Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15+ Sungai Terpanjang di Benua Amerika (Lengkap Dengan Lokasinya)

Sungai terpanjang di Benua Amerika berikut ini sangat wajib diketahui, khususnya bagi wisatawan yang ingin menjelajahi benua ini. Seperti diketahui, amerika adalah benua terluas kedua setelah benua asia.

Dimana diketahui, luas Benua Amerika mencapai lebih dari 42 juta kilometer persegi. Sehingga tidak heran jika di benua yang dijuluki sebagai " Benua Merah " ini terdapat sumber daya alam yang sangat melimpah.

Salah satu sumber daya alam yang banyak di Benua Amerika adalah sungai-sungai yang sangat panjang. Lantas, apa saja sungai terpanjang di Benua Amerika tersebut? Berikut ulasannya lengkap dengan lokasinya.

15+ Sungai Terpanjang di Benua Amerika (Lengkap Dengan Lokasinya)

#1. Sungai Amazon - 6.992 km 

Sungai Terpanjang di Benua Amerika
Sungai Amazon
Sungai terpanjang di Benua Amerika yang pertama yaitu Sungai Amazon dengan panjang kurang lebih 6.992 kilometer. Selain itu, Sungai Amazon juga masuk sebagai sungai terpanjang kedua di dunia setelah Sungai Nil.

Sungai Amazon bersumber dari Pegunungan Andes dekat dengan Samudra Pasifik, dan bermuara di Samudra Atlantik. Aliran airnya melewati beberapa negara Amerika Selatan, yakni Peru, Brasil, Kolombia, Ekuador, dan Bolivia.

Selain dikenal dengan ukurannya yang panjang, Sungai Amazon juga terkenal dengan ikannya seperti Ikan Piranha (ikan terganas di dunia), dan Ikan Arapaima atau Ikan Piracuru (Ikan air tawar terbesar di dunia).

BACA JUGA: 10+ Sungai Terpanjang di Benua Eropa (Mulai Dari Sungai Volga Hingga Sungai Dniester)

#2. Sungai Parana - 4.880 km

Sungai Terpanjang di Benua Amerika
Sungai Parana
Sungai terpanjang di Benua Amerika berikutnya yaitu Sungai Parana dengan panjang total 4.880 kilometer. Sungai yang namanya diambil dari bahasa Spanyol ini berada di Negara Brasil, Paraguay, dan Argentina.

Sungai Parana ini bersumber dari beberapa sungai lainnya di antaranya adalah Sungai Paranaiba dan Sungai Grande yang berada di selatan negara Brasil, serta Sungai Iguazu di perbatasan antara negara Paraguay, dan Argentina.

#3. Sungai Missouri - 3.767 km

Sungai Terpanjang di Benua Amerika
Sungai Missouri
Sungai Missouri adalah sungai terpanjang di Amerika Serikat dengan panjang sekitar 3.767 kilometer. Sungai Missouri adalah anak Sungai Mississippi yang bersumber di Pegunungan Rocky di Montana (Amerika Serikat).

Sungai Missouri ini mengalir di daratan paling kering di Amerika Utara, sehingga keberadaan sungai ini sangat penting bagi suku asli yang mendiami daratan paling kering tersebut sebagai sumber air bersih, dan keperluan lainnya.

#4. Sungai Mississippi - 3.730 km

Sungai Terpanjang di Benua Amerika
Sungai Mississippi
Berikutnya ada Sungai Mississippi dengan panjang kurang lebih 3.730 kilometer. Nama " Sungai Mississippi " sendiri diambil dari bahasa penduduk asli amerika yang yang berarti " Sungai Bapak Air "

Sama seperti Sungai Missouri, Sungai Mississippi ini juga terletak di Amerika Utara, dimana airnya bersumber dari Danau Itasca di Minnesota (Amerika Serikat) dan bermuara di Teluk Meksiko (Laut Karibia).

Disamping dikenal sebagai salah satu ikon negara Amerika Serikat, Sungai Mississippi juga dikenal sebagai rumah bagi berbagai jenis hewan di antaranya adalah 260 jenis ikan, 326 jenis unggas, 60 jenis kerang, 50 jenis mamalia, 145 jenis reptil dan amfibi.

#5. Sungai Jurua - 3.350 km

Sungai Terpanjang di Benua Amerika
Sungai Jurua
Sebagian besar sungai ini mengalir melewati hutan Ecoregion Purus Varzea dan melewati dua negara Amerika Selatan sekaligus yaitu Brasil dan Peru dengan panjang kurang lebih 3.350 kilometer.

Sungai Jurua adalah salah satu anak Sungai Amazon yang bersumber di Ucayali, yaitu sebuah wilayah semacam provinsi atau negara bagian di Negara Peru.

#6. Sungai Purus - 3.211 km

Sungai Purus memiliki karakteristik yang mirip seperti Sungai Jurua. Hal ini dikarenakan Sungai Purus dan Sungai Jurua sama-sama merupakan anak Sungai Amazon. Disamping itu, kedua sungai ini juga sama-sama berada di Brasil dan Peru. 

Bukan hanya itu saja, Sungai Purus dan Sungai Jurua juga sama-sama bersumber dari wilayah yang sama yakni Ucayali (sebuah wilayah semacam provinsi atau negara bagian di Negara Peru). Panjang Sungai Purus adalah 3.211 kilometer. 

#7. Sungai Yukon - 3.190 km

Sungai Terpanjang di Benua Amerika
Sungai Yukon
Sungai terpanjang di Benua Amerika selanjutnya yaitu Sungai Yukon dengan panjang sekitar 3.190 kilometer. Sungai ini bersumber di Danau Atlin (British Columbia - Kanada) dan bermuara di Laut Bering (Alaska - Amerika Serikat).

Berdasarkan catatan sejarah, Sungai Yukon pernah menjadi salah satu jalur transportasi utama pada masa Demam Emas Klondike yang terjadi antara tahun 1896 hingga tahun 1903 masehi.

Disamping itu, sungai ini juga pernah mengalami pencemaran yang diakibatkan adanya pembuangan air instalasi militer. Namun setelah dilakukan penelitian, tingkat kekeruhan, logam, dan oksigen di air sungai ini cukup baik.

#8. Sungai Rio Grande - 3.034 km

Sungai Terpanjang di Benua Amerika
Sungai Rio Grande
Sungai yang memiliki panjang kurang lebih 3.034 kilometer ini merupakan sungai terpenting bagi penduduk lokal yang tinggal di utara negara Meksiko dan barat daya negara Amerika Serikat.

Pasalnya, sejak pertengahan abad ke-20, sungai ini sudah dimamfaatkan untuk berbagai keperluan oleh penduduk lokal seperti sebagai sumber air bersih, sumber pengairan lahan pertanian, dan lain sebagainya.

Sehingga tidak heran jika di sepanjang aliran sungai ini banyak dibangun bendungan. Akibatnya, debit air Sungai Rio Grande yang mengarah ke muara, yaitu Teluk Meksiko mengalami penyusutan sebanyak 20 persen.

#9. Sungai Sao Francisco - 2.830 km

Sungai Terpanjang di Benua Amerika
Sungai Sao Francisco
Sungai Sao Francisco adalah sebuah sungai di negara Brasil dengan panjang total 2.830 kilometer. Dari dulu hingga sekarang, Sungai Sao Francisco menjadi jalur transportasi kapal bagi penduduk lokal di sekitar sungai ini.

Sungai Sao Francisco ini bersumber dari Pegunungan Canastra di Minas Gerais (Brazil), aliran airnya melintasi 5 negara bagian negara Brasil (Bahia, Pernambuco, Alagoas, Sergipe, dan Minas Gerais) dan bermuara di Samudera Atlantik.

#10. Sungai Paraguay - 2.695 km

Sungai Terpanjang di Benua Amerika
Sungai Paraguay
Daftar sungai terpanjang di Benua Amerika berikutnya yaitu Sungai Paraguay. Dimana diketahui, sungai yang merupakan anak Sungai Parana ini memiliki panjang kurang lebih 2.695 kilometer.

Walaupun dinamakan " Sungai Paraguay " namun faktanya sungai yang bersumber di Mato Grosso, (Brasil) ini tidak hanya mengalir di negara Paraguay saja, tapi juga mengalir melewati negara Brasil, Bolivia, dan Argentina.

#11.Sungai Tocantins - 2.450 km

Selanjutnya ada Sungai Tocantins di Brasil dengan panjang kurang lebih 2.450 kilometer. Nama " Sungai Tocantins " sendiri diambil dari bahasa tupi yang berarti " Sungai Paruh Burung Tukan ".

Sungai ini melewati 4 negara bagian Brasil, yaitu Goias, Tocantins, Maranhao dan Para. Sungai ini bukanlah anak sungai atau cabang Sungai Amazon, namun aliran airnya mengalir secara sejajar dengan Sungai Amazon ke Samudera Atlantik.

#12. Sungai Arkansas - 2.364 km

Sungai Terpanjang di Benua Amerika
Sungai Arkansas
Selain Sungai Missouri, ada satu lagi anak Sungai Mississippi yang masuk daftar ini, yaitu Sungai Arkansas dengan panjang kurang lebih 2.364 kilometer.

Sama seperti Sungai Missouri, Sungai Arkansas juga bersumber di Pegunungan Rocky di Montana (Amerika Serikat). Sungai ini mengalir di 4 negara bagian Amerika Serikat, yakni Colorado, Kansas, Oklahoma, dan Arkansas.

#13. Sungai Colorado - 2.334 km

Sungai Terpanjang di Benua Amerika
Sungai Colorado
Sungai Colorado adalah salah satu sungai utama di Amerika Serikat, khususnya di wilayah barat daya Amerika Serikat dan utara Meksiko. Sungai Colorado mempunyai panjang kurang lebih 2.334 kilometer.

Sungai Colorado bersumber di Danau La Poudre Pass (Pegunungan Rocky - Amerika Serikat) dan bermuara di Teluk Meksiko. Secara administratif, sungai ini melewati 7 negara bagian Amerika Serikat dan 2 negara bagian Meksiko.

#14. Sungai Rio Negro - 2.250 km

Sungai Terpanjang di Benua Amerika
Sungai Rio Negro
Nama " Sungai Rio Negro " ini diambil dari bahasa Spanyol yang berarti " Sungai Hitam ". Dan sesuai dengan namanya, Sungai Rio Negro yang berada di Brasil ini adalah sungai berwarna hitam terbesar di dunia.

Warna air yang hitam seperti teh kental di Sungai Rio Negro ini berasal dari tumbuh-tumbuhan di rawa dan hutan yang mengalami proses pembusukan, sehingga menghasilkan tingkat keasaman yang cukup tinggi.

Sama seperti Sungai Jurua, dan Sungai Purus, Sungai Rio Negro juga merupakan salah satu anak Sungai Amazon dengan panjang 2.250 kilometer, dan bersumber di Sungai Vaupes (Guaviare - Kolombia).

#15. Sungai Orinoko - 2.250 km

Sungai Terpanjang di Benua Amerika
Sungai Orinoko
Daftar sungai terpanjang di Benua Amerika yang terakhir yaitu Sungai Orinoko yang melintasi dua negara di Amerika Selatan yaitu Venezuela dan Kolombia dengan panjang kurang lebih 2.250 kilometer.

Sejak dari jaman dulu, Sungai Orinoko sudah dimamfaatkan sebagai salah satu jalur transportasi, pembangkit listrik, dan sumber air bersih bagi penduduk lokal di sekitar sungai ini.

Akhir Kata

Nah, itu dia beberapa sungai terpanjang di Benua Amerika lengkap dengan lokasi dan penjelasannya. Semoga artikel ini bermamfaat bagi pembaca di blog ini, dan baca juga daftar sungai terpanjang di Benua Afrika.