Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12+ Tempat Wisata di Sidrap (Sidenreng Rappang) Yang Paling Direkomendasikan!!

Tempat wisata di Sidrap (Sidenreng Rappang) berikut ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi oleh wisatawan, terutama para wisatawan yang sedang berencana jalan-jalan di Provinsi Sulawesi Selatan dan sekitarnya.

Seperti kalian ketahui, Sidenreng Rappang atau lebih sering disingkat menjadi " Sidrap " merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, yang cukup dikenal dengan sejumlah tempat wisatanya.

Mulai dari wisata alam hingga wisata kekinian ada di kabupaten ini. Lantas, dimana saja tempat wisata di Sidrap (Sidenreng Rappang) yang paling direkomendasikan untuk dikunjungi tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

Tempat Wisata di Sidrap (Sidenreng Rappang) Yang Paling Direkomendasikan Dikunjungi

#1. Puncak Bila

Tempat Wisata di Sidrap
Puncak Bila
Tempat wisata di Sidrap (Sidenreng Rappang) yang paling direkomendasikan pertama yaitu Puncak Bila. Lokasinya berada di Desa Bila Riase, Kecamatan Pitu Riase, Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan.

Puncak Bila adalah sebuah tempat wisata yang memadukan antara wisata modern dan keindahan alam. Selain waterboom, di tempat wisata ini juga terdapat sebuah patung sepeda raksasa yang sangat ikonik.

Patung sepeda raksasa inilah yang sering dijadikan sebagai objek foto favorit oleh para wisatawan di Puncak Bila. Biasanya, tempat wisata ini buka setiap hari, mulai dari pukul 08:00 hingga pukul 18:00.

BACA JUGA: 11+ Wisata Pantai di Wakatobi (Sulawesi Tenggara) Yang Wajib Dikunjungi!!

#2. Kincir Angin Raksasa

Tempat Wisata di Sidrap
Kincir Angin Raksasa Sidrap
Tempat wisata di Sidrap (Sidenreng Rappang) yang paling direkomendasikan berikutnya yaitu Kincir Angin Raksasa. Lokasinya berada di  Desa Mattirotasi, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan.

Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini menawarkan pemandangan sebuah area di pegunungan dengan kincir angin raksasa sebagai objek wisatanya. Sebenarnya, kawasan ini digunakan sebagai tempat pembangkit listik tenaga angin (PLTA).

Namun dikarenakan pemandangan yang disuguhkan sangat epik, sehingga banyak orang yang mengunjungi tempat ini, hingga akhirnya boming di beberapa media sosial seperti Instagram, dan lainnya.

#3. Puncak Malloci

Sebenarnya, Puncak Malloci di Desa Buae, Kecamatan Wattang Pulu, Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan ini bukanlah sebuah tempat wisata baru di Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap).

Namun, pemandangan alam dari atas ketinggian yang ditawarkannya sangat mempesona. Sehingga, tidak terlalu mengherankan jika tempat wisata yang satu ini selalu menjadi tempat wisata hits di Kabupaten Sidenreng Rappang.

Disamping bisa menikmati pemandangan alam yang mempesona, para wisatawan juga bisa menikmati pemandangan matahari terbenam (sunset), dan matahari terbit (sunrise) dari Puncak Malloci ini.

#4. Danau Sidenreng

Tempat Wisata di Sidrap
Danau Sidenreng
Kabupaten Sidenreng Rappang di Provinsi Sulawesi Selatan juga mempunyai sebuah tempat wisata berupa danau, yang juga cukup direkomendasikan untuk dikunjungi oleh wisatawan, yaitu Danau Sidenreng.

Salah satu kegiatan seru yang bisa dilakukan oleh para wisatawan di danau ini, yaitu berkeliling untuk menikmati keindahan danau dengan mengunakan perahu kecil yang disewakan oleh pihak pengelola tempat wisata ini.

Selain itu, danau yang berada di Desa Mojong, Kecamatan Watang Sidenreng, Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan ini juga sering dijadikan sebagai tempat untuk menyelenggarakan perlombaan perahu dayung, dan ritual adat.

#5. Taman Usman Isa

Tempat Wisata di Sidrap
Taman Usman Isa
Taman Usman Isa terletak di pusat Kota Sidenreng, atau lebih tepatnya lagi berada di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Pangkajene, Kecamatan Maritengngae, Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan.

Sehingga, tidak terlalu mengherankan apabila taman ini selalu dipadati oleh pengunjung setiap harinya, khususnya oleh masyarakat Kabupaten Sidenreng Rappang dan sekitarnya.

Lebih menariknya lagi, taman Usman Isa didesain dengan konsep unik, sehingga terdapat sejumlah spot foto yang kekinian dan instagramable. Biasanya, Taman Usman Isa dibuka 24 jam setiap harinya.

#6. Taman Bulgeria Art Bonsai

Tempat Wisata di Sidrap
Taman Bulgeria Art Bonsai
Tempat wisata di Sidrap (Sidenreng Rappang) yang paling direkomendasikan dikunjungi berikutnya yaitu Taman Bulgeria Art Bonsai di Desa Bulo, Kecamatan Panca Rijang, Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan.

Sesuai dengan namanya, Taman Bulgeria Art Bonsai merupakan sebuah taman bonsai. Dimana diketahui, terdapat sekitar 120 koleksi tanaman hias bonsai yang siap memanjakan para pengunjung taman ini.

#7. Air Terjun Salu Maridi

Tempat Wisata di Sidrap
Air Terjun Salu Maridi
Kabupaten Sidenreng Rappang di Provinsi Sulawesi Selatan juga mempunyai sebuah tempat wisata air terjun, yang juga wajib dipertimbangkan untuk dikunjungi oleh wisatawan, yaitu Air Terjun Salu Maridi.

Salah satu keunikan dari air terjun yang berada di Desa Leppangang, Kecamatan Pituriase, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan ini yaitu memiliki susunan air yang bertingkat-tingkat, sehingga dikatakan mirip seperti " Air Terjun Niagara "

#8. Rumah Adat Datae

Berikutnya ada Rumah Adat Datae, yaitu salah satu objek wisata budaya di Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap). Lokasinya berada di Desa Lawawoi, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan.

Di tempat wisata ini terdapat 11 rumah adat dari masing-masing kecamatan di Kabupaten Sidenreng Rappang yang siap dieksplor oleh para wisatawan. Disamping itu, pemandangan alam di sekitarnya juga cukup indah.

#9. Tambang Batu Allakuang

Tempat Wisata di Sidrap
Tambang Batu Allakuang
Tambang Batu Allakuang memang bukanlah sebuah tempat wisata melainkan sebuah lokasi penambangan batu untuk kerajinan yang dijadikan sebagai salah satu mata pencaharian penduduk setempat.

Hanya saja, lokasi penambangan batu yang berada di Desa Allakuang, Kecamatan Maritengngae, Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan ini mempunyai banyak sekali spot-spot yang instagramable.

Sehingga tidak heran jika lokasi penambangan batu ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang hobi berburu spot-spot foto yang instagramable untuk di upload ke sosial media seperti Instagram, dan lainnya.

#10. Bukit Larua

Kurang lebih sama seperti objek wisata bukit lainnya di Indonesia, Bukit Larua juga menawarkan pemandangan alam yang indah dari ketinggian. Dimana di sepanjang mata memandang, akan disuguhkan pemandangan perbukitan yang hijau.

Dan waktu terbaik berkunjung ke bukit yang berada di Desa Larua, Kecamatan Pangkajenne, Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan ini yaitu pada sore hari, karena biasanya pada siang hari, cuacanya sangat panas. 

#11. Pammase Dewata

Tempat wisata di Sidrap (Sidenreng Rappang) yang juga direkomendasikan dikunjungi berikutnya yaitu Pammase Dewata. Lokasinya berada di Desa Corawali, Kecamatan Panca Lautang, Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulsel.

Pammase Dewata adalah salah satu objek wisata baru di Kabupaten Sidenreng Rappang yang menawarkan sejumlah fasilitas seperti kolam renang, spot foto menarik, pemandangan alam, dan lain sebagainya.

#12. Trans Park Sidrap

Tidak begitu jauh dari pusat Kota Pangkajene Sidenreng, atau lebih tepatnya lagi di Desa Lawawoi, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan terdapat sebuah tempat wisata seru yaitu Trans Park Sidrap.

Di Trans Park Sidrap ini terdapat sejumlah wahana permainan yang menarik untuk dicoba. Selain itu, panorama alam perbukitan disekitar tempat wisata ini juga cukup eksotis, sehingga tidak heran jika objek wisata ini tidak pernah sepi pengunjung.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa tempat wisaata di Sidrap (Sidenreng Rappang) yang paling direkomendasikan untuk dikunjungi para wisatawan. Baca juga 15+ Tempat Wisata di Jeneponto Yang Direkomendasikan Untuk Dikunjungi!!.