Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7+ Tempat Wisata di Kefamenanu (Timor Tengah Utara) Yang Wajib Dikunjungi!!

Tempat wisata di Kefamenanu berikut ini sangat direkomendasikan dikunjungi wisatawan jika sedang berlibur di Kabupaten Timor Tengah Utara. Seperti diketahui, Provinsi Nusa Tenggara Timur memang terkenal dengan segudang objek wisata alamnya.

Tidak terkecuali dengan Kota Kefamenanu yang menjadi ibukota bagi Kabupaten Timor Tengah Utara di Provinsi Nusa Tenggara Timur ini. Dimana diketahui, disekitar kota yang sering juga " Kefa " ini terdapat beberapa objek wisata alam yang memukau.

Dan beberapa objek wisata alam yang ada disekitar Kota Kefamenanu ini wajib untuk dikunjungi. Lantas, apa saja tempat wisata di Kefamenanu (Timor Tengah Utara) yang wajib dikunjungi tersebut? Berikut ulasannya.

7+ Tempat Wisata di Kefamenanu (Timor Tengah Utara) Yang Wajib Dikunjungi

#1. Pantai Tanjung Bastian

Tempat Wisata di Kefamenanu
Pantai Tanjung Bastian
Tempat wisata di Kefamenanu (Timor Tengah Utara) yang wajib dikunjungi pertama yaitu Pantai Tanjung Bastian. Pantai dengan panjang yang mencapai seratus meter ini terkenal dengan hamparan pasir dan air laut sebening kristal.

Bukan hanya itu saja, pantai ini juga dihuni oleh penduduk pribumi yang ramah kepada wisatawan. Dan setiap tahunnya (antara bulan mei hingga bulan oktober) sering diselenggarakan atraksi olahraga pacuan kuda.

Lokasi Pantai Tanjung Bastian ini berjarak kurang lebih 65 kilometer dari Kota Kefamenanu, atau lebih tepatnya berada di Kelurahan Humusu C, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT.

BACA JUGA: 15+ Tempat Wisata di Soe (TTS - NTT) Yang Direkomendasikan Dikunjungi!!

#2. Mata Air Oeluan

Tempat wisata di Kefamenanu (Timor Tengah Utara) yang wajib dikunjungi berikutnya yaitu Mata Air Oeluan. Mata Air Oeluan adalah sebuah tempat pemandian umum yang bersumber langsung dari sumber mata air alami.

Mata Air Oeluan ini termasuk salah satu objek wisata yang mudah dijangkau, karena lokasinya berada di jalan trans Kupang - Atambua. Dan bisa dicapai dengan waktu kurang lebih 30 menit dari Kota Kefamenanu dengan mengunakan kendaraan.

Nama " Oeluan " sendiri diambil dari kata " Oe " yang dalam bahasa Indonesia berarti " air "  dan " Luan " adalah nama seorang nenek yang dulunya tinggal disekitar mata air alami ini, sehingga Oeluan adalah air milik nenek luan. 

#3. Bukit Tuamese

Tempat Wisata di Kefamenanu
Bukit Tuamese
Bukit indah yang berada di Desa Tuamese, Kecamatan Biboki Anleu, Kabupaten Timor Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT) ini diklaim sebagai salah satu tempat wisata yang mirip dengan Raja Ampat di Papua.

Dari puncak bukit ini para wisatawan bisa menikmati hamparan tambak milik penduduk setempat, hijaunya vegetasi pohon lontar di pesisir pantainya, dan birunya laut yang membentang sejauh mata memandang.

Untuk menuju ke puncak bukit tersebut, para wisatawan diharuskan mendakinya sejauh kurang lebih 200 meter. Namun ketika mendaki untuk menuju ke puncak, para wisatawan diwajibkan ekstra hati-hati, karena jalur treckingnya yang curam dan berpasir.

#4. Pantai Wini

Tempat Wisata di Kefamenanu
Pantai Wini
Selain Pantai Tanjung Bastian, ada satu lagi objek wisata alam berupa pantai yang juga sangat menarik untuk dikunjungi wisatawan di Kabupaten Timor Tengah Utara, yaitu Pantai Wini. 

Di pantai ini, para wisatawan akan disuguhkan dengan hamparan pasir dan batuan kerikil yang dikelilingi oleh pepohonan rimbun yang bisa mereka mamfaatkan untuk berteduh dari sinar matahari.

Didekat pantai ini juga bisa ditemukan pos berbatasan antara Negara Indonesia dan Timor Leste. Lokasinya berada di Jalan Wini, Kelurahan Humusu C, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT.

#5. Air Terjun Pahkoto

Bukan hanya pantai dan bukit saja, di Kabupaten Timor Tengah Utara juga terdapat sebuah tempat wisata alam berupa air terjun, yaitu Air Terjun Pahkoto. Jaraknya kurang lebih 90 menit perjalanan dari Kota Kefamenanu.

Hanya saja, air terjun yang berada di Dusun Oelmuke, Desa Tasinifu, Kecamatan Mutis, Kabupaten Timor Tengah, NTT ini belum memiliki petunjuk jalan, sehingga para wisatawan yang ingin pergi ke air terjun ini diwajibkan bertanya kepada penduduk setempat terlebih dahulu.

Yang unik dari air terjun setinggi kurang lebih 11 meter ini terletak pada dinding batuannya yang berwarna hitam eksotis. 

#6. Gunung Mutis

Tempat Wisata di Kefamenanu
Gunung Mutis
Gunung Mutis adalah gunung tertinggi di Pulau Timor, dimana ketinggiannya mencapai 2.427 meter diatas permukaan air laut (mdpl). Dari puncaknya, para wisatawan bisa menikmati hamparan hutan yang luas.

Perlu diketahui juga, suku dawan, yaitu salah satu suku tertua di Nusa Tenggara Timur tinggal di gunung yang secara administratif berada di dua kabupaten sekaligus ini, yaitu Kabupaten Timor Tengah Utara, dan Kabupaten Timor Tengah Selatan.

#7. Desa Adat Tamkesi

Tempat Wisata di Kefamenanu
Desa Adat Tamkesi
Tempat wisata di Kefamenanu (Timor Tengah Utara) yang wajib dikunjungi terakhir yaitu Desa Adat Tamkesi. Sesuai dengan namanya, Desa Adat Tamkesi adalah sebuah desa tradisional di Kabupaten Timor Tengah Utara.

Bangunan rumah yang ada di desa ini masih dalam bentuk bangunan rumah khas tradisional Pulau Timor, yaitu berbentuk bulat dengan atap mengunakan ilalang yang menjuntai hingga menyentuh bagian lantainya. 

Dulunya, atau lebih tepatnya sekitar tahun 1865 silam, desa yang berada diantara dua gunung kembar (Gunung Oepuah dan Gunung Tapenpah) ini merupakan pusat kerajaan yang disebut " Sonaf Biboki ".

Akhir Kata

Nah, itulah daftar tempat wisata di Kefamenanu yang wajib untuk dikunjungi wisatawan jika sedang berkunjung ke Kabupaten Timor Tengah Utara. Baca juga 22+ Tempat Wisata di Sumba Timur (Epik, Indah, dan Instagramable Banget).