Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7+ Sungai Terpanjang di Kalimantan (Lengkap Dengan Lokasi dan Penjelasannya)

Sungai terpanjang di Kalimantan berikut ini sangat wajib dan harus diketahui, khususnya kamu yang ingin menjelajahi pulau ini. Seperti diketahui, Kalimantan adalah pulau terbesar di Negara Republik Indonesia.

Disamping itu, pulau yang juga terkenal dengan julukan sebagai " Pulau Borneo " ini juga merupakan pulau terbesar ke-3 di dunia, yang terbagi menjadi tiga wilayah negara, yakni Indonesia, Malaysia, dan Brunei.

Dan sebagai pulau yang besar, pulau Kalimantan memiliki beragam kekayaan alam, salah satunya adalah banyaknya sungai-sungai. Lantas, apa saja sungai terpanjang di Kalimantan tersebut? Berikut ulasannya.

7+ Sungai Terpanjang di Kalimantan (Lengkap Dengan Lokasi dan Penjelasannya)

#1. Sungai Kapuas - 1.143 km

Sungai Terpanjang di Kalimantan
Sungai Kapuas
Sungai terpanjang di Kalimantan yang pertama yaitu Sungai Kapuas, atau dikenal juga dengan nama " Sungai Kapuas Buhang " atau " Sungai Batang Lawai ". Disamping itu, Sungai Kapuas juga merupakan sungai terpanjang di Indonesia.

Berdasarkan catatannya, sungai yang bermuara di Laut China Selatan ini mempunyai panjang kurang lebih 1.143 kilometer.

Sungai yang berada di Provinsi Kalimantan Barat ini sangat penting bagi masyarakat yang hidup menetap di pinggiran sungai tersebut, baik sebagai sumber air bersih maupun sebagai sumber mata pencaharian.

BACA JUGA: 15+ Sungai Terpanjang di Benua Asia (Lengkap Dengan Penjelasannya)

#2. Sungai Mahakam - 980 km

Sungai Terpanjang di Kalimantan
Sungai Mahakam
Sungai terpanjang di Kalimantan berikutnya yaitu Sungai Mahakam. Berdasarkan catatannya, sungai yang berada di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) ini mempunyai panjang kurang lebih 980 kilometer.

Air di Sungai Mahakam ini bersumber dari Gunung Cemaru yang terletak di Kabupaten Mahakam Ulu - Kalimantan Timur, dan bermuara di Selat Makassar, yaitu selat yang berada di antara Pulau Kalimantan dan Pulau Sulawesi.

Kurang lebih sama dengan Sungai Kapuas di Kalimantan Barat (Kalbar), Sungai Mahakam di Kalimantan Timur (Kaltim) ini juga dimamfaatkan oleh penduduk sekitar sungai sebagai salah satu sumber kehidupan.

#3. Sungai Barito - 890 km

Sungai Terpanjang di Kalimantan
Sungai Barito
Berikutnya ada Sungai Barito atau dikenal juga dengan nama " Sungai Dusun ". Berdasarkan catatannya, sungai yang berada di Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Kalimantan Tengah (Kalteng) ini memiliki panjang sekitar 890 kilometer.

Air di Sungai Barito ini bersumber dari Pegunungan Schwaner, yaitu sebuah pegunungan yang melintasi perbatasan antara Provinsi Kalimantan Tengah dan Provinsi Kaliamtan Barat. Dan bermuara di Laut Jawa.

#4. Sungai Martapura - 600 km

Sungai Terpanjang di Kalimantan
Sungai Martapura
Sungai Martapura adalah salah satu anak Sungai Barito. Berdasarkan catatannya, sungai yang lokasinya berada di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) ini mempunyai panjang kurang lebih 600 kilometer.

Sebelum dikenal dengan nama " Sungai Martapura " sungai ini dulunya lebih dikenal dengan nama " Sungai Kayutangi " atau " Sungai Banjar Kecil ".

Bahkan, karena banyaknya aktivitas pedagang dari china di hilir sungai pada jaman tersebut, maka sungai inipun lebih sering disebut sebagai " Sungai China (China River) ".

#5. Sungai Kahayan - 600 km

Sungai Terpanjang di Kalimantan
Sungai Kahayan
Sungai Kahayan adalah sungai yang membelah Kota Palangkaraya yaitu ibukota Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Berdasarkan catatannya, Sungai Kahayan ini mempunyai panjang kurang lebih 600 kilometer.

Selain dikenal dengan nama " Sungai Kahayan ", sungai yang bermuara di Laut Jawa ini juga dikenal dengan nama " Sungai Batang Biaju Besar " dan " Sungai Dayak Besar ".

#6. Sungai Kayan - 576 km

Sungai Terpanjang di Kalimantan
Sungai Kayan
Berikutnya adalah Sungai Kayan. Berdasarkan catatannya, sungai yang lokasinya berada di Kalimantan Utara dan bermuara di Laut Sulawesi ini memiliki panjang kurang lebih 576 kilometer.

#7. Sungai Melawi -  471 km

Sungai Terpanjang di Kalimantan
Sungai Melawi
Daftar sungai terpanjang di Kalimantan selanjutnya Sungai Melawi. Berdasarkan catatannya, sungai yang lokasinya berada di Provinsi Kalimantan Barat ini mempunyai panjang kurang lebih 471 kilometer.

Akhir Kata

Nah, itu dia daftar sungai terpanjang di Kalimantan lengkap dengan lokasi dan penjelasannya. Semoga artikel ini bermamfaat dan jangan lupa baca juga daftar sungai terpanjang di Benua Amerika.