Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15+ Tempat Wisata di Palopo (Sulawesi Selatan) Yang Sedang Hits!!

Tempat wisata di Palopo berikut ini sangat direkomendasikan dikunjungi wisatawan yang saat ini sedang berada di Provinsi Sulawesi Selatan. Seperti diketahui, Palopo adalah sebuah kota di Provinsi Sulawesi Selatan.

Kota Palopo juga merupakan salah satu kota terbesar di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dengan luas kurang lebih 247,52 kilometer persegi, dan memiliki sejarah yang panjang.

Disamping itu, kota ini juga mempunyai bentang alam yang unik, sehingga tidak heran disekitar Kota Palopo terdapat sejumlah objek wisata bagus dikunjungi. Lantas, apa saja tempat wisata di Palopo (Sulawesi Selatan) yang sedang hits dikunjungi tersebut? Berikut ulasannya. 

Tempat Wisata di Palopo (Sulawesi Selatan) Yang Sedang Hits Dikunjungi

#1. Pemandian Alam Batu Papan

Tempat wisata di Palopo (Sulawesi Selatan) yang sedang hits dikunjungi wisatawan pertama yaitu Pemandian Alam Batu Papan. Lokasinya berada di Kelurahan Padang Lambe, Kecamatan Wara Barat, Kota Palopo.

Sesuai dengan namanya, Pemandian Alam Batu Papan adalah sebuah tempat pemandian alami yang cocok dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata di Kota Palopo untuk menenangkan dan menyegarkan pikiran.

#2. Bukit Kambo

Tempat Wisata di Palopo
Bukit Kambo
Tempat wisata di Palopo (Sulawesi Selatan) yang sedang hits dikunjungi berikutnya yaitu Bukit Kambo. Kurang lebih sama dengan Pemandian Alam Batu Papan, di Bukit Kambo juga terdapat tempat pemandian.

Bedanya, kalau di Pemandian Alam Batu Papan masih alami, sedangkan objek wisata yang berada di Kelurahan Kambo, Kecamatan Mungkajang, Kota Palopo ini sudah dirancang sedemikian rupa sehingga memiliki banyak spot yang instagramable.

#3. Masjid Jami Tua Palopo

Tempat Wisata di Palopo
Masjid Jami Tua Palopo
Kota Palopo juga memiliki sejarah yang lumayan panjang, dan salah satu bangunan yang bisa membuktikannya adalah Masjid Jami Tua Palopo di Kelurahan Batupasi, Kecamatan Wara Utara, Kota Palopo.

Dimana diketahui, masjid yang memiliki gaya arsitektur khas kesultanan luwu ini dibangun oleh Datu Puyung Luwu XVI Pati Pasaung Toampanangi, yaitu salah satu raja kesultanan luwu pada tahun 1604 masehi.

#4. Istana Kedatuan Luwu

Tempat Wisata di Palopo
Istana Kedatuan Luwu
Selain Masjid Jami Tua Palopo, ada satu lagi objek wisata sejarah di Kota Palopo yang juga menarik untuk dikunjungi yaitu Istana Kedatuan Luwu di Kelurahan Batupasi, Kecamatan Wara Utara, Kota Palopo.

Dari Istana Kedatuan Luwu ini, para wisatawan bisa mempelajari nilai-nilai budaya dan sejarah (historis) dari kesultanan luwu sebagai salah satu kerajaan tertua di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

#5. Gua Kallo Dewata

Gua yang berjarak kurang lebih 9 kilometer dari pusat Kota Palopo ini dulunya adalah salah satu benteng perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia.

Namun kini, gua yang berada di Kelurahan Lebang, Kecamatan Wara Barat, Kota Palopo ini sudah menjadi salah satu tujuan wisata di Kota Palopo dan sekitarnya.

Pasalnya, di dalam gua tersebut terdapat beberapa perabot tua yang terbuat dari tanah dan batu. Disamping itu, lorong-lorong di dalam gua tersebut juga sangat panjang dan saling terhubung dengan goa lainnya yang ada di Kota Palopo. 

#6. Museum Batara Guru

Selain Istana Kedatuan Luwu, ada satu lagi tempat yang bisa dituju untuk mempelajari sejarah kesultanan luwu, yaitu Museum Batara Guru yang berada di Kelurahan Batupasi, Kecamatan Wara Utara, Kota Palopo.

Pasalnya, museum ini dulunya merupakan istana raja luwu yang dibangun pada tahun 1920. Namun setelah tidak ditempati lagi, istana ini dialihfungsikan menjadi museum untuk menyimpan berbagai koleksi foto, seni keramik, naskah bersejarah, dan lain sebagainya.

#7. Air Terjun Latupa

Tempat Wisata di Palopo
Air Terjun Latupa
Kalau kamu sedang mencari objek wisata alam di Kota Palopo dan sekitarnya, mungkin air terjun yang berada di Kelurahan Latuppa, Kecamatan Mungkajang, Kota Palopo ini adalah salah satu pilihan yang wajib dipertimbangkan untuk dikunjungi.

Pasalnya, selain sebagai salah satu sumber air bersih terpenting bagi warga Kota Palopo dan sekitarnya, panorama alam yang disuguhkan oleh air terjun ini sungguh menggagumkan, dan memiliki daya tarik tersendiri.

#8. Bukit 513

Tempat wisata di Palopo (Sulawesi Selatan) yang sedang hits dikunjungi berikutnya yaitu Bukit 513. Lokasinya berada di Kelurahan Lebang, Wara Selatan, Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Objek wisata ini menjadi populer karena panorama yang ditawarkannya sangat indah, sehingga banyak diburu oleh para fotografer yang suka menburu objek-objek foto yang epik dan instagramable. 

#9. Pantai Labombo

Tempat Wisata di Palopo
Pantai Labombo
Bukan hanya bukit dan air terjun saja, Kota Palopo juga mempunyai sebuah tempat wisata alam pantai, yakni Pantai Labombo yang secara administratif berada di Kelurahan Salekoe, Kecamatan Wara Timur, Kota Palopo.

Ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan oleh para wisatawan di pantai ini di antaranya adalah bermain sepeda air, banana boat, outbond, flying fox, atau bersantai di beberapa gazebo yang dibangun di pinggir pantainya.

#10. Pulau Likuka

Jika kamu adalah seorang wisatawan yang suka menyelam, baik itu snorkeling maupun diving, silahkan kunjungi Pulau Likuda yang cukup dikenal memiliki keindahan bawah laut yang indah di Kota Palopo dan sekitarnya.

Selain indah, di pulau kecil yang secara administratif berada di Kelurahan Temmalebba, Kecamatan Bara, Kota Palopo ini juga terdapat sebuah makam penghuni pertama pulau ini yaitu makam " Nenek Hawang " dan " Nenek Poko ".

#11. Bukit Sampoddo

Bukit yang berada di Kelurahan Sampoddo, Kecamatan Wara Selatan, Kota Palopo, Sulawesi Selatan ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk berlibur di Kota Palopo dan sekitarnya.

Pasalnya, sekarang ini nama " Bukit Sampoddo " sedang naik daun dikalangan para wisatawan, berkat pemandangan pegunungannya yang terhampar luas dan asri. 

#12. Taman Segitiga

Tempat Wisata di Palopo
Taman Segitiga Palopo
Taman kota yang berada di Kelurahan Binturu, Kecamatan Wara Selatan, Kota Palopo, Sulawesi Selatan ini selalu ramai dikunjungi oleh warga Kota Palopo, khususnya pada sore hari menjelang malam hari.

Pasalnya, taman kota yang dibangun pada tahun 2017 silam ini mempunyai spot-spot yang bagus untuk berfoto. Dan salah satu spot foto yang paling ikonik di taman ini yaitu spot yang bertulisan " Love Palopo City ".

#13. Kolam Renang Agrowisata

Tempat wisata yang berada di lingkungan Hotel Agrowisata di Kelurahan Tampotikka, Kecamatan Wara, Kota Palopo ini juga harus dipertimbangkan untuk dikunjungi jika berencana liburan bersama keluarga.

Pasalnya, ada banyak permainan-permainan yang dicoba di tempat wisata ini. Dan biasanya, tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi pada akhir pekan (weekend), dan hari libur lainnya seperti natal dan tahun baru.

#14. Pelabuhan Tanjung Ringgit

Tempat wisata di Palopo (Sulawesi Selatan) yang sedang hits dikunjungi terakhir yaitu Pelabuhan Tanjung Ringgit. Lokasinya berada di Kelurahan Pontap, Kecamatan Wara Timur, Kota Palopo, Sulawesi Selatan

Di sepanjang pelabuhan ini banyak terdapat penjual beraneka makanan dan jajanan khas Kota Palopo, sehingga tidak heran jika pelabuhan ini sering dikunjungi oleh penduduk Kota Palopo, khususnya pada malam hari. 

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Palopo (Sulawesi Selatan/Sulsel) yang sedang hits dikunjungi para wisatawan. Baca juga 11+ Daftar Tempat Wisata di Malino (Gowa) Yang Lagi Hits!!.