Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Air Terjun Tiu Kelep (Lokasi, Harga Tiket Masuk, Dan Mitos)

Air Terjun Tiu Kelep adalah salah satu tujuan wisata di Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Air Terjun Tiu Kelep
Air Terjun Tiu Kelep
Seperti diketahui, Pulau Lombok adalah salah satu pulau di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Pulau yang terbagi menjadi menjadi empat kabupaten dan satu kota ini sudah cukup lama dikenal dengan beberapa tempat wisatanya yang menarik.

Mulai dari wisata pegunungan seperti Taman Nasional Gunung Rinjani, hingga wisata pantai seperti Pantai Senggigi ada di pulau ini. Disamping itu, Pulau Lombok juga cukup dikenal dengan sejumlah wisata air terjun.

Dan salah satu wisata air terjun di Pulau Lombok yang cukup dikenal dikalangan para wisatawan, karena pesonanya adalah Air Terjun Tiu Kelep. Berikut ulasannya

Air Terjun Tiu Kelep (Lokasi, Harga Tiket Masuk, Dan Mitos)

#1. Lokasi

Air Terjun Tiu Kelep adalah salah satu objek wisata alam yang berada di kaki Gunung Rinjani, atau lebih tepatnya berada di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Disamping itu, lokasi air terjun ini berada di salah satu jalur pendakian paling populer menuju ke Gunung Rinjani yang ada di Desa Senaru. Jadi, ketika mendaki Gunung Rinjani, tidak ada salahnya mampir dulu ke air terjun ini.

Selain itu, sebelum sampai ke lokasi air terjun ini, para wisatawan juga akan melewati Air Terjun Sendang Gile, yaitu salah satu air terjun di kaki Gunung Rinjani yang juga sangat indah dan mempesona.

BACA JUGA: 7+ Air Terjun di Lombok Barat

#2. Rute

Untuk menuju ke lokasi Air Terjun Tiu Kelep ini, para wisatawan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 45 menit dari Air Terjun Sendang Gile.

Sedangkan untuk menuju ke lokasi Air Terjun Sendang Gile, para wisatawan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 15 menitan dari pintu gerbang pendakian Gunung Rinjani yang ada di Desa Senaru.

Sedangkan dari Kota Mataram ke Desa Senaru membutuhkan waktu perjalanan sekitar 2,5 jam mengunakan kendaraan. Jika mengunakan angkutan umum, bisa memilih jalur Lendang Bajur di Gunung Sari yang langsung menuju ke Desa Senaru.

Namun jika mengunakan kendaraan pribadi, atau menyewa kendaraan sendiri, lebih baik memilih jalur pesisir barat yang melewati Pantai Senggigi dan Bukit Malibu. Disamping waktu tempuhnya hanya sekitar 2 jam, pemandangan sepanjang perjalanan juga sangat menggagumkan.

#3. Fasilitas Pendukung

Kalau ditanya tentang fasilitas pendukung di lokasi air terjun ini? Jawabannya belum ada selain papan ucapan selamat datang. Hal ini mungkin dikarenakan air terjun ini bukanlah objek wisata utama di Gunung Rinjani.

Hampir semua fasilitas pendukung seperti penginapan, warung makan, dan lainnya hanya bisa ditemukan di area jalur pendakian Gunung Rinjani. Karena di tempat wisata ini, Gunung Rinjani adalah objek wisata utamanya.

Namun di sekitar lokasi Air Terjun Sendang Gile sudah tersedia beberapa warung kecil yang menjual beberapa jenis makanan dan minuman.

#4. Harga Tiket Masuk

Para wisatawan bisa mengunjungi air terjun ini kapan saja, namun sangat tidak disarankan mengunjunginya di malam hari. Untuk para wisatawan yang datang dari jauh, sangat disarankan menyewa hotel atau penginapan.

Untuk harga sewa hotel dan penginapan terganung kualitas, namun untuk harga tiket masuk ke air terjun ini umumnya sebesar Rp 10.000/orang, dan untuk biaya parkir kendaraan hanya 5.000/perkendaraan.

#5. Mitos Air Terjun Tiu Kelep

Kurang lebih sama dengan Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak yang konon katanya dihuni dan dikuasai oleh Dewi Anjani, air terjun ini juga mempunyai mitos yang diyakini dan dipercaya oleh penduduk setempat.

Konon katanya, bagi siapa saja yang mandi di air terjun ini diyakini dan dipercaya bisa membuat awet muda. Perlu diketahui juga, dalam bahasa penduduk setempat, tiu berarti kolam, sedangkan kelep berarti terbang, jadi Tiu Kelep adalah kolam terbang.

Akhir Kata

Nah, itu dia ulasan mengenai tentang wisata Air Terjun Tiu Kelep lengkap dengan lokasi, rute, fasilitas pendukung, harga tiket masuk, dan mitosnya. Baca juga beberapa tempat wisata air terjun di Lombok Tengah