Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

33+ Tempat Wisata di Lamongan (Jawa Timur) Yang Menarik Dikunjungi!!

Tempat wisata di Lamongan (Jawa Timur) berikut ini sangat direkomendasikan untuk segera dikunjungi oleh wisatawan. Seperti diketahui, Lamongan adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur, yang menyimpan sejuta pesona alam.

Mulai dari pegunungan hingga beberapa pantai ada di Kabupaten Lamongan. Bukan hanya itu saja, sejumlah tempat wisata sejarah, khususnya sejarah perkembangan islam juga ada di Kabupaten yang terkenal dengan " Soto Lamongan " ini.

Selain itu, di Kabupaten Lamongan juga terdapat beberapa tempat wisata kekinian, yang sering dikunjungi wisatawan muda. Lantas, apa saja tempat wisata di Lamongan (Jawa Timur) yang menarik dikunjungi tersebut? Berikut ulasannya.

Tempat Wisata di Lamongan (Jawa Timur) Yang Menarik Dikunjungi

#1.  Tlogo Sadang

Tempat Wisata di Lamongan
Tlogo Sadang
Tempat wisata di Lamongan (Jawa Timur) yang menarik dikunjungi wisatawan pertama yaitu Tlogo Sadang. Tlogo Sadang merupakan salah satu tempat instagramable di Lamongan yang mulai hits sejak awal tahun 2017 lalu.

Pasalnya, tempat wisata yang lokasinya berada di Desa Tlogosari, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan ini menawarkan keindahan alam dengan tebing-tebing batuan kapur yang eksotis.

Dulunya, Tlogo Sadang merupakan sebuah tempat penambangan batu kapur. Namun kini, bekas galian tambang ini menjelma menjadi salah satu tempat wisata favorit yang banyak dikunjungi di Kabupaten Lamongan.

BACA JUGA: 7+ Jajanan Khas Trenggalek (Jawa Timur) Yang Enaknya Bikin Rindu Kota Ini!!

#2. Wisata Bahari Lamongan

Tempat Wisata di Lamongan
Wisata Bahari Lamongan
Tempat wisata di Lamongan (Jawa Timur) yang menarik dikunjungi berikutnya yaitu Wisata Bahari Lamongan. Awalnya, tempat wisata yang biasa disebut " WBL " ini bernama Wisata Lamongan Tanjung Kodok.

Kemudian, namanya diubah menjadi Wisata Bahari Lamongan (WBL) dengan menambah banyak sekali wahana menarik, sehingga tidak heran, jika tempat wisata ini tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya.

Jika kamu penasaran dengan Wisata Bahari Lamongan ini? Kamu bisa mengunjunginya di Jalan Raya Paciran, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Biasanya, tempat wisata ini buka setiap hari, dari pukul 08:30 sampai pukul 16:30.

#3. Makam Sunan Drajat

Kabupaten Lamongan juga mempunyai sejumlah tempat wisata religi, salah satunya adalah Makam Sunan Drajat. Dimana diketahui, Sunan Drajat adalah salah satu tokoh yang menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa.

Berkat jasanya dalam menyebarkan agama Islam tersebut, membuatnya begitu dihormati, khususnya bagi penduduk muslim di Indonesia. Hal ini terbukti dari banyaknya orang yang berziarah ke makamnya.

Makam Sunan Drajat ini bisa dikunjungi di Desa Drajat, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Kalau dari pusat Kota Lamongan, bisa ditempuh sekitar 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

#4. Museum Sunan Drajat

Masih di Desa Drajat, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, kamu juga bisa mengunjungi tempat wisata religi lainnya, yaitu Museum Sunan Drajat, yang lokasinya tidak begitu jauh dari Makam Sunan Drajat.

Di Museum Sunan Drajat ini, para pengunjung bisa belajar tentang bagaimana sejarah dan perkembangan masuknya ajaran agama Islam ke Pulau Jawa, khususnya di Kabupaten Lamongan dan sekitarnya.

Pasalnya, di Museum Sunan Drajat ini banyak menyimpan benda-benda bersejarah peninggalan Sunan Drajat seperti buku, kitab, baju besi, lintar, gamelan, bedug, dan beberapa benda bersejarah lainnya.

#5. Goa Maharani Zoo (Mazola)

Tempat Wisata di Lamongan
Goa Maharani Zoo (Mazola)
Tidak begitu jauh dari lokasi Wisata Bahari Lamongan (WBL), terdapat juga sebuah tempat wisata yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, yaitu Goa Maharani Zoo, atau kadang juga disebut " Mazola ".

Goa dengan luas sekitar 2.500 meter persegi dengan kedalaman mencapai 25 meter ini mempunyai banyak sekali formasi batuan-batuan stalaktit dan stalagmit, yang pasti bisa membuatmu terkagum-kagum.

Bukan hanya itu saja, di Goa Maharani Zoo juga terdapat Galery Satwa dan Museum Satwa dengan konsep alam afrika. Biasanya, tempat wisata ini buka setiap hari, mulai dari pukul 08:00 hingga pukul 16:30.

#6. Monumen Van der Wijck

Tempat wisata di Lamongan (Jawa Timur) yang menarik dikunjungi wisatawan berikutnya yaitu Monumen Van der Wijck. Monumen ini dibangun untuk mengingat tragedi tenggelamnya Kapal Van der Wijck pada tahun 1336 silam.

Tragedi tenggelamnya Kapal Van der Wijck ini sangat populer, apalagi setelah film berjudul sama pada tahun 2013 rilis, membuat monumen ini banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia.

Jika kamu penasaran seperti apa Monumen Van der Wijck ini? Kamu bisa mengunjunginya langsung di Jalan Raya Tuban - Gresik, Desa Sedayu Lawas, Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

#7. Gunung Pegat

Tempat Wisata di Lamongan
Gunung Pegat
Gunung Pegat adalah sebuah barisan perbukitan batuan kapur di Desa Karang Kembang, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan. Dimana, salah satu bukitnya memisahkan antara Jalan Raya Jombang - Lamongan.

Berdasarkan kepercayaan penduduk setempat, jika ada sepasang kekasih yang melewati perbukitan ini. Maka, hubungan percintaan sepasang kekasih tersebut tidak akan langgeng, alias kandas ditengah jalan.

Namun, dibalik mitos yang tidak bersahabat tersebut, tersimpan pesona alam yang menggagumkan di Gunung Pegat ini. Sehingga, banyak wisatawan yang menggabaikan mitos tersebut untuk melihat keindahan gunung ini.

#8. Waduk Gondang

Kabupaten Lamongan juga mempunyai sejumlah waduk yang sering dijadikan sebagai tujuan wisata menarik, salah satunya adalah Waduk Gondang di Desa Gondang Lor, Kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan.

Waduk yang resmi dibuka pada tahun 1987 silam oleh presiden Soeharto ini sebenarnya difungsikan sebagai tempat penampungan air untuk keperluan irigasi bagi area persawahan penduduk setempat di sekitarnya.

Selain difungsikan sebagai sumber irigasi bagi persawahan, waduk ini juga difungsikan sebagai tempat wisata dengan beragam wahana seperti sepeda air, taman hewan mini, area camping, dan lain sebagainya.

#9. Pantai Kut*ng

Kabupaten Lamongan juga memiliki sejumlah tempat wisata alam berupa pantai yang " cukup " eksotis, salah satunya adalah Pantai Kut*ng di Dusuk Kentong, Desa Labuhan, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan.

Nama pantai ini memang sedikit menggelitik, karena " kut*ng " dalam bahasa penduduk setempat berarti pakaian dalam wan*ta. Walaupun begitu, pesona pantai ini pasti bisa membuat para wisatawan kagum.

Disamping itu, di pantai ini juga tersedia beberapa fasilitas yang instagramable seperti ayunan, dan lainnya. Bukan hanya itu saja, di sekitar pantai ini juga ada beberapa warung makan yang menawarkan menu sea food.

#10. Gunung Ratu

Tempat Wisata di Lamongan
Gunung Ratu
Tempat wisata di Lamongan (Jawa Timur) yang menarik dikunjungi wisatawan selanjutnya yaitu Gunung Ratu. Gunung Ratu adalah salah satu tempat di Kabupaten Lamongan yang sarat dengan cerita sejarah.

Pasalnya, Gunung Ratu ini dipercaya sebagai tempat lahirnya Gajah Mada, yaitu seorang panglima perang kerajaan Majapahit, dan sebagai tempat pengasingan Dewi Andong Sari, yaitu ibu Gajah Mada.

Hanya saja, untuk mengunjungi tempat wisata yang berada di Desa Cancing, Kecamatan Ngimbang, Kabupaten Lamongan ini harus melewati anak tangga yang cukup panjang, sehingga dibutuhkan stamina yang prima.

#11. Wisata Pohon Trinil

Tempat Wisata di Lamongan
Wisata Pohon Trinil
Tempat wisata yang satu ini memiliki cerita yang terbilang " cukup " unik. Pasalnya, pohon ini ditemukan secara tidak sengaja oleh salah satu penduduk setempat pada pertengahan bulan Juli 2017 silam.

Akar pohon ini memang sering digunakan oleh penduduk setempat sebagai tali untuk mengikat hewan ternak seperti kambing, sapi, dan lainnya. Hanya saja, belum pernah ditemukan pohon dengan ukuran sebesar ini.

Setelah foto-fotonya viral di media sosial, tempat wisata yang berada di Kawasan Perhutani Lembor, Dusun Wide, Desa Sendangharjo, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan ini langsung ramai dikunjungi wisatawan.

#12. Pantai Brondong

Tempat Wisata di Lamongan
Pantai Brondong
Nama beberapa pantai di Kabupaten Lamongan memang sedikit mengelitik, jika sebelumnya ada pantai dengan nama Pantai Kut*ng, sekarang Pantai Brondong di Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan.

Pantai Brondong ini tergolong lebar dengan ombak yang cukup tenang. Disamping itu, di sekitar pantai juga banyak tempat untuk berteduh, dan kondisi lingkungannya juga masih terjaga dengan baik dengan pemandangan yang indah.

Bukan hanya itu saja, Pantai Brondong juga merupakan salah satu tempat terbaik di Kabupaten Lamongan untuk mencari dan membeli ikan segar hasil dari tangkapan para nelayan disekitar pantai.

#13. Makam Sunan Sendang Duwur

Ada satu lagi tempat wisata religi berupa makam ulama selain Makam Sunan Drajat di Kabupaten Lamongan, yakni Makam Sunan Sendang Duwur, yang berada di Desa Sendang Duwur, Kecamatan Paciran.

Perlu kalian ketahui, Sunan Sendang Duwur adalah seorang ulama besar yang terkenal sebagai salah satu penyebar agama Islam di Pulau Jawa, khususnya di kawasan Kabupaten Lamongan dan sekitarnya.

#14. Masjid Sendang Duwur

Tempat Wisata di Lamongan
Masjid Sendang Duwur
Masih di Desa Sendang Duwur, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, kamu juga bisa mengunjungi tempat wisata religi lainnya, yakni Masjid Sendang Duwur, yang lokasinya tidak begitu jauh dari Makam Sunan Sendang Duwur.

Salah satu keunikan dari Masjid Sendang Duwur ini terletak pada gaya arsitektur bangunannya yang bisa dikatakan " cukup " unik, yaitu perpaduaan antara kebudayaan hindu, dan kebudayaan agama Islam.

Konon katanya, salah satu masjid tertua di Kabupaten Lamongan ini sebelumnya berada di kawasan Mantingan, namun dipindahkan oleh Sunan Sendang Duwur ke Bukit Amitunon dalam waktu semalam saja.

#15. Alun-Alun Kota Lamongan

Tempat Wisata di Lamongan
Alun-Alun Kota Lamongan
Alun-alun yang berada di pusat Kota Lamongan, atau lebih tepatnya berada di Jalan Lamongrejo, Kelurahan Tumenggungan, Kecamatan Lamongan ini bisa dijadikan sebagai salah satu tempat nongkrong yang asik.

Pasalnya, suasana di alun-alun ini sangat nyaman sekali dengan pepohonan rindang di sekitarnya. Selain itu, alun-alun ini juga mempunyai beberapa wahana permainan anak-anak seperti ayunan-perosotan, dan lainnya.

Bukan hanya itu saja, di sekitar Alun-Alun Kota Lamongan juga banyak terdapat para penjual makanan khas Lamongan. Lebih menariknya lagi, tempat wisata yang satu ini bisa dikunjungi secara gratis.

#16. Makam Dewi Sekardadu

Tempat wisata di Lamongan (Jawa Timur) yang juga menarik untuk dikunjungi berikutnya yaitu Makam Dewi Sekardadu. Menurut penduduk setempat, Dewi Sekardadu adalah ibu dari Sunan Giri, yaitu salah satu wali songo.

Jika ingin berziarah ke Makam Dewi Sekardadu ini? Kamu bisa mengunjunginya langsung di Desa Gondang Lor, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Lokasinya tidak begitu jauh dari Waduk Gondang.

#17. Stadion Surajaya Lamongan

Para pecinta olahraga sepak bola di Indonesia pastinya sudah tahu kalau Kabupaten Lamongan mempunyai stadion sepak bola sendiri, yaitu Stadion Surajaya Lamongan yang digunakan oleh Persela.

Namun sekarang, Stadion Surajaya Lamongan bukan hanya sekedar sebagai tempat berlatih dan tempat bermain bagi tim Persela, tapi juga menjadi salah satu tempat wisata di Lamongan yang banyak dikunjungi wisatawan.

#18. Pemandian Air Panas Brumbun

Tempat Wisata di Lamongan
Pemandian Air Panas Brumbun
Kabupaten Lamongan juga memiliki sebuah pemandian air panas, yaitu Pemandian Air Panas Brumbun, yang bisa dikunjungi di Dusun Sidodadi, Desa Kranji, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan.

Selain dikenal asri dengan dikelilingi pepohonan hijau di sekitarnya, lokasi pemandian air panas ini juga jauh dari keramaian, sehingga para wisatawan yang datang ke pemandian air panas ini betah berlama-lama.

Kurang lebih sama dengan pemandian air panas dari daerah lainnya di Indonesia, berendam di Pemandian Air Panas Brumbun ini juga dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit seperti panu, dan lainnya.

#19. Pantai Klayar

Tempat Wisata di Lamongan
Pantai Klayar
Pantai Klayar yang berada di Desa Klayar, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan ini termasuk salah satu pantai yang jarang dikunjungi wisatawan. Sehingga, tidak heran jika pantai ini masih terlihat sangat alami.

Kelebihan dari pantai ini, yaitu memiliki pemandangan indah dari batu karang yang banyak mengelilingi pohon bakau dipinggiran pantai. Lebih menariknya lagi, berkunjung ke pantai ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Hanya saja, fasilitas umum di pantai ini belum terlalu memadai. Namun, bagi yang ingin melepas penat di Kabupaten Lamongan, maka Pantai Klayar ini bisa menjadi salah satu pilihan yang paling bagus.

#20. Wisata Edukasi Gondang (Wego)

Tempat Wisata di Lamongan
Wisata Edukasi Gondang (Wego)
Tempat wisata ini dibangun diatas lahan seluas kurang lebih 23 hektar, dimana di dalamnya terdapat sejumlah objek wisata, mulai dari wahana outbound, bumi perkemahan, kolam renang, dan lain sebagainya.

Tujuannya dibangun tempat wisata ini memang ditujukan untuk edukasi, karena didalam kawasan ini banyak terdapat berbagai jenis tanaman. Makanya, tempat wisata ini diberi nama " Wisata Edukasi Gondang ".

Jika kamu penasaran dengan Wisata Edukasi Gondang ini? Kamu bisa mengunjunginya di Dusun Juwet, Desa Deketagung, Kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan. Biasanya, tempat wisata ini buka setiap hari, dari pukul 07:00 - 17:00 dengan tiket masuk Rp 10.000.

#21. Istana Gunung Mas 27

Tempat Wisata di Lamongan
Istana Gunung Mas 27
Istana Gunung Mas 27 adalah salah satu tempat wisata baru yang sedang hits dikalangan wisatawan muda di Kabupaten Lamongan. Lokasinya berada di Jalan Raya Mantup, Desa Tugu, Kecamatan Mantup, Kabupaten Lamongan.

Tempat wisata ini mempunyai sejumlah bangunan unik dengan nuansa mirip seperti bangunan-bangunan istana khas china jaman dulu, sehingga cocok sekali dijadikan sebagai tempat untuk berswafoto.

Sehingga tidak heran, jika banyak wisatawan muda yang berkunjung kesini. Biasanya, tempat wisata ini buka setiap hari, dari pukul 07:00 - 17:00 untuk di akhir pekan, dan 07:00 - 13:00 untuk hari biasa, dengan tiket masuk Rp 5.000/orang.

#22. Bendungan Babat

Tempat Wisata di Lamongan
Bendungan Babat
Bendungan Babat adalah sebuah bendungan yang dibangun diatas aliran Sungai Bengawan Solo, yang bertujuan untuk mengendalikan debit air dari Sungai Bengawan Solo yang terkenal " cukup " deras.

Selain itu, bendungan ini juga menjadi sumber irigasi bagi warga Kabupaten Lamongan. Bukan hanya itu saja, di sepanjang tepi bendungan ini juga sering dimamfaatkan oleh pengunjung untuk jongging.

#23. Pantai Kodok

Tempat Wisata di Lamongan
Pantai Kodok
Selain Pantai Kut*ng, dan Pantai Brondong, ada satu lagi tempat wisata di Lamongan (Jawa Timur) berupa pantai, yang juga memiliki nama cukup mengelitik bila didengar ditelingga kita, yaitu Pantai Kodok.

Nama " Pantai Kodok " ini terinspirasi dari batuan yang menyerupai Kodok di sekitar lokasi pantainya. Jika penasaran dengan pantai ini? kamu bisa mengunjungi di Jalan Raya Paciran, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan.

#24. Plengsengan Pantai Penanjan

Plengsengan Pantai Penanjan atau dikenal dengan nama " Pantai Lorena " ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati momen matahari terbenam atau sunset di Kabupaten Lamongan (Jawa Timur).

Hanya saja, pantai yang berada di Desa Penanjan, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan ini masih kalah populer jika dibandingkan dengan tempat wisata pantai lainnya yang ada di Kabupaten Lamongan.

#25. Museum Seni Islam Indonesia

Selain Museum Sunan Drajat, ada satu lagi tempat wisata religi berupa museum di Kabupaten Lamongan yang juga wajib dipertimbangkan untuk kamu kunjungi yaitu Museum Seni Islam Indonesia.

Museum yang lokasinya berada di Jalan Raya Paciran, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur ini terkenal dengan beragam koleksi peninggalan seni Islam dari berbagai negara di dunia.

Tercatat, museum ini mempunyai kurang lebih 200 koleksi peninggalan seni Islam yang dikelompokan menjadi 7 galeri utama, yaitu Walisongo, Mataram, Aceh, Samudra Pasai, China, Mughal India, dan Ottoman Turki.

#26. Pantai Kemantren

Tempat Wisata di Lamongan
Pantai Kemantren
Selain Pantai Kutang, Pantai Brondong, Pantai Klayar, dan Pantai Kodok, ada satu lagi tempat wisata di Lamongan berupa pantai yang juga wajib dipertimbangkan untuk dikunjungi, yaitu Pantai Kemantren.

Pantai yang lokasinya berada di Desa Kemantren, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan ini memiliki sejumlah saung dan gubuk dari bambu yang saling terhubung satu sama lain di bibir Pantai Kemantren.

#27. Masjid Agung Lamongan

Selain mengunjungi makam para ulama, dan Museum Seni Islam Indonesia, ada satu lagi tempat wisata religi yang juga menarik untuk dikunjungi di Kabupaten Lamongan, yaitu Masjid Agung Lamongan.

Masjid yang lokasinya berada di Jalan Kyai H. Hasyim Ashari No.16, Kelurahan Tumenggungan, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan ini memiliki arsitektur bangunan yang " cukup " menggagumkan.

#28. Telaga Bandung Lamongan

Tempat Wisata di Lamongan
Telaga Bandung Lamongan
Walaupun namanya ada kata " Bandung ", namun telaga ini bukan berada di Kota Bandung, melainkan berada di Dusun Rangge, Kelurahan Sukomulyo, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Suasana di telaga ini cukup nyaman untuk dijadikan sebagai tempat bersantai, karena memang telaga ini merupakan salah satu area terbuka hijau di Kabupaten Lamongan dengan pepohonan dan berbagai jenis tanaman hijau di sekitarnya.

#29. Javas Kolam Renang

Karena lokasinya yang berada di pusat Kota Lamongan, membuat tempat wisata ini cukup banyak dikunjungi wisatawan, terutama bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi mandi yang mengasikan.

Pasalnya, di kolam renang yang berada di Jalan Soewoko, Kelurahan Jetis, Kecamatan Lamongan ini, para pengunjungnya bisa berendam atau berjemur santai sambil menikmati pemandangan indah Kota Lamongan dari kejauhan.

#30. Waduk Prijetan

Tempat Wisata di Lamongan
Waduk Prijetan
Selain Waduk Gondang, ada satu lagi waduk di Kabupaten Lamongan, yang juga " cukup " sering dikunjungi oleh wisatawan, yaitu Waduk Prijetan di Desa Krekah, Kecamatan Kedungpring, Kabupaten Lamongan.

Waduk Prijetan ini dikenal memiliki panorama alam yang " cukup " indah, sehingga banyak wisatawan sengaja berkunjung kesini, hanya untuk sekedar mengambil foto dengan latarbelakang waduk ini.

#31. Manajemen Tanaman Sehat

Tempat Wisata di Lamongan
Manajemen Tanaman Sehat
Warga di Desa Besur, Kecamatan Sekaran, Kabupaten Lamongan ini berhasil menerapkan Sistem Manajemen Tanaman Sehat (MTS) dengan menanam berbagai jenis tanaman yang menjadi tujuan wisata.

Hal ini bisa dilihat dari banyaknya orang yang sengaja datang ke Desa Besur, baik itu yang ingin melihat langsung keindahan taman bunga matahari, maupun yang ingin mendapatkan foto dengan latarbelakang taman bunga matahari.

#32. Gunung Suru Lembor

Tempat wisata di Lamongan (Jawa Timur) yang menarik dikunjungi wisatawan terakhir yaitu Gunung Suru Lembor. Gunung Suru Lembor adalah sebuah tempat wisata yang mengusung konsep edukasi.

Di Gunung Suru Lembor ini terdapat berbagai fasilitas yang menarik, mulai dari homestay, family camping, wedding outdoor, hingga bumi perkemahan (area camping), dan beberapa fasilitas pendukung lainnya.

Jika kamu penasaran seperti apa tempat wisata yang satu ini? Kamu bisa mengunjungi Gunung Suru Lembor ini di Desa Lembor, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Lamongan (Jawa Timur) yang menarik dikunjungi para wisatawan. Baca juga 14+ Pantai Terindah di Tulungagung (Jawa Timur) Yang Lagi Hits!!.