Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8+ Perbedaan Kimbab Dan Sushi Yang Wajib Kamu Diketahui!!

Perbedaan Kimbab dan Sushi
Kimbab
Perbedaan kimbab dan sushi berikut ini sangat wajib untuk diketahui, khususnya bagi para wisatawan suka berwisata kuliner. Perlu diketahui, kimbab dan sushi adalah dua jenis kuliner yang sepintas sangat mirip.
Walaupun secara tampilan sangat mirip, dan sama-sama dilapisi rumput laut dengan isian berupa gulungan nasi. Namun pada kenyataannya, antara kimbab dan sushi memiliki sedikit perbedaan pada saat disantap.

Disamping itu, masih banyak lagi perbedaan lainnya antara kimbab dan sushi yang mungkin belum kamu ketahui. Lantas, apa saja perbedaan kimbab dan sushi yang wajib diketahui tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

8+ Perbedaan Kimbab dan Sushi Yang Wajib Kamu Ketahui

#1. Bumbu

Perbedaan kimbab dan sushi yang wajib kamu diketahui pertama yaitu bumbunya. Dimana, bumbu yang digunakan dalam pembuatan sushi pada umumnya mengunakan garam, cuka, dan gula dengan porsi yang pas.

Pengunaan garam, gula, dan cuka pada pembuat sushi adalah untuk menambah citarasa, sekaligus untuk mencegah agar tidak terasa asam.

Sedangkan bumbu yang digunakan untuk pembuatan kimbab di antaranya adalah minyak dan biji wijen, serta pemanis. Itulah mengapa citarasa kimbab terasa lebih manis jika dibandingkan dengan sushi.

#2. Isian

Perbedaan kimbab dan sushi yang wajib kamu ketahui berikutnya yaitu isiannya. Dimana, sushi pada umumnya diisi dengan ikan mentah segar yang harus langsung dihidangkan.

Jika belum siap untuk dihidangkan, maka ikan mentah segar tersebut harus disimpan di dalam pendingin (kulkas) dengan temperatur optimal sampai ikan mentah segar tersebut siap dihidangkan kembali.

Sedangkan kimbab pada umumnya diisi dengan daging yang sudah matang seperti daging merah, daging kepiting, telur, dan lainnya. Namun ada juga beberapa orang yang mengisi kimbab dengan kimchi, dan ham. 

#3. Tipe Nasi

Kedua jenis kuliner ini memang disajikan dengan metode yang sangat mirip yakni dengan nasi gulung yang dilapisi dengan rumput laut. Namun tipe nasi yang digunakan tidak sama antara kimbab dan sushi.

Dimana diketahui, sushi pada umumnya hanya mengunakan nasi biasa. Berbeda dengan kimbab yang memiliki banyak varian nasi yang digunakannya seperi nasi merah, quinoa, dan varian nasi lainnya.

#4. Rasa dan Tekstur

Citarasa sushi yang terkenal di dunia adalah asin dan sedikit manis, serta teksturnya lebih lunak. Berbeda dengan kimbab yang pada umumnya lebih renyah karena adanya sayur-sayuran seperti mentimun, acar lobak, dan lainnya.

#5. Varian

Perbedaan yang cukup mencolok antara kimbab dan sushi yaitu variannya. Dimana, kimbab tidak memiliki banyak varian, biasanya hanya ditambahkan beragam jenis nasi untuk membuat teksturnya berbeda-beda.

Berbeda dengan sushi yang dikenal dengan beragam varian seperti sashimi, gunken sushi, maki rolls, nigiri style, dan masih banyak varian sushi lainnya. Bahan pada sushi pun sangat beragam seperti ikan mentah dari berbagai spesies, sayuran, dan buah-buahan. 

#6. Bumbu Pelengkap

Jika kamu sudah biasa mencicipi sushi, pasti kamu sudah mengetahui bahwa bumbu pelengkap yang digunakan adalah acar jahe yang digunakan sebagai pencuci mulut setiap kali selesai mencicipi jenis ikan mentah segar yang berbeda.

Disamping itu, sushi biasanya juga sering ditemani oleh wasabi, kecap, dan sawi. Berbeda dengan kimbab yang tidak dilengkapi dengan pencuci mulut karena varian isiannya bukan ikan mentah seperti sushi.

#7. Negara Asal

Mungkin ada yang belum mengetahui kalau kimbab dan sushi itu berasal dari dua negara yang berbeda. Dimana diketahui, sushi berasal dari negara yang berjuluk " negari matahari terbit " yaitu negara Jepang.

Sedangkan kimbab (gimbap) berasal dari negara Korea Selatan. Mungkin karena kedua negara ini adalah tetangga, makanya kedua jenis kuliner ini memiliki kemiripan, khususnya dari segi bentuk fisiknya.

#8. Metode Preparasi

Perbedaan kimbab dan sushi yang wajib kamu ketahui terakhir yaitu metode preparasinya. Dimana, kimbab pada umumnya dikenal sebagai makanan rumahan yang hanya disajikan oleh ibu rumah tangga di Korea Selatan.

Disamping itu, kimbab juga dikenal sebagai makanan khas kaki lima di Korea Selatan. Berbeda dengan sushi yang dikenal sebagai makanan yang disajikan dengan banyak seni dan sering diolah oleh koki-koki handal dan ternama di dunia.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa perbedaan kimbab dan sushi yang wajib kamu ketahui. Bentuknya terlihat sama, namun variasa dan isiannya berbeda. Baca juga 22+ Makanan Khas Cilacap (Jawa Tengah) Yang Lezatnya Bikin Ketagihan!!.