Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

22+ Makanan Khas Cilacap (Jawa Tengah) Yang Lezatnya Bikin Ketagihan!!

Makanan khas Cilacap (Jawa Tengah) berikut ini sangat wajib dicicipi, karena terkenal dengan kelezatannya yang bikin ketagihan. Seperti diketahui, Cilacap adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal dengan ciri bahasanya, yakni bahasa ngapak.

Selain terkenal dengan bahasa ngapak-nya, Cilacap juga cukup terkenal dengan beragam tempat wisatanya, mulai dari tempat wisata alam seperti pantai, hingga tempat wisata kekinian, dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu saja, Cilacap juga memiliki sejumlah makanan khas yang lezatnya bisa membuatmu ketagihan. Lantas, apa saja makanan khas Cilacap (Jawa Tengah) yang lezatnya bisa bikin ketagihan tersebut? Berikut ulasannya.

22+ Makanan Khas Cilacap (Jawa Tengah) Yang Lezatnya Bikin Ketagihan

#1. Thempleng

Makanan Khas Cilacap
Thempleng
Makanan khas Cilacap (Jawa Tengah) yang lezatnya bisa bikin ketagihan pertama yaitu Thempleng. Thempleng adalah sebuah makanan ringan yang dibuat dari bahan dasar tepung beras dicampur dengan bumbu khas.

Thempleng ini memiliki rasa yang gurih dan renyah. Selain itu, makanan ringan ini juga mempunyai banyak varian rasa, mulai dari rasa kacang, rebon, teri, kedelai, hingga kacang ijo, dan lain sebagainya.

Disamping itu, untuk mendapatkan makanan ringan ini juga sangat mudah. Pasalnya, makanan ringan yang satu ini sudah banyak dijual di warung-warung di Kota Cilacap dengan harga yang sangat terjangkau.

BACA JUGA: 7+ Oleh Oleh Khas Kudus (Jawa Tengah) Selain Jenang!!

#2. Lanthing

Makanan Khas Cilacap
Lanthing
Makanan khas Cilacap (Jawa Tengah) yang lezatnya bisa membuatmu ketagihan berikutnya yaitu Lanthing. Lanthing merupakan salah satu cemilan khas Kabupaten Cilacap yang dibuat dari bahan dasar singkong.

Cemilan berbentuk bulat dan bolong dibagian tengah ini memiliki citarasa yang gurih dan renyah, sehingga cocok untuk menemanimu bersantai bersama keluarga, kerabat, sahabat, teman, pacar, dan lainnya.

#3. Mendoan

Saya yakin 100%, hampir semua orang di Indonesia pasti mengenal makanan yang satu ini. Pasalnya, Mendoan adalah salah satu jenis makanan yang sangat familiar, dan mudah ditemukan di beberapa wilayah di Indonesia.

Mendoan adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar tempe yang diiris tipis lebar, kemudian dilumuri adonan tepung yang sebelumnya sudah dibumbui, dan ditaburi daun bawang, setelah itu digoreng hingga setengah matang.

Lantas, apa yang membedakan mendoan khas Cilacap dengan mendoan lainnya di Indonesia? Kabarnya, mendoan khas Cilacap ini mempunyai rasa yang lebih enak, empuk, gurih, dan maknyus.

#4. Gembus

Gembus, atau terkadang juga disebut " Donat Jawa " adalah salah satu jajanan khas Cilacap yang terbuat dari singkong, diolah sedemikian rupa, dan dibentuk seperti donat, kemudian digoreng hingga matang.

Biasanya, jajanan ini bisa ditemukan di acara-acara hiburan kampung, di pasar-pasar tradisional, dan di pinggir jalan menjelang sore hari. Gembus ini lebih enak dinikmati ketika masih dalam keadaan hangat.

#5. Rempeyek Yutuk

Makanan Khas Cilacap
Rempeyek Yutuk
Yutuk adalah salah satu jenis hewan laut yang bentuknya mirip seperti udang atau kepiting, dan hewan laut ini banyak ditemukan di daerah pantai seperti di kawasan Pantai Widarapayung di Kabupaten Cilacap.

Hewan laut ini juga sangat enak dan gurih jika sudah dimasak menjadi rempeyek yutuk khas Cilacap. Warna orange kemerah-merahan-nya pasti bisa membuatmu tergoda untuk mencoba dan mencicipi rempeyek yutuk ini.

#6. Keripik Tempe

Keripik Tempe adalah salah satu makanan khas Cilacap yang cocok dijadikan sebagai oleh oleh. Hal ini dikarenakan, makanan yang satu ini cukup awet dan tahan lama untuk dibawa bepergian kemana-mana. 

Kurang lebih sama dengan mendoan, keripik tempe ini juga dibuat dari bahan dasar tempe dengan cara digoreng kering hingga renyah atau kriuk. Biasanya, keripik tempe ini dimakan sebagai lauk nasi.

#7. Sale Pisang

Makanan Khas Cilacap
Sale Pisang
Sale Pisang adalah salah satu jajanan khas Cilacap yang terbuat dari bahan dasar buah pisang matang yang dikeringkan dengan cara di jemur langsung ke sinar matahari selama beberapa hari hingga kering.

Sale Pisang khas Cilacap ini memiliki rasa yang manis dan gurih. Bahkan sekarang, jajanan yang satu sudah mempunyai beberapa varian rasa seperti digoreng dengan tepung, ditaburi cokelat, ditaburi keju, dan lain sebagainya.

#8. Tempe Dages

Jika kamu baru pertamakali mendengar nama makanan yang satu ini? Kamu bisa langsung mengenali makanan ini dari warnanya yang berwarna abu-abu, bentuknya kotak, dan memiliki tekstur yang padat.

Kurang lebih sama dengan Mendoan, makanan yang berbahan dasar ampas tahu ini juga dimasak dengan cara digoreng. Disamping itu, rasa Tempe Dages ini juga tidak kalah enak dibandingkan dengan Mendoan.

#9. Brekecek

Nama Brekecek berasal dari kata " Brek " yang berarti " dijatuhkan " dan " Kecek " yang berarti " dicampur ". Walaupun namanya terdengar sedikit aneh, namun makanan yang satu ini cukup populer di Cilacap. Bahkan, makanan ini sudah dianggap sebagai salah satu ikon wisata kuliner di Cilacap.

Brekecek adalah salah satu makanan tradisional khas dari Kabupaten Cilacap yang berbahan dasar kepala Ikan Jahan yang dimasak dengan bumbu rica-rica. Dan seni dalam menikmati makanan ini, yakni dengan cara menyeruput isi kepala Ikan Jahan tersebut.

#10. Kue Lupis

Makanan Khas Cilacap
Kue Lupis
Kue Lupis ini juga bisa ditemukan di beberapa daerah lainnya di Indonesia seperti di Bali. Namun, ada beberapa hal yang membedakan Kue Lupis khas Cilacap dengan Kue Lupis dari daerah lain di Indonesia.

Kue Lupis khas Cilacap ini dibuat dari bahan-bahan alami, yakni beras ketan yang dibungkus dengan daun pisang, kemudian dikukus. Kue ini lebih nikmati lagi disantap dengan ditambahkan saus gula merah.

#11. Lepet

Makanan Khas Cilacap
Lepet
Makanan khas Cilacap (Jawa Tengah) yang juga cukup lezat berikutnya yaitu Lepet. Lepet adalah salah satu makanan ringan khas Cilacap yang dibuat dari beras ketan, dan parutan kelapa yang dibungkus dengan janur kuning.

Biasanya, makanan ini sering dijumpai pada acara-acara hajatan seperti tujuh bulanan wanita hamil. Mitosnya, jika rasa lepet ini asin, maka bayi yang dikandung oleh wanita tersebut adalah laki-laki, dan jika tidak asin maka bayinya adalah perempuan.

#12. Kerupuk Tengiri

Pernah mendengar nama Ikan Tengiri yang biasanya dimasak untuk dimakan bersama nasi hangat? Nah di Cilacap, Ikan Tengiri ini tidak dijadikan sebagai lauk untuk dimakan bersama nasi, melainkan dijadikan sebagai kerupuk.

Lebih menariknya lagi, kerupuk ini bisa dijadikan sebagai oleh oleh khas Cilacap yang bisa bawa pulang, baik untuk diri sendiri, maupun diberikan kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, pacar, dan lainnya.

#13. Cenil

Makanan Khas Cilacap
Cenil
Bagi yang pernah berkunjung ke pasar tradisional di Cilacap, pasti pernah melihat jajanan yang satu ini. Pasalnya, salah satu jajanan tradisional khas Cilacap ini biasanya banyak dijajakan di pasar tradisional tersebut.

Bentuknya kenyal dengan ditaburi banyak parutan kelapa, sehingga siapapun mencicipinya pasti menyukai jajanan ini, kecuali anak muda kekinian yang memang kurang menikmati jajanan yang satu ini.

#14. Tahu Masak

Tahu Masak merupakan makanan yang terdiri tahu yang digoreng dengan minyak sedikit, kemudian tahu goreng tersebut dipotong-potong, setelah itu ditambahkan irisan kubis, kerupuk banggi, kupat, dan bumbu khas yang dicampur dengan kacang giling.

Makanan yang satu ini memang dikenal enak untuk dinikmati oleh siapapun. Dimana katanya, rasa kombinasi antara manis dan pedasnya bisa membuat orang yang pernah menyantapnya akan rindu untuk menikmatinya lagi.

#15. Karedok

Makanan Khas Cilacap
Karedok
Sebenarnya, makanan ini diadopsi dari salah satu daerah di Jawa Barat. Namun, makanan ini juga cukup terkenal di Cilacap, hal ini terjadi mungkin karena Cilacap berbatasan langsung dengan Jawa Barat.

Karedok adalah makanan yang terbuat dari sayuran-sayuran mentah seperti mentimun, wortel, kubis, kacang panjang, kecambah, dan lainnya, yang disiram dengan sambal kacang, dan ditaburi kerupuk banggi.

#16. Sate Martawi

Makanan khas Cilacap (Jawa Tengah) yang lezatnya bisa bikin ketagihan selanjutnya yaitu Sate Martawi. Keunikan sate ini yaitu memiliki dua tusuk sate, berbeda dengan sate pada umumnya yang hanya memiliki satu tusuk sate.

Keunikannya inilah yang membuat sate ini mudah dikenali. Selain itu, daging ayam yang dijadikan satu juga dipotong dengan ukuran lebih besar daripada sate pada umumnya, sehingga para penikmat lebih puas.

#17. Sea Food Pantai Teluk Penyu

Kabupaten Cilacap juga cukup terkenal dengan kuliner sea food-nya, salah satunya adalah sea food di Pantai Teluk Penyu yang merupakan salah satu tempat wisata di Cilacap yang wajib dikunjungi wisatawan.

Selain bisa menikmati indahnya Pantai Teluk Penyu, para pengunjung juga bisa menikmati beragam jenis kuliner sea food seperti ikan, udang, kepiting, dan lain sebagainya, yang dimasak dengan bumbu khusus.

#18. Stik Sukun

Makanan Khas Cilacap
Stik Sukun
Buah Sukun adalah salah satu komoditi pertanian unggulan di Cilacap, sehingga tidak mengherankan jika ada beberapa makanan yang berbahan dasar buah sukun di Cilacap, salah satunya adalah Stik Sukun.

Stik Sukun adalah salah satu cemilan khas Cilacap dengan citarasa yang cocok disantap dalam situasi apapun. Disamping itu, cemilan yang satu ini juga cocok dijadikan sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang.

#19. Abon Tuna

Makanan Khas Cilacap
Abon Tuna
Makanan khas Cilacap (Jawa Tengah) yang juga lezat dan bisa membuatmu ketagihan selanjutnya yaitu Abon Tuna. Sesuai dengan namanya, Abon Tuna adalah salah satu lauk khas Cilacap yang bahan dasarnya dari Ikan Tuna.

Lebih menariknya lagi, Abon Tuna ini bisa bertahan lama tanpa bahan pengawet apapun, sehingga cocok juga dijadikan sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang, baik untuk diri sendiri maupun dihadiahkan kepada orang lain.

#20. Soto Sokaraja

Sebenarnya, jenis soto ini diadopsi dari daerah Banyumas dan sekitarnya. Namun, Soto Sokaraja juga cukup terkenal di Cilacap, sehingga layak dipertimbangkan untuk dicicipi jika mengunjungi kota berjuluk " kota industri " ini.

Sampai sekarang, Soto Sokaraja khas Cilacap sudah mempunyai beberapa varian rasa seperti Soto Babat, Soto Ayam, dan Soto Daging Sapi, yang disajikan bersama dengan tauge, kubis, soun, kerupuk banggi, dan lainnya.

#21. Martabak Tempe

Makanan Khas Cilacap
Martabak Tempe
Jika kamu senang menyantap martabak rasa kacang, keju, cokelat, srikaya dan lain sebagainya, maka kamu juga wajib mempertimbangkan untuk mencicipi martabak khas Cilacap ini, yaitu Martabak Tempe.

Sesuai dengan namanya, Martabak Tempe adalah salah satu martabak unik di Indonesia asal Kabupaten Cilacap yang dibuat dengan menambahkan biji kedelai, yang biasanya digunakan dalam pembuatan tempe.

#22. Tahu Brontak

Makanan khas Cilacap (Jawa Tengah) yang terakhir ini memiliki nama yang cukup unik, yaitu Tahu Brontak. Walaupun sebenarnya, makanan berbahan dasar tahu ini kurang lebih sama dengan tahu isi pada umumnya.

Yang membedakannya adalah isi dari tahu brontak tersebut seperti sayuran-sayuran dan lainnya yang seolah-olah berontak ingin keluar. Hai ini jugalah yang menjadi cikal bakal nama " Tahu Brontak " tersebut.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa makanan khas Cilacap (Jawa Tengah) yang lezatnya bisa membuatmu ketagihan untuk memakannya lagi, dan lagi. Baca juga 10+ Makanan Khas Gombong (Kebumen) Yang Enaknya Tidak Main-Main!!.