Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6+ Candi Peninggalan Kerajaan Sriwijaya Yang Menarik Diketahui!!

Candi peninggalan kerajaan sriwijaya berikut ini sangat menarik diketahui, khususnya bagi wisatawan yang suka dengan sejarah kerajaan di Indonesia. Seperti diketahui, kerajaan sriwijaya adalah salah satu bekas kerajaan terbesar di Indonesia.

Walaupun dikenal sebagai salah satu kerajaan besar yang pernah berjaya di nusantara, namun disekitar lokasi kerajaan sriwijaya tidak banyak ditemukan peninggalan, karena lokasinya berupa hutan, dan rawa. 

Hanya ada beberapa peninggalan berupa candi, dimana beberapa di antaranya masih berdiri kokoh sebagai bukti keberadaan kerajaan ini. Lantas, apa saja candi peninggalan kerajaan sriwijaya tersebut? Berikut ulasannya 

6+ Candi Peninggalan Kerajaan Sriwijaya Yang Menarik Diketahui

#1. Candi Muara Takus

Candi Peninggalan Kerajaan Sriwijaya
Candi Muara Takus
Candi peninggalan kerajaan sriwijaya yang menarik diketahui pertama yaitu Candi Muara Takus. Candi yang berada di Desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto, Kabupaten Kampar, Riau ini merupakan satu-satunya candi budha yang ada di Provinsi Riau.

Sejauh ini belum diketahui secara pasti kapan candi ini dibangun, namun candi ini diperkirakan sudah dibangun sejak jaman kerajaan sriwijaya. Di dalam kompeks candi ini juga terdapat beberapa candi lainnya seperti Candi Bungsu, Candi Sulung, dan lainnya.

Karena hal inilah yang membuat para ahli berpendapat bahwa kompleks ini dulunya merupakan salah satu pusat pemerintahan kerajaan sriwijaya. Perlu diketahui, Candi Muara Takus pernah dicalonkan sebagai salah satu situs warisan dunia pada tahun 2009 silam.

BACA JUGA: 15+ Peninggalan Kerajaan Majapahit Yang Wajib Diketahui!!

#2. Candi Muaro Jambi

Candi Peninggalan Kerajaan Sriwijaya
Candi Muaro Jambi
Candi yang berada di Desa Muara Jambi, Kecamatan Muara Sebo, Kabupaten Muara Jambi, Jambi ini merupakan sebuah kompleks candi hindu dan budha terluas di asia tenggara, dan paling terawat di Indonesia.

Berdasarkan para ahli purbakala, candi ini diperkirakan sebagai salah satu peninggalan kerajaan sriwijaya dan kerajaan melayu di Pulau Sumatera. Dimana, candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke-11.

Kurang lebih sama dengan Candi Muara Takus, Candi Muaro Jambi juga pernah dicalonkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 2009 silam.

#3. Candi Biaro Bahal

Candi Peninggalan Kerajaan Sriwijaya
Candi Biaro Bahal
Candi Biaro Bahal atau dikenal juga dengan nama " Candi Bahal " saja atau " Candi Portibi " ini adalah sebuah kompleks candi budha (Vajrayana) yang lokasinya berada di Desa Bahal, kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas, Sumut.

Candi yang dibangun dengan mengunakan bata merah ini diperkirakan berhubungan erat dengan kerajaan pannai di salah satu pesisir selat melaka yang menjadi bagian dari kekuasaan kerajaan sriwijaya.

Candi yang terdiri dari tiga bangunan kuno ini, yakni Candi Bahal 1, Candi Bahal 2 dan Candi Bahal 3 ini diperkirakan oleh para ahli dibangunan pada abad ke-11.

#4. Candi Kota Kapur

Kalau candi ini berbeda dengan candi-candi megah di Pulau Jawa dan sekitarnya. Karena lokasi dan struktur Candi Kota Kapur ini sudah terkubur diantara perkebunan karet, durian, kelapa sawit, dan lainnya.

Candi ini berhubungan erat dengan Prasasti Kota Kapur, dimana pada tahun 1700-an disekitar perairan Kota Kapur sering terjadi perampokan kapal yang dilakukan oleh para bajak laut yang bersembunyi di Selat Bangka.

Kemudian kerajaan sriwijaya mengirim pasukannya ke daerah tersebut untuk memberantas para bajak laut tersebut yang berakhir dengan kemenangan. Untuk memperingatinya dibangunlah Prasasti Kota Kapur di tempat tersebut.

Prasasti ini berisi perjanjian antara kerajaan sriwijaya dengan para bajak laut untuk tidak menganggu kapal-kapal yang melewati selat bangka. Nah, disekitar ditemukan prasasti inilah kemudian ditemukan juga Candi Kota Kapur.

#5. Gapura Sriwijaya

Candi peninggalan kerajaan sriwijaya yang menarik diketahui terakhir yakni Gapura Sriwijaya. Lokasinya berada di Dusun Rimba, Kecamatan Dempo Tengah, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan (Sumsel).

Memang belum banyak informasi yang diketahui tentang candi ini karena masih proses penelitian. Namun perkiraan para ahli, candi ini mempunyai 9 gapura, dimana 7 gapuranya sudah berhasil ditemukan.

Sejauh ini, kondisi semua gapura-gapura di kompeks candi ini dalam keadaan sudah roboh yang disebabkan oleh faktor alam seperti gempa bumi, erosi, dan lain sebagainya.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa candi peninggalan kerajaan sriwijaya yang menarik diketahui, khususnya bagi para wisatawan yang suka dengan sejarah kerajaan di Indonesia. Baca juga 6+ (Candi dan Prasasti) Peninggalan Kerajaan Kalingga!!.