Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12+ Makanan Khas Polewali Mandar (Sulbar) Yang Harus Dicoba!!

Makanan khas Polewali Mandar berikut ini harus dicoba oleh para wisatawan yang sedang menghabiskan waktu liburannya di Sulawesi Barat (Sulbar). Seperti diketahui, Polewali Mandar adalah sebuah kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat.

Kabupaten yang pusat pemerintahannya berada di Kota Polewali ini dikenal cukup banyak mempunyai tempat wisata yang pasti menarik dikunjungi para wisatawan.

Disamping tempat wisatanya, Kabupaten berjuluk " Sipamandaq " ini juga memiliki beberapa makanan khas yang enak dan lezat. Lantas, apa saja makanan khas Polewali Mandar (Sulbar) yang harus dicoba tersebut? Berikut ulasannya.

12+ Makanan Khas Polewali Mandar (Sulbar) Yang Harus Dicoba

#1. Apang

Makanan Khas Polewali Mandar
Apang
Makanan khas Polewali Mandar (Sulbar) yang harus dicoba para wisatawan pertama yaitu Apang. Apang adalah salah satu kue khas Polewali Mandar yang berbentuk segitiga dan berwarna cokelat.

Kue ini dimasak dengan cara dikukus disebuah cetakan kue, dan bahan utamanya adalah tepung beras yang dicampur dengan gula aren, serta ditaburi parutan kelapa muda sehingga citarasanya sangat empuk di lidah.

Jaman dulu, adonan kue ini sering dicampur dengan tuak manis supaya adonannya bisa lebih mengembang dengan sempurna. Namun sekarang, kebanyakan adonan kue ini dicampur dengan baking powder sebagai penganti tuak manis tersebut.

BACA JUGA: 6+ Makanan Khas Buton Yang Nikmatnya Tidak Main-Main!!

#2. Bolu Paranggi

Makanan Khas Polewali Mandar
Bolu Paranggi
Makanan khas Polewali Mandar (Sulbar) yang harus dicoba para wisatawan berikutnya adalah Bolu Paranggi. Bolu Paranggi adalah kue bolu khas Polewali Mandar yang bentuknya mirip seperti mangkok kecil.

Kue ini dibuat dari bahan dasar tepung terigu, dan gula aren, sehingga sangat lembut dan legit di mulut. Biasanya, kue ini banyak dijual di pasar-pasar tradisional, atau warung-warung kecil di pinggir jalan.

#3. Kue Cucur

Kabarnya, Kue Cucur adalah salah satu kue khas Polewali Mandar paling enak di Sulawesi Barat. Sehingga tidak heran jika kue ini selalu ada setiap acara-acara besar seperti acara pernikahan, dan acara lainnya.

Kue Cucur ini dibuat dari bahan dasar tepung beras dan gula merah yang digoreng menggunakan minyak kelapa khas Polewali Mandar. 

#4. Bau Peapi

Bau Peapi adalah makanan yang cocok bagi yang suka dengan makanan bercitarasa pedas. Bentuknya mirip seperti sup pada umumnya yang di dalamnya dipadukan dengan hidangan seafood dan sedikit mie.

Sedangkan kuah dari makanan ini terbuat dari berbagai rempah-rempah khas Indonesia yang kemudian dicampur dengan bumbu khas Sulawesi Tengah. Biasanya, makanan ini disantap bersama dengan nasi putih.

#5. Sambusa

Makanan Khas Polewali Mandar
Sambusa
Sambusa adalah salah satu jenis gorengan khas Sulawesi Barat (Sulbar). Cara masak dan bahan-bahan pembuatannya kurang lebih sama dengan gorengan-gorengan pada umumnya yang ada di Indonesia.

Yang membuat gorengan ini istimewa adalah isiannya. Dimana, gorengan sambusa biasanya diisi dengan daging ikan yang lezat. Dan gorengan ini sangat laris manis di Sulawesi Barat sebagai salah satu cemilan ketika berwisata. 

#6. Kue Paso

Makanan Khas Polewali Mandar
Kue Paso
Dalam bahasa mandar, kata " paso " berarti " paku ", jadi " Kue Paso " berarti " Kue Paku ". Dinamakan sebagai Kue Paso atau Kue Paku karena dibagian ujungnya atau kaki kue ini berbentuk lancip.

Walaupun memiliki nama yang sedikit aneh, namun kue yang dibuat dari tepung beras, santan, dan gula aren cair ini sangat disukai di Provinsi Sulawesi Barat, khususnya di Kabupaten Polewali Mandar dan sekitarnya.

#7. Kui-Kui

Makanan Khas Polewali Mandar
Kui-Kui
Kue Buroncong sangat terkenal dan sangat mudah ditemukan di hampir semua daerah di Pulau Sulawesi. Namun di Kabupaten Polewali Mandar dan sekitarnya, kue mirip Kue Buroncong disebut Kui-Kui.

Kui-Kui ini dibuat dari tepung beras, gula merah, dan parutan kelapa muda. Kurang lebih sama dengan Kue Buroncong, Kui-Kui dimasak disebuah cetakan kue yang sebelumnya dipanaskan dengan bara api terlebih dulu.

#8. Kue Mandah

Makanan khas Polewali Mandar (Sulbar) yang harus dicoba para wisatawan selanjutnya yaitu Kue Mandah. Kurang lebih sama dengan Kue Apang, Kue Mandah juga dibuat dari tepung beras, dan gula aren.

Cara masaknya pun kurang lebih sama dengan Kue Apang, yaitu tepung beras dikukus, dan dicampur dengan gula aren, serta dibagian atasnya diberi sedikit topping dari taburan parutan kelapa muda.

#9. Roti Pawa

Makanan Khas Polewali Mandar
Roti Pawa
Roti Pawa adalah roti khas Polewali Mandar yang berbentuk bulat pipih dan berwarna kuning gading. Roti ini dibuat dari bahan dasar tepung terigu dan tepung beras yang dimasak dengan cara di kukus.

Yang menarik dari roti ini yaitu terdapat kacang halus bercampur gula merah dan gula pasir di bagian dalamnya, sehingga akan menimbulkan kejutan yang legit ketika pertama kali mengigit Roti Pawa ini.

#10. Tetu

Makanan Khas Polewali Mandar
Tetu
Tetu adalah salah satu kue khas Polewali Mandar yang banyak ditemukan pada bulan puasa atau bulan ramadhan, karena kue ini merupakan salah satu menu favorit masyarakat di Polewali Mandar untuk berbuka puasa.

Bahan-bahan pembuatan kue ini di antaranya adalah tepung terigu, gula merah, gula pasir, santan yang encer, santan yang kental, dan daun pandan digunakan sebagai cetakannya.

#11. Bikang

Makanan Khas Polewali Mandar
Bikang
Serabi adalah salah satu makanan khas Indonesia yang bisa ditemukan di hampir semua daerah di Indonesia, termasuk juga di Kabupaten Polewali Mandar (Sulawesi Barat).

Hanya saja, serabi di Kabupaten Polewali Mandar ini biasanya disebut dengan nama " Bikang " oleh penduduk lokal. Bahan utama pembuatan kue ini adalah tepung beras dan disajikan dengan gula aren cair.

#12. Kue Jepa

Makanan khas Polewali Mandar (Sulbar) yang harus dicoba para wisatawan terakhir yaitu Kue Jepa. Kue Jepa adalah salah satu kue khas Polewali Mandar yang terbuat dari sagu, atau bisa juga dibuat dari singkong.

Kue Jepa ini sangat cocok bagi mereka yang suka dengan makanan-makanan manis, karena di dalam kue ini diisi dengan gula aren, sehingga citarasa dari lebih legit.

Akhir Kata

Nah, itu dia beberapa makanan khas Polewali Mandar yang harus dicoba oleh para wisatawan ketika menghabiskan waktu liburannya di Sulawesi Barat (Sulbar). Baca juga ulasan tentang upacara Rambu Solok.