Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7+ Makanan Khas Kuantan Singingi (Kuansing - Riau) Yang Wajib Dicoba!!

Makanan khas Kuantan Singingi (Kuansing) berikut ini sangat wajib dicoba oleh para wisatawan yang sedang berkunjung ke Provinsi Riau. Seperti diketahui, Kuantan Singingi (Kuansing) adalah salah satu kabaputen di Provinsi Riau.

Kabupaten yang pusat pemerintahan berada di Kota Taluk Kuantan ini dikenal mempunyai beragam makanan yang lezat. Hanya saja, beberapa kuliner khas Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) ini sudah mulai sulit ditemukan.

Hal ini bisa dilihat dari sedikitnya rumah makan yang menyediakan menu makanan khas kabupaten berjuluk " Rantau Kuantan " ini. Lantas, apa saja makanan khas Kuantan Singingi (Kuansing)? Berikut ulasannya.

7+ Makanan Khas Kuantan Singingi (Kuansing - Riau) Yang Wajib Dicoba

#1. Konji Gisal

Konji Gisal adalah salah satu makanan khas dari Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) atau lebih tepatnya Kecamatan Gunung Toar. Bahan dasar pembuatan adalah tepung beras, santan kelapa, dan gula pasir.

Cara masaknya adalah tepung beras dan santan kelapa diaduk secara merata, kemudian adonan tersebut diletakan di dalam sebuah cetakan tradisional yang terbuat dari bahan-bahan besi yang sudah di lubangi.

Setelah itu adonan tersebut ditekan-tekan sampai keluar dari lubang tersebut dan membentuk seperti mie lidi. Langkah terakhir adalah merebus adonan tersebut hingga matang dan Konji Gisal siap disantap.

BACA JUGA: 12+ Tempat Wisata di Pasir Pengaraian (Rokan Hulu) Yang Menarik Dikunjungi

#2. Kue Talam

Makanan Khas Kuantan Singingi
Kue Talam
Makanan khas Kuantan Singingi (Kuansing) yang wajib dicoba berikutnya yaitu Kue Talam. Kue Talam ini dibuat dari bahan-bahan seperti tepung beras, tepung tapioka, tepung maizena, garam, gula merah, dan daun pandan.

Kue Talam merupakan sejenis kue lapis yang sangat populer di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) dan sekitarnya, khususnya pada saat bula ramadhan sebagai salah satu menu untuk berbuka puasa.

#3. Wajik Takiak

Makanan Khas Kuantan Singingi
Wajik Takiak
Wajik adalah salah satu kue khas Indonesia yang bahan dasarnya terbuat dari beras ketan. Kue Wajik ini bisa ditemukan di seluruh daerah di Provinsi Riau dan beberapa daerah lainnya di Indonesia seperti di Jawa Tengah.

Hanya saja, setiap daerah memiliki nama dan ciri-ciri yang berbeda-beda. Salah satu contohnya adalah Wajik Takiak dari Kuantan Singingi (Kuansing) yang terbuat dari beras ketan, gula merah, kelapa, dan garam.

#4. Galamai

Makanan Khas Kuantan Singingi
Galamai
Galamai adalah salah satu makanan ringan khas Kuantan Singingi (Kuansing) yang dibuat dari tepung beras, gula aren atau gula pasir, dan santan kelapa. Di daerah lain Galamai ini lebih dikenal dengan nama " Dodol ".

Dulunya, makanan yang satu ini biasanya dibuat untuk kebutuhan acara-acara besar seperti pesta pernikahan, pesta adat, menjelang hari raya, dan acara besar lainnya.

Namun sekarang, dodol khas Kuantan Singingi (Kuansing) ini sangat mudah ditemukan. Karena saat ini, Galamai ini sudah tersedia di beberapa pusat oleh oleh dalam bentuk kemasan sehingga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh.

#5. Kue Pinyaram

Makanan Khas Kuantan Singingi
Kue Pinyaram
Jika diperhatikan, sekilas Kue Pinyaram ini mirip sekali dengan Kue Cucur khas Betawi. Bahkan, bahan-bahan dasar untuk membuatnya pun tidak jauh berbeda yakni tepung beras putih, gula aren, dan santan kelapa.

Kemudian semua bahan-bahan tersebut dimasak secara bersama-sama di dalam sebuah tempat khusus yang berfungsi sebagai tempat cetakannya. Kue Pinyaram ini biasanya sangat mudah ditemukan pada hari-hari besar seperti hari raya dan lainnya.

#6. Lomang

Makanan Khas Kuantan Singingi
Lomang
Lemang atau Lomang adalah salah satu makanan khas Indonesia yang terbuat dari beras ketan, santan kelapa, dan garam. Yang khas dari makanan ini yaitu dimasak dengan mengunakan bambu, kemudian dibakar hingga matang.

Bambu yang digunakan bukanlah sembarangan bambu, melainkan bambu yang mempunyai kulit tipis, masih muda, dan beruas cukup panjang. 

Lemang atau Lomang ini biasanya lebih nikmat disantap selagi masih hangat. Ada beberapa daerah di Indonesia yang menjadikan lemang sebagai makanan khasnya, salah satunya adalah Kabupaten Kuantan Singingi.

#7. Kerupuk Sagu

Makanan khas Kuantan Singingi (Kuansing) yang wajib dicoba para wisatawan terakhir yaitu Kerupuk Sagu. Kerupuk Sagu adalah salah satu makanan ringan khas Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing - Riau).

Sesuai dengan namanya, kerupuk ini dibuat dari bahan dasar tepung sagu. Menariknya, Kerupuk Sagu ini sangat mudah ditemukan karena banyak diproduksi oleh masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing).

Akhir Kata

Nah itu dia beberapa makanan khas Kuantan Singingi (Kuansing) yang wajib dicoba oleh para wisatawan jika berkunjung ke Provinsi Riau. Baca juga beberapa tempat wisata di bangkinang (kampar).