Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5+ Sungai Terpanjang di Kamboja (Lengkap Dengan Penjelasannya)

Daftar sungai terpanjang di Kamboja berikut ini sangat wajib dan sangat direkomendasikan untuk diketahui oleh para wisatawan, khususnya bagi para wisatawan yang sedang berencana berkunjung ke negara ini.

Perlu kalian ketahui, struktur geografis Negara Kamboja itu kurang lebih sama seperti Negara Myanmar, Loas, Thailand, dan Vietnam, yang mempunyai banyak sekali sungai-sungai panjang di dalamnya.

Bahkan, Sungai Mekong yang melewati 5 negara tersebut masuk sebagai salah satu daftar sungai terpanjang di Benua Asia. Lantas, apa saja nama sungai terpanjang di Kamboja tersebut? Berikut penjelasannya.

5+ Sungai Terpanjang di Kamboja (Lengkap Dengan Penjelasannya)

#1. Sungai Mekong (4.350 Kilometer)

Sungai Terpanjang di Kamboja
Sungai Mekong
Daftar sungai terpanjang di Kamboja yang pertama yaitu Sungai Mekong dengan panjang sekitar 4.350 kilometer. Sungai Mekong melewati beberapa negara sekaligus seperti Kamboja, Myamnar, Laos, dan lainnya.

Makanya, dalam artikel sebelumnya yang ditulis oleh blog Ilmutoday.com, Sungai Mekong juga masuk sebagai salah satu sungai di daftar sungai terpanjang di Myanmar, dan sungai terpanjang di Laos.

Sungai yang menjadi habitat bagi sejumlah jenis ikan berukuran besar seperti Ikan Lele Mekong, dan lain sebagainya ini bersumber dari Pegunungan Jifu di Tibet, dan bermuara di Delta Mekong di Vietnam.

BACA JUGA: 10+ Tempat Wisata di Phnom Penh (Kamboja) Yang Bagus Dikunjungi!!

#2. Sungai Kong (480 Kilometer)

Daftar sungai terpanjang di Kamboja berikutnya yaitu Sungai Kong, atau sering juga disebut dengan nama " Se Kong " atau kadang disebut juga dengan nama " Xe Kong ", dengan panjang sekitar 480 kilometer.

Sungai Kong adalah salah satu anak sungai di Sungai Mekong. Sungai ini mengalir dari Provinsi Thua Thien-Hue di Vietnam ke Laos, kemudian ke Kamboja, hingga akhirnya bermuara ke Sungai Mekong.

#3. Sungai Sangkae (250 Kilometer)

Sungai Terpanjang di Kamboja
Sungai Sangkae
Sungai Sangkae atau sering juga disebut dengan nama " Stung Sangkae ", atau kadang disebut juga dengan nama " Stung Sangke " merupakan salah satu sungai utama di Kamboja selain Sungai Mekong.

Sungai Sangkae ini terletak di Provinsi Battambang dan melewati 6 kabupaten, serta 27 komune di Provinsi Battambang, hingga akhirnya bermuara di Danau Tonle Sap. Panjang total sungai ini yaitu 250 kilometer.

#4. Sungai Saigon (225 Kilometer)

Sungai Terpanjang di Kamboja
Sungai Saigon
Sungai Saigon adalah salah satu sungai yang mengalir di dua negara sekaligus, yaitu Negara Kamboja dan Vietnam. Dimana diketahui, panjang sungai ini mencapai kurang lebih 225 kilometer.

Kalau dilihat dari peta, Sungai Saigon mengalir dari wilayah selatan Vietnam ke wilayah tenggara Kamboja, sampai akhirnya bermuara ke Sungai Soai Rap, yaitu salah satu sungai di Vietnam.

Sungai Saigon berperan yang penting bagi Kota Ho Chi Minh, yaitu sebagai pemberi pasokan air bersih utama bagi penduduknya. Disamping itu, sungai ini rumah bagi Pelabuhan Saigon yang terkenal.

#5. Sungai Tonle Sap (112 Kilometer)

Sungai Tonle Sap dengan panjang kurang lebih 112 kilometer di Kamboja ini sangat unik sekali. Dikatakan " unik " karena sungai ini mempunyai sistem perairan perpaduan antara sungai dan danau besar.

Dimana, pada musim kemarau, aliran air di sungai ini akan mengalir ke Sungai Mekong di Kota Phnom Penh. Namun pada saat musim hujan, aliran air akan berbalik arah, dan akan mengisi sungai ini hingga menjadi danau yang besar.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang daftar lengkap lima sungai terpanjang di Kamboja (lengkap dengan penjelasannya) Baca juga ulasan tentang 15+ Sungai Terpanjang di Benua Amerika (Lengkap Dengan Lokasinya).