Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

16+ Tempat Wisata di Barru (Sulawesi Selatan) Yang Menarik Dikunjungi!!

Tempat wisata di Barru berikut ini harus dipertimbangkan untuk dikunjungi oleh para wisatawan saat berada di Sulawesi Selatan. Seperti diketahui, Barru adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kabupaten yang beribukota di Kota Barru ini memang dikenal mempunyai bentang alam yang sangat menggagumkan, sehingga tidak heran jika sejumlah tempat wisata alam seperti perbukitan, air terjun, dan lainnya ada di kabupaten ini.

Disamping itu, sejumlah tempat wisata sejarah seperti monumen, rumah adat, dan lainnya juga ada di kabupaten ini. Lantas, apa saja tempat wisata di Barru (Sulawesi Selatan) yang menarik dikunjungi tersebut? Berikut ulasannya.

16+ Tempat Wisata di Barru (Sulawesi Selatan) Yang Menarik Untuk Dikunjungi

#1. Bukit Lakeppo

Tempat Wisata di Barru
Bukit Lakeppo
Tempat wisata di Barru (Sulawesi Selatan) yang menarik untuk dikunjungi pertama yaitu Bukit Lakeppo. Lokasinya berada di Desa Kading, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Selain terkenal dengan pemandangan bukit yang indah karena dikeliling oleh pematang sawah dan sungai ulee, di bukit ini juga terkenal dengan sebuah pohon yang populer dengan nama " Pohon Jomblo ".

Bukan hanya itu saja, para wisatawan juga bisa mendirikan tenda di bukit ini. Dan jika beruntung, para wisatawan juga bisa bertemu dengan kerumunan sapi yang memakan rumput di bukit yang memiliki luas sekitar 2 kali lapangan sepakbola ini.

BACA JUGA: 15+ Tempat Wisata di Palopo (Sulawesi Selatan)

#2. Bukit Maddo

Tempat Wisata di Barru
Bukit Maddo
Tempat wisata di Barru (Sulawesi Selatan) yang menarik untuk dikunjungi berikutnya yaitu Bukit Maddo. Lokasinya berada di Dusun Maddo, Desa Tellumpanua, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Selain mempunyai pemandangan yang indah, bukit ini juga masih asri, sejuk, dan menyegarkan, sehingga tidak terlalu mengherankan jika bukit ini sering dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin mencari ketenangan.

Bukan hanya itu saja, Bukit Maddo juga merupakan salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan keindahan sunset (matahari terbenam) dan sunrise (matahari terbit) di Kabupaten Barru.

#3. Hutan Pinus Lajoanging

Tempat Wisata di Barru
Hutan Pinus Lajoanging
Beberapa tahun belakangan ini, hutan pinus menjadi salah satu tujuan wisata favorit para wisatawan di Indonesia, sehingga tidak mengherankan jika banyak bermunculan objek wisata berupa hutan pinus di Indonesia.

Salah satunya adalah Hutan Pinus Lajoanging yang berada di Desa Harapan, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan ini. Hanya saja, di lokasi hutan pinus ini belum terjangkau jaringan telepon seluler.

#4. Coppo Tille

Coppo Tille adalah gunung tertinggi di Kabupaten Barru dengan ketinggian kurang lebih 843 mdpl (meter diatas permukaan air laut), sehingga tidak heran jika gunung ini menjadi salah satu gunung yang sering didaki oleh para pecinta alam di Kabupaten Barru.

Selain bisa menikmati keindahan alamnya yang masih terjaga dengan baik, para wisatawan juga bisa menemukan sebuah air terjun di dalam kawasan gunung ini, yaitu Air Terjun Wae Lato 

Lokasi gunung ini berada di 3 desa sekaligus, yaitu Desa Mattirowalie, dan Desa Harapan (Kecamatan Tanete Riaja), serta Desa Desa Bacubacu (Kecamatan Pujananting), Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

#5. Air Terjun Waesai

Tempat Wisata di Barru
Air Terjun Waesai
Bukan hanya objek wisata alam perbukitan saja, para wisatawan juga bisa menemukan beberapa objek wisata alam air terjun di Kabupaten Barru. Salah satu di antaranya adalah Air Terjun Waesai.

Air terjun setinggi kurang lebih 25 meter ini dijuluki sebagai " Air Terjun Pelangi Abadi " berkat keindahannya yang tidak terkira, sehingga tidak heran jika setiap musim liburan air terjun ini tidak pernah sepi pengunjung.

Hanya saja, air terjun yang berada di Desa Lompo Riaja, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru ini cukup sulit untuk dijangkau, sehingga para wisatawan sangat disarankan menyiapkan fisik dan bekal yang cukup sebelum berkunjung ke air terjun ini. 

#6. Lappa Laona

Tempat wisata di Barru (Sulawesi Selatan) yang juga menarik untuk dikunjungi berikutnya yaitu Lappa Laona. Lappa Laona adalah sebuah padang rumput luas yang memiliki pemandangan yang bisa memanjakan mata.

Dari padang rumput luas ini, para wisatawan bisa menikmati pemandangan Kecamatan Tanete Riaja dari ketinggian. Selain itu, Lappa Laona juga merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat pulau Panikiang yang berjarak sekitar 50 kilometer.

Tempat wisata yang berada di Desa Harapan, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat berkemah dengan komunitas yang memiliki hobi berjelajah.

#7. Pulau Dutungan

Tempat Wisata di Barru
Pulau Dutungan
Bagi kamu yang sedang mencari tempat wisata berupa pulau yang berudara sejuk di Kabupaten Baru, bisa mengunjungi Pulau Dutungan yang secara administratif berada di Desa Palanro, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru.

Pasalnya, pulau ini masih memiliki banyak pohon rindang sehingga udara di pulau ini sangat sejuk. Selain itu, pulau ini juga mempunyai pantai indah berpasir putih dan pemandangan bawah laut yang menggagumkan.

Bukan hanya itu saja, di pulau ini juga sudah tersedia beberapa resort dengan harga terjangkau yang bisa disewa oleh para wisatawan untuk bermalam.

#8. Air Terjun Manuba

Tempat Wisata di Barru
Air Terjun Manuba
Selain Air Terjun Waesai, ada satu lagi objek wisata alam berupa air terjun yang juga menarik untuk dikunjungi para wisatawan di Kabupaten Baru, yaitu Air Terjun Manuba.

Air terjun setinggi kurang lebih 12 meter ini cukup diminati wisatawan untuk dikunjungi berkat keeksotisannya, dimana air terjun ini mempunyai kolam jatuhan air yang berwarna hijau tosca.

Lebih menariknya lagi, air terjun yang berada di Desa Manuba, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan ini tergolong ekonomis, karena tempat wisata ini tidak ada biaya tiket masuk alias gratis.

#9. Celebes Canyon

Celebes Canyon adalah sebuah aliran sungai berair jernih yang diapit oleh batuan cadas yang kokoh di kiri dan kanannya. Karena diapit batuan cadas yang kokoh, makanya tempat ini juga sering disebut " Benteng Murung ".

Hanya saja, untuk menuju ke tempat wisata yang berada di Desa Libureng, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan ini cukup sulit. Namun hal tersebut tidak mengurangi minat para wisatawan untuk mengunjunginya.

#10. Wisata Alam Sungai Batu Mallopie

Tempat Wisata di Barru
Wisata Alam Sungai Batu Mallopie
Tempat wisata di Barru (Sulawesi Selatan) yang menarik untuk dikunjungi selanjutnya yaitu Wisata Alam Sungai Batu Mallopie. Lokasinya berada di Desa Lompo Riaja, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Daya tarik dari tempat wisata ini yaitu formasi batuan yang sangat eksotis, dan salah satu formasi batuan yang terkenal di tempat wisata ini adalah Batu Mallopie (sebuah batu alami berukuran cukup besar yang berbentuk mirip seperti perahu).

#11. Air Terjun Batulappa

Tempat Wisata di Barru
Air Terjun Batulappa
Selain Air Terjun Waesai, dan Air Terjun Manuba, ada satu lagi air terjun di Kabupaten Barru yang juga harus dipertimbangkan untuk dikunjungi oleh para wisatawan, yaitu Air Terjun Batulappa.

Air terjun yang berada di Desa Binuang, Kecamatan Balusu, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan ini sering juga disebut sebagai " Air Terjun Sarang Burung ". Hal ini dikarenakan di sepanjang jalan menuju ke air terjun ini banyak terdengar kicauan burung.

#12. Sungai Barobbo

Selain Celebes Canyon, dan Sungai Batu Mallopie, ada satu lagi objek wisata sungai dengan formasi batuan eksotis di Kabupaten Barru yang juga menarik untuk dikunjungi wisatawan, yaitu Sungai Barobbo.

Hanya saja, sungai yang berada di Desa Umpungnge Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan ini memiliki aliran yang cukup tenang dengan hamparan formasi batuan yang eksotis.

#13. Pantai Padongko

Tempat Wisata di Barru
Pantai Padongko
Tempat wisata di Barru (Sulawesi Selatan) yang menarik untuk dikunjungi berikutnya yaitu Pantai Padongko. Lokasinya berada di Kelurahan Mangempang, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Ada 7 rumah adat dan beberapa gazebo yang bisa digunakan oleh para wisatawan untuk menikmati pemandangan pantai dan laut di tempat wisata ini. Disekitar pantai ini juga terdapat beberapa angkringan yang menyediakan makanan dan minuman.

#14. Pantai Ujung Batu

Tempat Wisata di Barru
Pantai Ujung Batu
Selain Pantai Padongko, ada satu lagi tempat wisata pantai di Kabupaten Barru yang juga cukup menarik untuk dikunjungi para wisatawan, yaitu Pantai Ujung Batu.

Pantai yang berada di Kelurahan Sumpang Binangae, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan ini tidak kalah menarik dibandingkan dengan tempat wisata lainnya.

#15. Rumah Adat Saoraja Lapinceng

Rumah Adat Saoraja Lapinceng adalah sebuah bangunan rumah atau istana yang merupakan salah satu peninggalan kerajaan balusu di Kabupaten Barru.

Dimana bangunan rumah atau istana yang berada di Desa Balusu, Kecamatan Soppeng Riaja, Kabupaten Barru ini merupakan salah satu saksi bisu dari perjuangan kerajaan balusu ketika melawan penjajahan belanda.

#16. Monumen Paccekke

Tempat Wisata di Barru
Monumen Paccekke
Tempat wisata di Barru (Sulawesi Selatan) yang menarik untuk dikunjungi terakhir yaitu Monumen Paccekke. Monumen Paccekke adalah sebuah monumen yang berisi mandat dari Panglima Besar Jendral Soedirman.

Monumen yang berada di Desa Paccekke Kecamatan Soppeng Riaja, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan ini sangat mudah dijangkau, dan yang pasti para wisatawan bisa belajar sejarah melalui monumen ini.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Barru yang menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan yang liburan di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Baca juga artikel tentang beberapa tempat wisata di Malino (Gowa).