dibawa ke sembarangan tempat.

Selain senjat* api, bahan peled*k atau bahan kimia yang berpotensi menjadi bahan peled*k, dan bahan radioaktif juga dilarang didalam dunia penerbangan, baik itu didalam bagasi kabin maupun di bagasi check in.

BACA JUGA: 14+ Danau Terdalam di Dunia (Dua Diantaranya Ada di Indonesia)

#2. Benda Tajam

Barang Yang Tidak Boleh Dibawa Ke Kabin Pesawat
Benda Tajam
Barang yang tidak boleh dibawa ke kabin pesawat terbang berikutnya yaitu benda tajam. Benda tajam disini maksudnya bukan hanya senjat* tajam, tapi juga benda tajam seperti jarum pentul, gunting, pin set, dan lain sebagainya.

Agar aman dari pengecekan tersebut, dan barang-barangmu tidak disita, sebaiknya letakan barang-barangmu yang berbau tajam tersebut didalam koper saja. Perlu diingat, peraturan larangan membawa benda tajam ini lumayan ketat didalam dunia penerbangan.

#3. Benda Tumpul

Bukan hanya benda tajam saja, benda tumpul pun dianggap berpotensi membahayakan penumpang lainnya. Hal inilah yang membuat benda tumpul juga dilarang dibawa ke dalam kabin pesawat terbang.

Benda tumpul disini maksudnya seperti pemukul baseball, tongkat biliar, tongkat golf, dan benda tumpul lainnya yang dianggap berpotensi membuat cidera para penumpang lainnya di dalam kabin pesawat terbang.

#4. Barang Dengan Bau Tajam

Barang Yang Tidak Boleh Dibawa Ke Kabin Pesawat
Barang Dengan Bau Tajam
Ketika didalam kabin pesawat terbang, kita akan duduk bersama dengan para penumpang lainnya di sebuah ruangan yang tertutup, dan barang dengan bau tajam dianggap berpotensi menganggu kenyamanan para penumpang.

Hal inilah yang membuat barang dengan bau tajam seperti buah durian, buah nangka, terasi, dan barang beraroma tajam lainnya dilarang dibawa masuk ke dalam kabin pesawat karena aroma menyengatnya bisa menganggu kenyamanan.

#5. Produk Dari Hewan

Barang Yang Tidak Boleh Dibawa Ke Kabin Pesawat
Produk Dari Hewan
Bukan hanya barang dengan beraroma tajam saja, berbagai produk dari hewan seperti daging segar, susu segar, keju, dan produk dari hewan lainnya juga dilarang dibawa masuk ke dalam kabin pesawat terbang.

Hal ini dikarenakan beberapa produk dari hewan tersebut berpotensi mengandung berbagai bakteri berbahaya yang sewaktu-waktu bisa menginfeksi, dan menganggu kesehatan para penumpang lainnya.

#6. Cairan Lebih Dari 100 Mililiter

Mulai dari cairan yang mudah terbakar, hingga cairan yang dianggap berpotensi menjadi bahan peled*k, dan beberapa cairan berbahaya lainnya, sering kali susah dibedakan dengan jenis cairan yang tak berbahaya.

Untuk memastikan keamanan pesawat terbang, maka cairan-cairan yang dibawa ke dalam pesawat terbang tersebut harus dilakukan pemeriksaan satu persatu. Hal ini tentunya memakan waktu, dan biaya yang tidak sedikit

Oleh karena itulah, ICAO (International Civil Aviation Organization), memutuskan untuk memukul rata semua cairan yang lebih dari 100 mililiter dilarang dibawa masuk ke dalam kabin pesawat terbang.

#7. Barang Yang Memiliki Kandungan Gas

Barang Yang Tidak Boleh Dibawa Ke Kabin Pesawat
Barang Yang Memiliki Kandungan Gas
Selain benda cair, benda yang memiliki kandungan gas di dalamnya seperti cat semprot, tabung aerosol, beberapa jenis parfum, dan lain sebagainya juga dilarang dibawa masuk kedalam kabin pesawat terbang.

Hal ini dikarenakan, pada tekanan tertentu, beberapa jenis gas bisa memicu sebuah ledakan, yang tentunya berbahaya bagi keselamatan para penumpang, dan berpotensi membuat kecelakaan pesawat terbang tersebut.

#8. Power Bank

Barang yang tidak boleh dibawa ke kabin pesawat terbang yang terakhir yaitu power bank. Larangan membawa power bank ini termasuk peraturan baru di dunia perbangan yang dikeluarkan pada bulan maret 2018 lalu.

Power bank yang dilarang dibawa ke dalam kabin pesawat adalah power bank yang memiliki ratting energi diatas 160 Wh. Untuk mengetahui informasi ratting energi sebuah power bank, silahkan periksa di stiker informasi power bank tersebut.

Sebagai catatan, power bank berkapasitas 5.000 mAh dengan voltase baterai 3,85 V memiliki ratting energi sebesar 19.250 mWh, yang kalau dikonversi ke dalam satuan Wh menjadi 19,25 Wh, sehingga masih aman dibawa ke kabin pesawat terbang.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa jenis barang yang tidak diperbolehkan dibawa masuk ke kabin pesawat terbang. Semoga artikel ini bisa menambah wawasanmu. Baca juga 10+ Sungai Terdalam di Dunia Yang Wajib Diketahui!!.