Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantai Jolosutro di Blitar (Lokasi, Harga Tiket Masuk, Dan Fasilitas Pendukung)

Pantai Jolosutro adalah salah satu tempat wisata alam berupa pantai di Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Pantai Jolosutro
Pantai Jolosutro
Perlu diketahui, Jawa Timur (Jatim) adalah sebuah provinsi di Pulau Jawa yang cukup terkenal memiliki segudang tempat wisata, mulai dari tempat wisata buatan hingga tempat wisata alam ada di provinsi ini.

Dan salah satu tempat wisata alam yang banyak ditemukan di Jawa Timur adalah pantai. Dimana diketahui, pantai-pantai di Jawa Timur (Jatim) ini sangat terkenal dengan keindahannya, salah satu contohnya adalah Pantai Jolosutro.

Berdasarkan data, Pantai Jolosutro adalah pantai terpanjang di Kabupaten Blitar. Dimana diketahui, panjang pantai ini mencapai 1.200 meter. Kalau tidak percaya, baca saja ulasannya berikut ini. 

Inilah Ulasan Tentang Pantai Jolosutro di Blitar Lengkap Dengan Lokasi, Harga Tiket Masuk, Dan Fasilitas Pendukung

#1. Lokasi Pantai Jolosutro

Kalau dari pusat Kota Blitar, pantai ini hanya berjarak sekitar 45 kilometer dengan jarak tempuh sekitar 90 menit perjalanan untuk menuju ke lokasi pantai yang berada di Desa Gondangtapen, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar, Jawa Timur (Jatim). 

Disamping memiliki garis pantai yang sangat panjang, di pantai ini juga terdapat banyak sekali pohon cemara di sepanjang garis pantainya, sehingga suasana di pantai ini lebih nyaman, dan adem. Biasanya, pantai ini buka setiap hari, mulai dari pukul 07.00 hingga pukul 17.00.

BACA JUGA: 33+ Tempat Wisata di Lamongan (Jawa Timur) Yang Menarik Dikunjungi!!

#2. Harga Tiket Masuk

Bagi kalian yang ingin berwisata hemat, wajib mempertimbangkan untuk mengunjungi pantai ini. Pasalnya, harga tiket masuk dan biaya-biaya lainnya di pantai ini tergolong ramah dikantong alias murah.

Dimana, tiket masuk ke pantai ini hanya Rp 3.000/orang (untuk dewasa), dan Rp 2.000/orang (untuk anak-anak). Sedangkan biaya parkir kendaraannya hanya Rp .2000/unit (untuk semua jenis kendaraan).

#3. Fasilitas Pendukung

Untuk lebih memberikan kenyamanan para wisatawan yang berlibur ke pantai ini, pihak pengelola pun sudah menyediakan beberapa fasilitas pendukung, di antaranya adalah:

Gazebo

Di sekitar lokasi pantai banyak terdapat gazebo yang bisa dimamfaatkan oleh para wisatawan untuk bersantai sambil menikmati suasana pantai yang adem.

Kolam Pemancingan

Bagi kalian yang hobi memancing, di pantai ini juga terdapat sebuah tempat pemancingan yang tidak terlalu luas tapi memanjang, sehingga tempat pemancingannya mirip seperti sungai.

Ikan-ikan di tempat pemancingan disini berasal dari benih ikan yang dimasukan oleh penduduk setempat. Ada beberapa jenis ikan di tempat pemancingan ini seperti ikan nila, ikan mujaer, dan lainnya.

Warung Makan

Pantai ini juga bisa dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata kuliner di Kabupaten Blitar. Pasalnya, di pantai ini juga ada beberapa warung makan yang menawarkan makanan-makanan seafood seperti ikan bakar, ikan goreng, sate gurita, dan lainnya.

Penginapan/Homestay

Bagi para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu dengan bermalam di pantai ini bisa menginap di penginapan yang dikelola oleh penduduk setempat.

Tempat Parkir

Tempat parkir di pantai ini lumayan luas. Hanya saja, akses jalan menuju ke lokasi pantai ini masih tergolong sempit, sehingga kurang cocok dilewati kendaraan-kendaraan berukuran besar seperti bus, dan lainnya.

Masjid

Tidak begitu jauh dari lokasi pantai ini yaitu sekitar 350 meter ke arah utara terdapat sebuah masjid yang bisa digunakan oleh para wisatawan, khususnya para wisatawan muslim untuk menunaikan ibadah sholat.

Kamar Mandi/Toilet

Di pantai ini juga sudah terdapat fasilitas kamar mandi berisi air tawar yang bisa digunakan oleh para wisatawan untuk membersihkan diri setelah puas bermain pasir, bermain air, berenang, dan lain sebagainya.

#4. Kegiatan Seru Yang Bisa Dilakukan

Ada beberapa kegiatan seru yang bisa dilakukan oleh para wisatawan di pantai ini, sehingga para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini tidak akan merasa bosan dan jenuh, di antaranya adalah:

Mandi/Berenang

Para wisatawan yang menghabiskan waktu liburannya di Pantai Jolosutro ini sangat tidak disarankan mandi atau berenang di laut, karena ukuran gelombang di pantai ini lumayan besar, sehingga terlalu berbahaya.

Tapi apabila tetap ingin mandi, para wisatawan bisa melakukannya di muara sungai yang lokasinya berada di sisi timur pantai ini. Disamping itu, sungai ini lumayan dangkal sehingga sangat aman untuk berenang.

Memancing

Seperti yang disebutkan diatas, di pantai ini tersedia fasilitas tempat pemancingan, sehingga para wisatawan bisa mencoba peruntungan dengan memancing ikan.

Membuat Istana Pasir

Para wisatawan juga bisa mengasah kemampuan dan keterampilannya dengan membangun istana pasir, karena pantai ini memiliki pasir yang lumayan halus dan lembut.

Berkemah

Jika ingin bermalam tapi malas menginap di penginapan, para wisatawan bisa berkemah di pantai ini. Apalagi matahari terbenam (sunrise) ini lumayan indah. 

Piknik Bersama Keluarga

Pantai ini juga sangat bagus dijadikan sebagai tempat piknik bersama keluarga seperti mengampar tikar dan membuka bekal makanan yang dibawa dari rumah. Pasalnya, di pantai ini banyak terdapat spot yang teduh dan adem.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang Pantai Jolosutro di Kabupaten Blitar, Jawa Timur (Jatim) lengkap dengan lokasi, harga tiket masuknya, dan fasilitas pendukungnya. Baca juga 15+ Peninggalan Kerajaan Majapahit Yang Wajib Diketahui!!.