Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15+ Sungai Terpanjang di Benua Asia (Lengkap Dengan Penjelasannya)

Sungai terpanjang di Benua Asia berikut ini sangat direkomendasikan untuk diketahui, terutama bagi para wisatawan yang ingin menjelajahi benua ini. Seperti diketahui, Benua Asia adalah benua terluas di dunia.

Sebagai benua terluas di dunia, tidak terlalu mengherankan jika benua yang dijuluki sebagai " Benua Kuning " ini memiliki beragam sumber daya alam yang menggagumkan, khususnya dari segi ukurannya.

Salah satu sumber daya alam yang sangat menggagumkan dilihat dari ukurannya di Benua Asia adalah banyaknya sungai berukuran panjang. Lantas, apa saja sungai terpanjang di Benua Asia tersebut? Berikut ulasannya.

15+ Sungai Terpanjang di Benua Asia (Lengkap Dengan Penjelasannya)

#1. Sungai Yangtze - 6.300 km

Sungai Terpanjang di Benua Asia
Sungai Yangtze
Sungai terpanjang di Benua Asia yang pertama yaitu Sungai Yangtze. Disamping itu, Sungai yang berada di China ini juga merupakan sungai terpanjang ketiga di dunia dengan panjang mencapai 6.300 kilometer.

Selain dikenal dengan nama " Sungai Yangtze " sungai yang menjadi batas kebudayaan kuno china yang terletak diantara Sungai Kuning (utara) dan Sungai Yangtze (selatan) ini juga dikenal dengan nama " Sungai Yangzi ".

BACA JUGA: 15+ Sungai Terpanjang di Benua Amerika (Lengkap Dengan Lokasinya)

#2. Sungai Kuning - 5.464 km

Sungai Terpanjang di Benua Asia
Sungai Kuning
Sungai terpanjang di Benua Asia berikutnya yaitu Sungai Kuning (Hwang Ho). Disamping itu, Sungai Kuning (Hwang Ho) juga merupakan sungai terpanjang keempat di dunia dengan panjangnya mencapai 5.464 kilometer.

Dinamakan " Sungai Kuning (Hwang Ho) " karena air di sungai yang merupakan pusat kebudayaan kuno Cina ini selalu berwarna kuning. Walaupun airnya berwarna kuning, namun sungai ini sangat penting bagi masyarakat China bagian utara.

#3. Sungai Mekong - 4.350 km

Sungai Terpanjang di Benua Asia
Sungai Mekong
Sungai Mekong merupakan sungai terpanjang di Asia Tenggara. Disamping itu, Sungai Mekong juga merupakan sungai terpanjang ketujuh di dunia dengan panjang kurang lebih 4.350 kilometer.

Sungai Mekong berada di enam negara sekaligus, yakni negara Thailand, Kamboja, Myanmar, Vietnam, Laos, dan Provinsi Yunnan (China). Dan setiap negara tersebut, sungai ini mempunyai nama yang berbeda-beda.

#4. Sungai Lena - 4.294 km

Sungai Terpanjang di Benua Asia
Sungai Lena
Berikutnya ada Sungai Lena yang lokasinya berada di negara Rusia bagian utara yang masuk ke dalam wilayah benua asia dengan panjang kurang lebih 4.294 kilometer. Disamping itu, Sungai Lena juga merupakan sungai terpanjang ke-8 di dunia.

Air di Sungai Lena ini bersumber dari Pegunungan Baikal (Siberia selatan - Rusia) yang kemudian mengalir ke Laut Laptev yaitu salah satu laut di Samudra Arktik.

#5. Sungai Irtysh - 4.248 km

Sungai Terpanjang di Benua Asia
Sungai Irtysh
Sungai Irtysh adalah sungai terpanjang kesembilan di dunia dengan panjang kurang lebih 4.248 kilometer. Sungai ini berada di 4 negara sekaligus yaitu negara Rusia, China, Kazakhstan, dan Mongolia.

Air di Sungai Irtysh ini bersumber di Pegunungan Altai yang lokasinya berada di asia tengah (Rusia, China, Kazakhstan, dan Mongolia) dan bermuara di Sungai Ob, yaitu salah satu sungai di Siberia barat (Rusia).

#6. Sungai Brahmaputra - 3.848 km

Sungai Terpanjang di Benua Asia
Sungai Brahmaputra
Sungai Brahmaputra adalah salah satu anak Sungai Gangga yaitu sungai yang paling disucikan oleh umat hindu di India, dan bersumber di Pegunungan Himalaya, yaitu salah satu pegunungan tertinggi di dunia.

Berdasarkan catatannya, Sungai Brahmaputra ini memiliki panjang kurang lebih 3.848 kilometer, dan mengalir melewati 4 negara sekaligus, yaitu Nepal, Bhutan, Bangladesh, dan India. Nama " Sungai Brahmaputra " sendiri diambil dari bahasa sansekerta yang berarti " Anak Brahma ".

#7. Sungai Ob - 3.700 km

Air di sungai yang mempunyai panjang kurang lebih 3.700 kilometer ini bersumber dari Sungai Katun (688 km) dan Sungai Biya (301 km). Lokasi Sungai Ob sepenuhnya berada di Rusia, atau lebih tepatnya di Siberia barat.

Sungai yang merupakan pembatas beberapa kota besar di Rusia seperti Novosibirsk, Barnaul, Surgut, dan Salekhard ini merupakan salah satu sungai penting di Rusia yang dimamfaatkan sebagai irigasi, sumber air bersih, dan lainnya.

#8. Sungai Yenisei - 3.487 km

Sungai Terpanjang di Benua Asia
Sungai Yenisei
Berikutnya ada Sungai Yenisei yang bersumber di negara Mongolia. Hanya saja, sebagian besar sungai yang mempunyai panjang kurang lebih 3.487 kilometer ini berada di negara Rusia.

Sungai yang terkenal dengan Bendungan Hidroeletkrik yang besar dibagian tengah sungainya ini bermuara di Teluk Yenisei (Laut Kara - Samudra Arktik).

#9.Sungai Salween - 3.289 km

Sungai Terpanjang di Benua Asia
Sungai Salween
Sungai Salween adalah salah satu sungai terpanjang di Myanmar (Burma) dengan panjang kurang lebih 3.289 kilometer. Sungai Salween ini mengalir di 3 negara sekaligus, yakni Myanmar, Thailand, dan China.

Air di sungai ini bersumber dari Dataran tinggi Tibet atau dikenal juga dengan sebutan " Dataran Tinggi Qinghai-Tibet (Qingzang) ", dan bermuara di Laut Andaman yaitu salah satu laut di Samudra Hindia.

#10. Sungai Indus - 3.180 km

Sungai Terpanjang di Benua Asia
Sungai Indus
Daftar sungai terpanjang di Benua Asia selanjutnya yaitu Sungai Indus atau dikenal juga dengan nama " Sungai Sindhu " dengan panjang kurang lebih 3.180 kilometer.

air di Sungai yang berada di kawasan Punjab (India dan Pakistan) ini bersumber di Dataran Tinggi Tibet, Sungai Senge, dan Sungai Gar. Sedangkan muaranya berada di Laut Arab yaitu salah satu laut di Samudera Hindia.

#11. Sungai Nizhnyaya Tunguska - 2.989 km

Sungai Nizhnyaya Tunguska adalah salah satu anak Sungai Yenisei. Berdasarkan catatannya, Sungai Nizhnyaya Tunguska ini mempunyai panjang kurang lebih 2.989 kilometer dan terletak di Siberia (Rusia).

Air di Sungai Nizhnyaya Tunguska ini bersumber di Central Siberian Plateau (Dataran Tinggi Siberia Tengah) yaitu salah satu dataran tinggi di Siberia Tengah (Rusia).

#12. Sungai Vilyuy - 2.650 km

Sungai Terpanjang di Benua Asia
Sungai Vilyuy
Kurang lebih sama dengan Sungai Nizhnyaya Tunguska, sungai yang mempunyai panjang kurang lebih 2.650 kilometer ini juga bersumber di Central Siberian Plateau (Dataran Tinggi Siberia Tengah).

Berdasarkan catatan sejarah, sungai yang melewati Kota Cherynshevskiy, Suntar, Nyurba and Verkhnevilyuysk di Rusia ini sangat terkenal pada tahun 1950-an. Pasalnya, di sungai inilah ditemukannya tambang intan.

#13. Sungai Amu Darya - 2.540 km

Sungai Terpanjang di Benua Asia
Sungai Amu Darya
Sungai Amu Darya atau kadang juga disebut " Sungai Amu " saja, atau " Sungai Oxus " merupakan salah satu sungai utama di negara asia tengah seperti Uzbekistan, Afghanistan, Turkmenistan, dan Tajikistan.

Hampir sebagian besar air di Sungai Amu Darya ini bersumber dari Pegunungan Pamir di Tajikistan dan bermuara di Laut Aral yaitu salah satu danau di Kazakhstan dan Uzbekistan. Panjang sungai ini mencapai 2.540 kilometer.

#14. Sungai Gangga - 2.510 km

Sungai Terpanjang di Benua Asia
Sungai Gangga
Sungai Gangga adalah sungai yang dianggap paling suci oleh umat hindu di India. Pasalnya, sungai yang memiliki panjang kurang lebih 2.510 kilometer ini disembah seperti seorang dewi oleh umat hindu di India.

Karena hal tersebutlah yang membuat sungai yang bermuara di Delta Gangga (salah satu delta sungai di asia selatan) ini sering dijadikan sebagai salah satu pusat spiritual agama hindu di India dan sekitarnya.

#15. Sungai Ishim - 2.450 km

Daftar sungai terpanjang di Benua Asia yang terakhir yaitu Sungai Ishim. Berdasarkan catatannya, Sungai Ishim ini mempunyai panjang kurang lebih 2.450 kilometer dan berada di negara Kazakhstan dan Rusia.

Sungai Ishim ini bersumber dari negara Kazakhstan dan bermuara di Sungai Irtysh yaitu salah satu sungai di asia yang masuk ke dalam sepuluh sungai terpanjang di dunia.

Akhir Kata

Nah, itu dia beberapa sungai terpanjang di Benua Asia lengkap dengan lokasi dan penjelasannya. Semoga artikel ini bermamfaat bagi pembaca blog ini, dan baca juga daftar sungai terpanjang di Benua Eropa.