Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Gua Terdalam di Dunia Yang Penuh Dengan Misteri!!

gua terdalam di dunia
Gua Krubera
Gua terdalam di dunia berikut ini memang penuh dengan hal-hal yang misterius, namun keberadaanya patut untuk diketahui. Perlu diketahui, kata " gua " berasal dari bahasa sansekerta yakni " guha " yang bermakna " lubang di dalam bumi ".

Namun ada beberapa ahli mendeskripsikan bahwa gua sebagai sebuah ruangan yang cukup luas di dalam batuan atau tanah, dan tidak diterangi atau disinari oleh matahari, selain dari itu bisa dikatakan bukan gua.

Nah, dari banyaknya gua-gua di muka bumi, ada beberapa di antaranya memiliki kedalaman yang luar biasa menakjubkan dengan berbagai misteri di dalamnya. Lantas, apa saja gua terdalam di dunia tersebut? Berikut ulasannya.

Gua Terdalam di Dunia Yang Penuh Dengan Misteri

#1. Gua Krubera di Georgia - 2.190 Meter

Gua terdalam di dunia yang penuh dengan misteri pertama yaitu Gua Krubera di Georgia. Dimana diketahui, gua yang juga sering disebut " Gua Voronja " ini mempunyai kedalaman kurang lebih 2.190 meter.

Hingga sekarang masih dilakukan berbagai eksplorasi dalam rangka untuk mengetahui keadaan dan kondisi didalam gua tersebut. Nama " Krubera " tersebut terinspirasi dari nama seorang ahli gua yakni Alexander Kruber yang pernah mendapatkan gelar geografis Rusia.

Sedangkan nama " Voronja " tersendiri terinspirasi dari kondisi di pintu masuk gua tersebut yang banyak ditemukan sarang burung gagak. Karena kata " Voronja " berarti " burung gagak ".

BACA JUGA: 10+ Sungai Terdalam di Dunia Yang Wajib Diketahui!!

#2. Gua Illuzia-Snezhnaja Mezhonnogo di Georgia - 1.752 Meter

Gua terdalam di dunia yang penuh dengan misteri berikutnya Gua Illuzia-Snezhnaja Mezhonnogo. Kurang lebih sama dengan Gua Krubera (Gua Voronja), gua ini juga masuk kedalam wilayah negara Georgia.

Sesuai dengan namanya, gua yang diketahui mempunyai kedalaman kurang lebih 1.752 meter ini memang terdiri dari dua gua, yakni Illuzia (gua pertama), dan Snezhnaja (gua kedua).

#3. Gua Gouffre Mirolda di Perancis - 1.733 Meter

Gua Gouffre Mirolda adalah gua terdalam di Prancis dengan kedalaman kurang lebih 1.733 meter. Berdasarkan catatannya, Gua Gouffre Mirolda adalah gua pertama yang pernah dieksplorasi sejauh 1 km.

#4. Gua Vogelshacht And The Lamprechtsofen di Austria - 1.631 Meter

Gua yang keberadaanya sudah diketahui beberapa abad silam ini diketahui menghubungkan dua wilayah di negara Austria, yakni Lamprechtsofen dan Vogelschacht dengan kedalaman sekitar 1.631 meter.

Namun kedalaman gua ini masih berpeluang untuk bertambah, mengingat gua ini belum dijelajahi secara keseluruhan. Selain itu, gua ini juga dipercaya oleh penduduk setempat sebagai tempat persembunyian harta karun milik ksatria bernama " Lamprecht "

Oleh karena itulah, untuk mengurangi kerusakan yang bisa terjadi karena pencarian harta karun tersebut, maka pihak pemerintah setempat menutup sementara gua ini untuk tujuan wisata dan lain sebagainya.

#5. Gua Reseau Jean Bernard di Perancis - 1.602 Meter

Selain Gua Gouffre Mirolda, ada satu lagi gua dengan kedalaman yang luar biasa di negara Prancis, yaitu Gua Reseau Jean Bernard. Dimana diketahui, gua ini memiliki kedalaman kurang lebih 1.602 meter.

Gua Reseau Jean Bernard ini pertama kali ditemukan pada tahun 1959 silam. Sedangkan nama " Reseau Jean Bernard " sendiri terinspirasi dari nama dua orang peneliti gua ini, yaitu Jean Dupont and Bernard Raffy.

#6. Gua Torca del Cerro del Cuevon di Spanyol - 1.589 Meter

Gua Torca del Cerro del Cuevon atau dikenal juga dengan sebutan " T-33 " adalah gua terdalam di Spanyol. Dimana diketahui, Gua Torca del Cerro del Cuevon (T-33) ini memiliki kedalaman kurang lebih 1.589 meter.

Sebagai catatan, gua ini sangat cocok dijelajahi oleh para pecinta petualangan, karena untuk mencapai Gua Torca del Cerro del Cuevon (T-33) cukup sulit.

#7. Gua Sarma di Georgia - 1.542 Meter

Gua terdalam di dunia yang juga masih penuh dengan misteri berikutnya yaitu Gua Sarma di Georgia. Mereka yang pernah melakukan observasi di gua ini menyebutkan kedalamannya mencapai 1.542 meter.

Namun, gua ini masih terus dijelajahi oleh para petualangan. Siapa yang tahu, kedalaman yang sudah ditetapkan tersebut bisa bertambah mengingat masih dilakukannya berbagai eksploirasi di dalam gua tersebut.

#8. Gua Cehi di Slovenia - 1.518 Meter

Berdasarkan datanya, Gua Cehi adalah gua terdalam di Slovenia. Dimana diketahui, gua ini mempunyai kedalaman kurang lebih 1.518 meter.

#9. Gua Shakta Vjacheslav Pantjukhina di Georgia - 1.508 Meter

Selain Gua Krubera, Gua Illuzia-Snezhnaja Mezhonnogo, dan Gua Sarma, ada satu lagi gua di Georgia yang masuk ke daftar gua paling dalam di dunia yang penuh dengan misteri, yaitu Gua Shakta Vjacheslav Pantjukhina.

Dimana diketahui, Gua Shakta Vjacheslav Pantjukhina ini mempunyai kedalaman kurang lebih 1.508 meter.

#10. Gua Sima de la Cornisa di Spanyol - 1.506 meter

Selain Gua Torca del Cerro del Cuevon (T-33), ada satu lagi gua di Spanyol yang masuk ke dalam daftar gua paling dalam di dunia ini yaitu Gua Sima de la Cornisa.

Berdasarkan hasil observasi dari para spelunker, yaitu orang-orang yang hobi mengeksplorasi gua mengatakan bahwa kedalaman gua ini mencapai hingga 1.506 meter.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang daftar gua terdalam di dunia yang masih penuh dengan misteri. Sebelum meninggalkan blog ini, baca juga 14+ Danau Terdalam di Dunia (Dua Diantaranya Ada di Indonesia).