Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Makanan Khas Bawean (Jawa Timur) Yang Gurih dan Lezat!!

Makanan khas Bawean berikut ini sangat wajib disantap oleh para wisatawan ketika sedang jalan-jalan ke Jawa Timur. Perlu diketahui, Bawean adalah sebuah pulau kecil yang terletak sekitar 120 kilometer di utara Kabupaten Gresik di Jawa Timur.

Pulau seluas 197 kilometer persegi yang secara administratif masuk ke dalam wilayah Kabupaten Gresik di Jawa Timur ini cukup populer sebagai salah satu tujuan wisata di Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Bukan hanya itu saja, pulau terbagi menjadi dua kecamatan yakni Kecamatan Sangkapura dan Kecamatan Tambak ini juga memiliki beberapa makanan khas yang gurih dan lezat. Lantas, apa saja makanan khas Bawean tersebut? Berikut ulasannya. 

10+ Makanan Khas Bawean (Jawa Timur) Yang Gurih dan Lezat

#1. Koncok-Koncok

Makanan Khas Bawean
Koncok-Koncok
Makanan khas Bawean yang gurih dan lezat pertama yaitu Koncok-Koncok. Dilihat dari namanya sangat unik sekali, sehingga tidak heran jika banyak orang yang penasaran dan ingin mencicipi makanan ini.

Arti dari nama " Koncok-Koncok " sendiri yaitu di bagian ujung. Dinamakan demikian karena makanan ini biasanya atau kebanyakan dibuat dari bahan dasar ikan laut yang hanya diambil bagian ujungnya saja.

Biasanya, makanan ini disajikan dengan sambal khas Pulau Bawean atau bisa juga disajikan dengan sambal saos yang banyak dijual di warung atau supermarket.

BACA JUGA: 33+ Tempat Wisata di Lamongan (Jawa Timur) Yang Menarik Dikunjungi!!

#2. Kella Celok

Makanan Khas Bawean
Kella Celok
Makanan khas Bawean yang gurih dan lezat berikutnya yaitu Kella Celok atau sering juga disebut " Ikan Kuah Kuning ". Sesuai dengan namanya, bahan dasar pembuatan makanan yang satu ini adalah daging ikan. 

Dan untuk kuahnya mengunakan beragam rempah-rempah khas Indonesia seperti bawang merah, bawang putih, cabai, ketumbar, laos, kunyit, merica, terasi, dan lain sebagainya.

Kelezatan Ikan Kuah Kuning khas Pulau Bawean ini sangat berbeda dengan Ikan Kuah Kuning dari daerah lainnya di Indonesia, dan Makanan ini sangat cocok disantap di siang hari, karena citarasanya sangat menyegarkan.

#3. Lumpang

Makanan Khas Bawean
Lumpang
Lumpang adalah salah satu kue khas Pulau Bawean di Jawa Timur yang wajib dicicipi oleh para wisatawan jika sedang berkunjung ke pulau yang sering juga disebut dengan nama " Pulau Putri " ini.

Pasalnya, kue yang terbuat dari tepung beras, air daun pandan, air kapur dan garam ini hanya bisa ditemukan di Pulau Bawean saja. Dan biasanya, kue ini ditaburi dengan parutan kelapa dan gula aren.

#4. Kerupuk Ikan Khas Pulau Bawean

Sesuai dengan namanya, kerupuk ikan khas Pulau Bawean ini terbuat dari bahan dasar ikan seperti ikan tuna, ikan tenggiri, dan lainnya. Namun yang terkenal adalah kerupuk ikan yang berbahan dasar ikan tuna.

Biasanya, kerupuk ikan ini sering dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang oleh para wisatawan. Ada dua varian kerupuk ikan khas Pulau Bawean ini, yakni kerupuk ikan yang sudah matang dan yang masih mentah.

Jika ingin membeli kerupuk ikan khas Pulau Bawean yang sudah matang bisa langsung dibeli dalam bentuk kemasan. Namun yang mentah biasanya dijual kiloan, sehingga harus ditimbang dulu untuk membelinya.

#5. Empek-Empek Khas Pulau Bawean

Bukan hanya Kota Palembang di Sumatera Selatan saja yang mempunyai makanan khas bernama " Empek-Empek ", Pulau Bawean di Jawa Timur pun juga memiliki makanan khas bernama " Empek-Empek ".

Hanya saja, walaupun memiliki nama yang sama, namun antara Empek-Empek khas Kota Palembang dan Empek-Empek khas Pulau Bawean memiliki citarasa yang berbeda.

Di Pulau Bawean, Empek-Empek ini sering dijadikan sebagai cemilan yang sering disantap dengan mengunakan saos. Biasanya, cemilan khas Pulau Bawean ini sangat mudah ditemukan di kawasan wisata pantai. 

#6. Petis Khas Pulau Bawean

Makanan Khas Bawean
Petis
Makanan khas Bawean yang gurih dan lezat selanjutnya yaitu Petis khas Pulau Bawean. Buat yang belum tahu, Petis adalah salah satu menu sampingan (tambahan) khas Indonesia yang diolah mirip seperti saos tapi agak padat.

Petis khas Pulau Bawean ini sangat terkenal dengan citarasa yang lezat. Citasara yang lezat tersebut didapatkan dari bahan utama pembuatannya, dimana diketahui bahan utama pembuatanya adalah ikan laut.

Menariknya lagi, petis khas Pulau Bawean ini bisa bertahan lama dan dijual dalam kemasan yang bagus, sehingga bisa dibeli untuk dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang oleh para wisatawan.

#7. Posot-Posot Khas Pulau Bawean

Makanan Khas Bawean
Posot-Posot
Dari bentuknya yang lonjong-lonjong, mungkin kamu sudah mengenal makanan yang satu ini. Ya! Posot-Posot adalah salah satu kerupuk khas Indonesia yang terbuat dari bahan dasar ikan laut seperti ikan tongkol, ikan tenggiri, dan lainnya.

Kerupuk ini sangat enak dijadikan sebagai cemilan. Disamping itu, harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau, sehingga tidak heran jika kerupuk ini sering diborong oleh para wisatawan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

#8. Tono-Tono Jhukok

Tono-Tono Jhukok atau dalam bahasa Indonesia berarti " Ikan Bakar " adalah salah satu menu makanan yang sering disantap oleh masyarakat Pulau Bawean dan sekitarnya.

Berbeda dengan daerah lainnya di Indonesia, Ikan Bakar (Tono-Tono Jhukok) khas Pulau Bawean ini memiliki citarasa yang sangat khas. Hal ini dikarenakan ikan yang digunakan masih segar hasil dari tangkapan para nelayan.

#9. Tomes

Makanan Khas Bawean
Tumes
Walaupun namanya mirip dengan tumis, namun cara masak makanan yang satu ini bukanlah di tumis. Disamping itu, makanan ini juga mempunyai kuah yang segar.

Makanan ini dibuat dari bahan dasar ikan yang diberi bumbu beragam rempah-rempah khas Indonesia seperti bawang putih, bawang merah, kemiri, cabai yang membuat kuahnya berwarna merah, dan lainnya.

#10. Nasek Ghulung

Makanan khas Bawean (Jawa Timur) yang gurih, dan lezat terakhir yaitu Nasek Ghulung (Nasi Gulung). Pada jaman dulu, Nasek Ghulung (Nasi Gulung) adalah menu favorit para nelayan untuk dijadikan bekal.

Hal ini dikarenakan Nasek Ghulung (Nasi Gulung) bisa bertahan lama yakni kurang lebih 3 hari. Disamping itu, proses membuatnya juga cukup mudah, dan bahan utamanya hanya beras dan daun pisang.

Hanya saja, agar bisa bertahan lama, yakni kurang lebih 3 hari, memasak Nasek Ghulung (Nasi Gulung) ini harus lama. Dan juga untuk menghasilkan citarasa yang lezat harus mengunakan kayu bakar untuk memasaknya. 

Akhir Kata

Nah, itu dia beberapa makanan khas Bawean (Jawa Timur) yang gurih, lezat, dan wajib disantap oleh para wisatawan ketika sedang jalan-jalan ke Jawa Timur. Baca juga beberapa wisata air terjun di Tuban (Jawa Timur).