Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4+ Makanan Khas Barabai (Kalsel) Yang Enak dan Sedap!!

Makanan khas Barabai berikut ini direkomendasikan untuk diketahui bagi kalian yang sedang berkunjung ke Kalimantan Selatan. Seperti diketahui, Barabai adalah ibukota Kabupaten Hulu Sungai Tengah di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Sebagai ibukota sebuah kabupaten, Kota Barabai mempunyai sejumlah objek wisata yang menarik dikunjungi wisatawan seperti Gunung Halau-halau, Gua Limbuhang, Bukit Rindang, dan masih banyak lagi lainnya.

Bukan hanya itu saja, Kota Barabai juga memiliki beberapa kuliner khas yang terkenal enak dan sedap. Lantas, apa saja makanan khas Barabai (Kalimantan Selatan) yang enak dan sedap tersebut? Berikut ulasannya.

Inilah Beberapa Makanan Khas Barabai (Kalimantan Selatan / Kalsel) Yang Enak dan Sedap

#1. Apam Barabai

Makanan Khas Barabai
Apam Barabai
Kalau membahas tentang Kota Barabai dan makanan, maka yang terlintas dipikiran kebanyakan orang pasti Apam Barabai. Karena kue ini sangat terkenal, bahkan Kota Barabai sampai dijuluki sebagai " Kota Apam ".

Apam Barabai merupakan salah satu kue khas Barabai yang dibuat dari bahan-bahan seperti tepung beras, gula merah atau gula putih, santan, dan tape ubi kayu (singkong), sehingga citarasa yang dihasilkan sangat legit dan lembut.

Ada dua varian Apam Barabai yang bisa dilihat dari warnanya, yaitu Apam Barabai berwarna merah yang berarti mengunakan gula merah, dan Apam Barabai berwarna putih yang berarti mengunakan gula putih.

#2. Kue Lam

Makanan khas Barabai (Kalimantan Selatan / Kalsel) yang enak dan sedap berikutnya yaitu Kue Lam. Kue ini sebenarnya berasal dari arab, sehingga tidak heran jika para penjualnya kebanyakan keturunan arab.

Kue Lam adalah kue yang unik, karena dalam proses pembuatannya dibutuhkan kesabaran. Dimana, setiap lapisannya membutuhkan konsentrasi untuk menghasilkan Kue Lam dengan citarasa yang diinginkan.

Lebih menariknya lagi, kue ini sangat mudah ditemukan di Kota Barabai dan sekitarnya. Pasalnya, sudah banyak para pembuat Kue Lam yang berkerjasama dengan pusat oleh-oleh di Kota Barabai (Kalsel).

#3. Pakasam

Makanan Khas Barabai
Pakasam
Pakasam adalah makanan olahan makanan yang berasal dari Desa Mahang Sungai Hanyar, yaitu salah satu desa di Kecamatan Pandawan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel).

Makanya terkadang, makanan ini sering juga disebut " Pakasam Mahang " sesuai dengan asal daerahnya. Dan cara pembuatannya pun harus dilakukan oleh orang-orang yang sudah terampil dan terlatih.

Pakasam adalah makanan olahan berbahan dasar ikan yang difermentasi kemudian dilumuri nasi yang sudah disangrai, sehingga menghasilkan citarasa asam. Dan untuk mencicipinya, Pakasam harus digoreng terlebih dahulu.

#4. Balikuhai

Makanan Khas Barabai
Balikuhai
Kurang lebih sama seperti Apam Barabai dan Kue Lam, Balikuhai juga merupakan salah satu kue khas Barabai. Bahan dasar pembuatannya adalah tepung beras dicampur dengan gula aren, rempah adas, dan disajikan diatas daun pisang.

Hanya saja, kue yang bentuknya mirip sekali dengan waffel (salah satu kue yang berasal dari eropa) ini sudah sangat langka. Hal ini dikarenakan para penjualnya yang semakin lama semakin berkurang jumlahnya.

Dan salah satu tempat yang masih menjual kue ini adalah pasar-pasar tradisional di Kota Barabai dan sekitarnya dengan harga sekitar Rp 3.000.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa makanan khas Barabai (Kalimantan Selatan / Kalsel) yang enak dan sedap untuk dicicipi. Sebelum meninggalkan blog ini, Baca dulu 10+ Kue Khas Banjarmasin Yang Terkenal Enak Dan Lezat!!.