Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7+ Makanan Khas Tapanuli Selatan Yang Direkomendasikan Untuk Dicicipi!!

Makanan khas Tapanuli Selatan berikut ini sangat direkomendasikan untuk dicicipi para wisatawan yang sedang liburan di Provinsi Sumatera Utara. Perlu diketahui, Tapanuli Selatan adalah sebuah kabupaten di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Kabupaten yang beribukota di Kota Sipirok ini memang cukup dikenal dengan sejumlah tempat wisatanya seperti Danau Siais, Aek Sijorni, Air Terjun Silima-lima, Bukit Tor Simago-mago, dan masih banyak lagi lainnya.

Disamping itu, Kabupaten Tapanuli Selatan juga memiliki beberapa kuliner khas yang enak dan lezat. Lantas, apa saja makanan khas Tapanuli Selatan yang diirekomendasikan untuk dicicipi tersebut? Berikut ulasannya

7+ Makanan Khas Tapanuli Selatan Yang Direkomendasikan Untuk Dicicipi

#1. Hollat

Makanan Khas Tapanuli Selatan
Hollat
Makanan khas Tapanuli Selatan yang direkomendasikan untuk dicicipi para wisatawan pertama yaitu Hollat. Hollat adalah salah satu makanan yang sering dihidangkan untuk raja-raja pada jaman kerajaan dulu.

Bahan-bahan untuk membuat makanan ini di antaranya adalah daging ikan (biasanya daging ikan mas), ujung kayu rotan muda, dan kayu balakka, yaitu salah satu jenis kayu yang hanya ada di Kabupaten Tapanuli Selatan.

Hanya saja, tidak sembarangan orang bisa membuat makanan ini, dan ada aturan khusus yang harus diikuti untuk membuatnya. Jika tidak sesuai dengan aturannya tersebut, maka citarasanya akan menjadi kelat.

BACA JUGA: 14+ Tempat Wisata di Sipirok (Tapanuli Selatan)

#2. Lappet

Makanan Khas Tapanuli Selatan
Lappet
Makanan khas Tapanuli Selatan yang direkomendasikan untuk dicicipi para wisatawan berikutnya yaitu Lappet. Lappet adalah salah satu jenis jajanan yang banyak ditemukan di semua wilayah Provinsi Sumatera Utara, termasuk juga di Kabupaten Tapanuli Selatan.

Jajanan khas Provinsi Sumatera Utara ini terbuat dari tepung beras, gula merah, dan parutan kelapa yang dibungkus dengan mengunakan daun pisang, dan dibentuk seperti limas, kemudian dikukus sampai matang.

#3. Arsik

Makanan Khas Tapanuli Selatan
Arsik
Sama seperti Hollat, Asrik juga merupakan salah satu jenis kuliner di Kabupaten Tapanuli Selatan yang bahan utama pembuatannya mengunakan daging ikan seperti daging ikan mas, ikan kembung, ikan kakap, dan lainnya.

Namun pada umumnya, makanan ini diolah mengunakan daging ikan mas. Makanya terkadang makanan ini disebut juga dengan nama " Ikan Mas Bumbu Kuning ".

Lebih menariknya lagi, sebagian bumbu yang digunakan untuk mengolah makanan ini adalah bumbu-bumbu khas Provinsi Sumatera Utara seperti kamuliman, asam cikala (buah kecombrang), dan lain sebagainya.

#4. Ikan Bakar Sinyarnyar

Makanan Khas Tapanuli Selatan
Ikan Bakar Sinyarnyar
Sesuai dengan namanya, Ikan Bakar Sinyarnyar adalah salah satu jenis ikan bakar khas Kabupaten Tapanuli Selatan yang berbeda dengan jenis ikan bakar pada umumnya yang ada beberapa daerah lainnya di Indonesia.

Perbedaan Ikan Bakar Sinyarnyar dengan jenis ikan bakar pada umumnya dikarenakan ada tambahan bumbu khusus pada ikan bakar ini, yaitu bumbu sinyarnyar. Dan bahan utama pembuatannya adalah daging ikan mas.

#5. Daging Bakar Sambal Asam

Dilihat secara sekilas, makanan yang satu ini mirip seperti Dendeng Balado yang biasanya disajikan di rumah makan padang. Bedanya, daging pada makanan ini biasanya di potong berukuran kecil-kecil.

Biasanya, daging yang digunakan untuk membuat makanan ini adalah daging sapi atau daging kerbau yang disajikan dengan sambal asam, rajangan bawang  merah, dan disantap dengan nasi putih.

#6. Pakkat

Selain Hollat, ada satu lagi jenis kuliner di Kabupaten Tapanuli Selatan yang mengunakan pucuk rotan yaitu Pakkat. Dulu, makanan ini hanya bisa ditemukan pada acara-acara besar dan pada bulan ramadhan saja.

Namun sekarang sudah ada beberapa restoran dan rumah makan di Kabupaten Tapanuli Selatan yang menjadikan Pakkat sebagai salah satu menunya. Biasanya, makanan ini disajikan dengan lalapan dan nasi putih panas.

7. Ombus-Ombus

Makanan Khas Tapanuli Selatan
Ombus-Ombus
Ombus-Ombus ini sebenarnya berasal dari Kabupaten Tapanuli Utara atau lebih tepatnya di Kecamatan Siborongborong. Hanya saja, makanan bercitarasa manis ini juga banyak ditemukan di Kabupaten Tapanuli Selatan.

Sehingga, makanan yang terbuat dari tepung beras dan gula merah ini juga termasuk salah satu makanan khas Kabupaten Tapanuli Selatan yang direkomendasikan untuk dicicipi oleh para wisatawan.

Menariknya, jajanan ini selalu disajikan pada acara-acara adat batak. Dan nama " Ombus-Ombus " sendiri terinspirasi dari cara pembuatan jajanan ini. Dimana konon katanya, jajanan ini harus dibuat dengan tiupan atau hembusan.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa makanan khas Tapanuli Selatan yang direkomendasikan untuk dicicipi para wisatawan. Semoga artikel ini bermamfaat dan baca juga artikel mengenai beberapa makanan khas Tapanuli Utara.