Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5+ Mitos Kebun Raya Bogor Yang Justru Menarik Minat Banyak Wisatawan!!

Mitos kebun raya bogor berikut ini harus diketahui oleh para wisatawan yang ingin liburan ke kebun raya bogor. Seperti diketahui, kebun raya bogor merupakan penghasil oksigen terbesar di jabodetabek.

Dan kalau berkunjung kesana, kita akan berada seolah-olah bukan berada di negeri sendiri, karena di tempat wisata ini biasanya banyak dikunjungi oleh para wisatawan asing yang berasal dari berbagai negara.

Salah satu daya tarik dari kebun raya bogor adalah beredar beberapa mitos, seperti pohon jodoh yang katanya bisa membuat hubungan asmara awet, dan lain sebagainya. Lantas, apa saja mitos kebun raya bogor yang justru menarik minat banyak wisatawan? Berikut ulasannya.

5+ Mitos Kebun Raya Bogor Yang Justru Menarik Minat Banyak Wisatawan

#1. Jembatan Merah Yang Konon Katanya Bisa Membuat Putus Cinta

Mitos Kebun Raya Bogor
Jembatan Merah
Mitos kebun raya bogor pertama yang " cukup " menarik dikunjungi para wisatawan yaitu jembatan merah yang konon katanya bisa membuat sepasang kekasih yang berani melewatinya akan berakhir hubungannya.

Kabarnya, sudah ada banyak kisah sepasang kekasih yang kisah cintanya berakhir setelah nekat melewati jembatan yang berada di atas sungai ciliwung ini. Makanya sekarang, bagi sepasang kekasih yang percaya mitos ini tidak berani melewati jembatan ini.

Sejauh ini, memang belum diketahui kapan pertama kali mitos ini muncul. Namun yang pasti pada jaman perjajahan belanda, di sekitar jembatan ini pernah dipenuhi dengan mayat-mayat para pejuang kemerdekaan yang mati dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

BACA JUGA: 13+ Tempat Wisata Bogor Yang Mudah Dijangkau dan Harga Tiket Masuk!!

#2. Pohon Jodoh Yang Konon Katanya Bisa Membuat Hubungan Cinta Jadi Awet

Mitos Kebun Raya Bogor
Pohon Jodoh
Pohon jodoh adalah mitos kebun raya bogor yang sangat populer dikalangan para wisatawan, khususnya bagi para wisatawan muda. Pasalnya, pohon ini katanya bisa membuat hubungan cinta menjadi awet.

Sekilas, sepasang pohon ini memang terlihat sangat serasi sekali, sehingga banyak para wisatawan yang menyebut sepasang pohon ini dengan sebutan " lambang cinta dari bogor ". Namun uniknya, sepasang pohon ini bukan dari jenis yang sama.

Karena bukan dari jenis yang sama inilah yang membuat banyak orang menganggapnya sebagai " sepasang pengantin ", hingga akhirnya berkembang mitos " bagi siapa saja yang berada dibawahnya bersama pasangannya, maka hubungan cinta mereka akan awet sampai ke pernikahan ".

#3. Di Makam Ratu Galuh Mangku Alam, Yang Katanya di Jaga Oleh Sosok Harimau

Di sekitar tempat wisata ini terdapat sebuah makam yang dikeramatkan, yakni makam Ratu Galuh Mangku Alam, yaitu istri Prabu Siliwangi. Berdasarkan informasi, makam ini sudah ada sejak 600 tahun lalu.

Kenapa makam Ratu Galuh Mangku Alam ini dikeramatkan, karena konon katanya dijaga oleh seekor harimau, yang merupakan jelmaan Prabu Siliwangi.

Selain makam istri Prabu Siliwangi, di tempat wisata ini juga terdapat beberapa makam lainnya seperti makam Mbah Jepra yang dulunya dikenal sebagai panglima kerajaan pajajaran, dan makam Senopati Mbah Baul. 

#4. Danau Gunting

Mitos Kebun Raya Bogor
Danau Gunting
Danau Gunting di kebun raya bogor juga tidak bisa lepas dari yang namanya mitos. Pasalnya, di sekitar danau ini sering terlihat penampakan sosok hitam dan besar.

Selain penampakan sosok hitam dan besar, disekitar danau gunting juga sering terlihat penampakan sosok noni belanda, yang diduga adalah sosok " Olivia Mariamne Devenish " yang monumennya tidak jauh dari danau tersebut.

#5. Komplek Bekas Perumahan Belanda

Di belakang ujung pintu gerbang, terdapat sebuah jalur setapak yang menyuguhkan pemandangan pohon-pohon rindang. Hanya saja, disekitar tempat tersebut juga terdapat sebuah komplek bekas perumahan belanda yang tidak berpenghuni lagi.

Selain komplek bekas perumahan belanda yang tidak berpenghuni lagi, disekitar tempat tersebut juga terdapat sederet pemakaman kuno.

Makanya disekitar tempat ini jarang ada yang melewatinya, karena tempat ini memang dikenal angker. Dan mitos yang beredar konon katanya disekitar tempat ini sering terlihat penampakan hantu noni belanda.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa mitos kebun raya bogor yang justru menarik minat banyak wisatawan. Mitos tinggal mitos, semuanya kembali lagi kepada kepercayaan kita masing-masing. Baca juga 10+ (Air Terjun) Curug di Bogor Yang Bisa Berenang Dengan Bebas!!.