Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7+ Makanan Khas Pesisir Selatan (Sumatera Barat) Yang Harus Disantap!!

Makanan khas Pesisir Selatan berikut ini harus disantap oleh para wisatawan yang saat ini sedang liburan di Provinsi Sumatera Barat. Seperti diketahui, Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Provinsi Sumatera Barat.

Kabupaten dengan ibukota di Kota Painan ini cukup dikenal dengan beberapa tempat wisatanya seperti Bukit Langkisau, Puncak Mandeh, Pantai Salido, Air Terjun Bayang Sani, dan masih banyak lagi lainnya.

Bukan hanya itu saja yang menarik di Kabupaten Pesisir Selatan ini, beberapa makanan khasnya juga cukup menarik untuk disantap oleh wisatawan. Lantas, apa saja makanan khas Pesisir Selatan (Sumatera Barat) yang harus disantap tersebut? Berikut ulasannya.

7+ Makanan Khas Pesisir Selatan (Sumatera Barat) Yang Harus Disantap

#1. Sate Lokan

Makanan Khas Pesisir Selatan
Sate Lokan
Makanan khas Pesisir Selatan (Sumatera Barat) yang harus disantap oleh wisatawan pertama yaitu Sate Lokan. Cara masak sate khas Kabupaten Pesisir Selatan ini kurang lebih sama dengan sate-sate pada umumnya.

Yang membedakan sate lokan dengan sate-sate pada umumnya hanya dari bahan dasar saja. Dimana sate ini dibuat dari bahan dasar daging lokan, yaitu sejenis kerang yang biasanya hidup di perairan-perairan yang berlumpur.

Cara penyajiannya pun hampir sama dengan sate-sate pada umumnya di Indonesia yaitu disajikan dengan piring beralas daun pisang, ketupat yang disiram dengan kuah sate kental berwarna merah kecokelat-cokelatan.

BACA JUGA : 18+ Tempat Wisata di Painan (Pesisir Selatan - Sumatera Barat) Yang Menarik Dikunjungi!!

#2. Palai Bada

Makanan Khas Pesisir Selatan
Palai Bada
Makanan khas Pesisir Selatan (Sumatera Barat) yang harus disantap oleh wisatawan berikutnya yaitu Palai Bala. Biasanya, makanan khas yang satu ini dijadikan sebagai lauk pauk dan disajikan dengan nasi putih.

Palai Bada ini sangat mirip dengan pepes ikan. Yang membedakannya adalah Palai Bada ditambah dengan parutan kelapa dan rempah-rempah yang dibungkus dengan daun pisang kemudian dibakar diatas bara api.

Palai Bada mempunyai dua varian rasa, yang pertama yaitu Palai Bada berwarna kuning yang terbuat dari kunyit, dan yang kedua yaitu Palai Bada berwarna merah dengan citarasa yang " cukup " pedas. 

#3. Randang Lokan

Makanan Khas Pesisir Selatan
Randang Lokan
Selain Sate Lokan, ada satu lagi makanan khas Painan yang bahan dasarnya terbuat dari daging lokan, yaitu Randang Lokan yaitu sejenis kerang yang biasanya hidup di perairan-perairan yang berlumpur seperti rawa dan sungai.

Randang Lokan ini mempunyai citarasa yang sangat nikmat karena daging lokan memiliki tekstur yang kenyal dan empuk. Sehingga tidak heran jika rendang khas Kabupaten Pesisir Selatan ini cukup banyak diminati.

#4. Teh Talua (Teh Telur)

Makanan Khas Pesisir Selatan
Teh Talua (Teh Telur)
Bukan hanya makanan, Kabupaten Pesisir Selatan di Sumatera Barat juga mempunyai minuman khas yang wajib disantap yaitu Teh Telur, atau oleh masyarakat sekitar lebih dikenal dengan nama " Teh Talua ".

Sesuai dengan namanya, Teh Talua (Teh Telur) ini dibuat dari bahan dasar telur itik atau telur ayam kampung yang dicampur dengan teh, susu, dan gula pasir. Dan biasanya, Minuman khas Pesisir Selatan ini disajikan dengan berbagai bentuk yang unik.

Salah satu bentuk unik dari Teh Talua (Teh Telur) adalah Teh Talua (Teh Telur) Balenggek yaitu Teh Talua (Teh Telur) empat tingkat.

#5. Pinukuik Batang Kapas

Pinukuik Batang Kapas adalah kue khas Kabupaten Pesisir Selatan yang mirip dengan Pancake. Yang membedakan diantara keduanya yaitu cara penyajian dan bahan baku pembuatannya yang terbuat dari tepung terigu, kelapa, gula, dan vanili.

Uniknya, kue ini tidak mengunakan api secara langsung untuk memasaknya, melainkan mengunakan bara api yang terbuat dari serabut kelapa. Biasanya, kue ini disantap dengan segelas teh atau kopi hangat.

#6. Mangkuak Badeta Batang Kapas

Makanan Khas Pesisir Selatan
Mangkuak Badeta Batang Kapas
Selain Pinukuik Batang Kapas, ada satu lagi kue khas Kabupaten Pesisir Selatan yaitu Mangkuak Badeta Batang Kapas. Cara masaknya adalah dikukus dengan mengunakan cetakan yang terbuat dari tempurung kelapa.

Mangkuak Badeta Batang Kapas ini dibuat dari bahan dasar tepung terigu dan gula aren yang dicampur dengan santan, gula pasir, dan beberapa bahan lainnya. Kemudian ditambah dengan deta yaitu hasil dari percikan santan yang sudah diparut.

#7. Putu Kambang

Makanan khas Pesisir Selatan (Sumatera Barat) yang harus disantap oleh wisatawan terakhir yaitu Putu Kambang. Sesuai dengan namanya, Putu Kambang adalah kue putu khas Kabupaten Pesisir Selatan di Sumatera Barat.

Sayangnya, Putu Kambang termasuk salah satu kue yang cukup susah dicari alias sudah langka sekarang ini di Kabupaten Pesisir Selatan dan sekitarnya. Dan hanya bisa ditemukan di pasar-pasar tradisional saja.

Akhir Kata

Nah itu dia beberapa makanan khas Pesisir Selatan yang harus disantap oleh para wisatawan ketika sedang berlibur di Provinsi Sumatera Barat. Baca juga beberapa tempat wisata di Solok (Sumatera Barat).