Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Telaga Rambut Monte (Lokasi, Harga Tiket Masuk, Fasilitas, dan Legenda)

Telaga Rambut Monte adalah sebuah tempat wisata alam berupa telaga atau danau kecil di Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Telaga Rambut Monte
Telaga Rambut Monte
Seperti yang diketahui banyak orang, Jawa Timur adalah sebuah provinsi di Pulau Jawa yang terkenal memiliki banyak tempat wisata, mulai dari tempat wisata sejarah, wisata kuliner, hingga wisata alam ada di provinsi ini.

Untuk wisata alam, Provinsi Jawa Timur banyak didominasi oleh pantai dan air terjun. Namun perlu diketahui juga, Provinsi Jawa Timur juga memiliki beberapa tempat wisata alam berupa telaga, atau danau kecil.

Dan salah satu danau kecil atau telaga yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi oleh para wisatawan di Provinsi Jawa Timur adalah Telaga Rambut Monte. Berikut ulasan lengkapnya.

Inilah Ulasan Tentang Telaga Rambut Monte Lengkap Dengan Lokasi, Harga Tiket Masuk, Fasilitas Pendukung, dan Cerita Legenda

#1. Lokasi Telaga Rambut Monte

Telaga Rambut Monte ini terletak diantara kaki Gunung Kelud dan kaki Gunung Butak, atau lebih tepatnya lagi berada di Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Telaga berwarna biru tosca ini berada di ketinggian 600 meter diatas permukaan air laut (mdpl), sehingga udara di kawasan telaga ini cukup sejuk dan adem.Disamping itu, akses jalan menuju ke lokasi telaga ini juga sudah cukup baik.

BACA JUGA: 15+ Peninggalan Kerajaan Majapahit Yang Wajib Diketahui!!

#2. Harga Tiket Masuk

Dan yang lebih penting lagi, tiket masuk ke dalam kawasan telaga berukuran 40 meter x 25 meter ini relatif murah, yaitu hanya Rp 3.000/orang (untuk dewasa), dan Rp 2.000/orang (untuk anak-anak).

Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan hanya Rp 3.000/unit (untuk sepeda motor), dan Rp 5.000/unit (untuk mobil atau minibus). 

Dan jika berkunjung secara rombongan (lebih dari 25 orang) maka akan mendapatkan diskon 15%. Biasanya, tempat wisata ini dibuka setiap hari, mulai dari pukul 08.00 hingga pukul 16.00.

#3. Fasilitas Pendukung

Selain memiliki akses jalan yang cukup bagus, telaga yang berisikan Ikan Sengkaring ini juga mempunyai beberapa fasilitas pendukung untuk memberikan kenyamanan para wisatawan, di antaranya adalah:

Kamar Mandi/WC

Di dalam kawasan tempat wisata ini sudah tersedia beberapa kamar mandi yang bisa digunakan oleh para wisatawan seperti mandi, dan lain sebagainya.

Gardu Pandang

Diselatan telaga ini terdapat sebuah gardu pandang setinggi 7 meter yang bisa digunakan oleh para wisatawan untuk menikmati secara keseluruhan keindahan telaga ini.

Warung Makan

Para wisatawan yang menghabiskan waktu liburannya di telaga ini tidak perlu takut kelaparan. Karena di dalam kawasan tempat wisata ini sudah tersedia beberapa warung makan yang menjajakan berbagai jenis makanan seperti bakso, nasi pecel, gorengan, dan lainnya.

Tempat Parkir

Di tempat wisata ini sudah tersedia tempat parkir kendaraan. Hanya saja, jika memasuki musim liburan, tempat parkir kendaraan tersebut pasti penuh, dan terkadang meluber sampai ke jalan desa menuju ke telaga ini.

Kolam Renang

Karena para wisatawan dilarang berenang di telaga ini, maka pihak pengelola pun menyediakan kolam renang bagi wisatawan yang ingin berenang.

#4. Kegiatan Seru Yang Bisa Dilakukan

Menghabiskan waktu liburan di telaga ini dijamin tidak akan pernah merasa bosan dan jenuh. Pasalnya, ada beberapa kegiatan seru yang bisa dilakukan oleh para wisatawan, di antaranya adalah:

Berenang

Seperti yang disebutkan diatas, di telaga ini memang tidak diizinkan berenang. Namun bagi wisatawan yang ingin berenang bisa berenang di kolam renang yang sudah disediakan oleh pihak pengelola tempat wisata ini.

Memberi Makan Ikan

Seperti yang disebutkan diatas, di telaga ini terdapat Ikan Sengkaring. Dan para wisatawan bisa memberi makan ikan-ikan tersebut dengan melemparkan kacang ke telaga ini.

Menikmati Suasana Alam

Suasana alam yang sejuk dan adem adalah salah satu daya tarik utama dari tempat wisata ini, sehingga tidak heran jika banyak orang yang datang ke tempat wisata ini untuk lari dari kebisingan dan keramaian kota.

Foto-Foto

Dan kegiatan seru yang sangat direkomendasikan dilakukan adalah berfoto selfie atau berswafoto. Pasalnya, didalam kawasan tempat wisata ini banyak sekali terdapat spot foto yang bagus dan instagramable.

Camping (Berkemah)

Didalam kawasan tempat wisata ini terdapat beberapa tanah lapang yang bisa digunakan oleh para wisatawan untuk camping (berkemah).

Pasang Hammock

Disisi timur telaga ini banyak terdapat pohon pinus yang jarak antara satu sama lainnya lumayan dekat, sehingga cocok dijadikan sebagai spot untuk memasang hammock sambil menikmati suasana alam yang sejuk dan adem.

#5. Cerita Legenda Telaga Rambut Monte

Pada jaman Kerajaan Majapahit, terjadi sebuah pertarungan antara Rahwana dan seekor naga melawan seorang keturunan dari Kerajaan Majapahit bernama Mbah Monte. Dan pertarungan tersebut dimenangkan oleh Mbah Monte.

Kemudian Rahwana dan seekor naga tersebut dikutuk oleh Mbah Monte menjadi sebuah candi berbentuk monyet dan berelif naga. Dan Mbah Monte pun memerintahkan kepada murid-muridnya untuk menjaga dengan baik candi tersebut.

Namun ternyata sebagian murid-muridnya tidak mematuhi perintahnya tersebut, sehingga Mbah Monte marah besar, dan mengutuk murid-muridnya tersebut menjadi Ikan Sengkaring yang sekarang menjadi penghuni telaga ini.

Itulah salah satu alasan utama kenapa Ikan Sengkaring di telaga ini dikeramatkan oleh penduduk setempat. Dan konon kabarnya, jumlah ikan di telaga ini tidak pernah berkurang atau bertambah.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang Telaga Rambut Monte lengkap dengan lokasi, harga tiket masuk, fasilitas pendukung, dan cerita legenda. Baca juga 11+ (Candi, Arca, dan Prasasti) Peninggalan Kerajaan Singasari!!.