Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20+ Makanan Khas Nias Yang Rekomended Disantap!!

Makanan khas nias berikut ini sangat direkomendasikan disantap wisatawan ketika sedang berkunjung ke Pulau Nias. Perlu diketahui, Pulau Nias adalah sebuah pulau yang berada di sebelah barat Pulau Sumatera.

Pulau yang secara administratif masuk ke dalam wilayah Provinsi Sumatera Utara ini telah ditetapkan sebagai salah satu ikon pariwisata nasional, sehingga tidak heran ada banyak tempat wisata menarik di pulau ini.

Disamping tempat wisatanya, Pulau Nias juga mempunyai beberapa makanan khas yang enak dan lezat untuk disantap. Lantas, apa saja makanan khas nias yang direkomendasikan untuk disantap tersebut? Berikut ulasannya.

20+ Makanan Khas Nias Yang Rekomended Disantap

#1. Köfö- Köfö

Makanan Khas Nias
Köfö- Köfö
Makanan khas nias yang direkomendasikan disantap pertama yaitu Köfö- Köfö. Köfö- Köfö adalah gulai ikan khas Pulau Nias yang cara masaknya sedikit berbeda dengan gulai ikan pada umumnya di Indonesia.

Bahan dasar pembuatannya adalah ikan segar yang kulitnya sudah dibuang, kemudian digoreng hingga matang, dan dimasak dengan santan kelapa. Biasanya, makanan ini disajikan sebagai lauk pauk untuk makan siang.

BACA JUGA: 7+ Makanan Khas Tapanuli Selatan Yang Direkomendasikan Untuk Dicicipi!!

#2. Gowi Nifufu

Makanan Khas Nias
Gowi Nifufu
Makanan khas nias yang direkomendasikan disantap berikutnya yaitu Gowi Nifufu. Gowi Nifufu adalah salah satu makanan tradisional Pulau Nias yang bahan dasar pembuatan dari umbi-umbian seperti ubi jalar.

Pada jaman dulu beras sangat langka dan mahal di Pulau Nias, makanya masyarakat di Pulau Nias menjadikan makanan ini sebagai menu pertama yang akan disantap sebelum menyantap hidangan utama.

#3. Harinake

Kalau makanan yang satu ini hanya direkomendasikan bagi para wisatawan yang boleh memakan daging babi. Pasalnya, Harinake adalah makanan yang terbuat dari daging babi cincang yang diiris berukuran kecil dan tipis.

Namun ada juga Harinake yang dibuat dari daging ikan. Harinake sendiri termasuk makanan yang mewah dan sulit ditemukan. Hal ini dikarenakan makanan ini biasanya disajikan untuk menghormati tamu yang datang ke rumah.

#4. Ni'owuru

Makanan Khas Nias
Ni'owuru
Kalau di beberapa daerah lainnya di Indonesia, hanya daging ikan saja yang bisa diasinkan agar tahan lama. Namun berbeda dengan di Pulau Nias, dimana berbagai jenis daging bisa diasinkan, dan asinan daging tersebut dinamakan Ni'owuru.

Umumnya, Ni'owuru adalah istilah untuk asinan daging babi. Namun ada juga Ni'owuru yang terbuat dari daging ayam, kerbau, dan sapi yang kemudian diasinkan.

Jadi, jika kamu seorang muslim dan ingin mencicipi makanan ini, lebih baik bertanya dulu ke penjualnya tentang jenis daging yang diasinkan tersebut.  

#5. Lehedalo Nifange

Makanan Khas Nias
Lehedalo Nifange
Lehedalo Nifange adalah salah satu menu makanan yang cukup populer di Pulau Nias. Bahan dasar pembuatannya adalah talas yang dimasak dengan cara di rendang, makanya makanan ini disebut juga sebagai rendang talas.

Walaupun hanya berbahan dasar talas, namun makanan ini sangat enak dan biasanya disantap bersama dengan sagu. Hanya saja, Lehedalo Nifange ini termasuk salah satu makanan yang saat ini cukup langka dan sulit ditemukan di Pulau Nias.

#6. Hambae Nititi

Hambae Nititi adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar kepiting yang direbus, kemudian dipisahkan daging dengan cangkangnya, setelah itu dicampur dengan parutan kelapa muda, dan dimasak hingga matang.

Makanan ini biasanya dimasak hingga kering mirip seperti abon yaitu makanan yang terbuat dari serat daging hewan yang sudah mengering dan disuwir-suwir. Hambae Nititi sendiri bercitarasa sangat gurih.

#7. Silio Guro

Makanan Khas Nias
Silio Guro
Bisa dikatakan, Silio Guro adalah makanan yang mirip dengan pepes bakar, karena makanan ini umumnya disajikan dengan dibungkus mengunakan daun pisang dan dimasak dengan cara dipanggang diatas bara api.

Yang membedakan makanan ini dengan pepes bakar, terletak pada isiannya yang mengunakan daging udang yang sudah digiling dan dicampur dengan kelapa yang sebelumnya sudah diberi bumbu. 

#8. Nibini Ogo

Makanan Khas Nias
Nibini Ogo
Sekilas, makanan khas nias yang satu ini mirip dengan Silio Guro. Dimana diketahui, Nibini Ogo ini juga mengunakan daun pisang untuk bungkusnya, dan dimasak dengan cara dipanggang diatas bara api yang menyala.

Yang membedakan Nibini Ogo dengan Silio Guro adalah isiannya. Dimana, Silio Guro isiannya adalah daging udang giling, sedangkan Nibini Ogo isiannya adalah daging atau ikan. Biasanya, makanan ini disantap dengan nasi.

#9. Tamboyo

Makanan Khas Nias
Tamboyo
Tamboyo adalah ketupat khas Pulau Nias. Dilihat dari bentuknya, Tamboyo hampir sama dengan ketupat-ketupat pada umumnya yang ada di Indonesia. Yang membedakannya adalah bahan dasar pembuatannya.

Dimana diketahui, ketupat khas Pulau Nias ini terbuat dari bahan dasar beras ketan yang kemudian dimasak dengan santap kelapa dan ditambah sedikit garam, sehingga menghasilkan citarasa yang sangat gurih.

#10. Biga

Makanan Khas Nias
Biga
Biga atau dikenal juga dengan sebutan " Bika " adalah salah satu cemilan yang sangat populer di kalangan masyarakat di Pulau Nias. Bahan dasar pembuatan adalah madu yang diolah dengan resep khusus.

Sehingga tidak heran, jika cemilan yang bercitarasa manis ini sering menjadi buruan para wisatawan di Pulau Nias untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. 

#11. Babae

Makanan Khas Nias
Babae
Dulunya, Babae adalah salah satu makanan yang tidak boleh sembarang dihidangkan dan hanya disajikan untuk keluarga bangsawan saja, atau pada acara-acara tertentu saja seperti acara adat, pernikahan, dan lainnya.

Sekilas, makanan ini mirip seperti bubur. Namun kenyataan Babae bukanlah bubur melainkan makanan yang terbuat dari bahan dasar kacang putih, kemudian dicampur dengan kelapa yang dihaluskan sehingga terlihat seperti bubur.

Makanan ini sangat populer di kalangan masyarakat di Pulau Nias. Bahkan, karena saking populernya makanan ini, sehingga Babae dijadikan sebagai salah satu ikon makanan tradisional oleh pemerintah setempat.

#12. Gaolo Bekhu

Gaolo Bekhu adalah salah satu makanan khas nias yang cara pengolahannya sangat mudah dilakukan, dan bahan dasar pembuatannya adalah sagu. 

Karena cara pengolahannya yang mudah dilakukan inilah yang membuat banyak orang beranggapan bahwa Gaolo Bekhu adalah makanan biasa namun bercitarasa khas, sehingga makanan ini cukup populer di kalangan masyarakat Pulau Nias.

#13. Lempok Durian/Dodol Durian

Makanan Khas Nias
Lempok Durian/Dodol Durian
Durian adalah salah satu buah yang cukup melimpah di Pulau Nias. Karena melimpahnya buah durian di Pulau Nias tersebut, sehingga masyarakat setempat menciptakan produk olahan yang berbahan dasar buah durian, yaitu lempok durian atau dodol durian.

Keunikan lempok durian atau dodol durian khas Pulau Nias ini yaitu mempunyai aroma khas yang tidak dimiliki oleh lempok durian atau dodol durian dari daerah lainnya di Indonesia. 

#14. Bato Hambae

Selain Hambae Nititi, ada satu lagi kuliner khas dari Pulau Nias yang terbuat dari bahan dasar kepiting, yaitu Bato Hambae. Biasanya, makanan ini sering dijadikan sebagai lauk ketika makan oleh penduduk lokal.

Cara masaknya yaitu daging kepiting dibentuk bulat dan lempeng, kemudian diasapi hingga kering. Hasil dari pengasapan dan manisnya daging kepiting inilah yang menciptakan citarasa yang nikmat dan lezat.

#15. Saku Nisolo

Saku Nisolo adalah salah satu makanan yang terbuat dari bahan dasar sagu yang di gongseng (digoreng tanpa mengunakan minyak makan, atau disangrai), kemudian disiram dengan santan kelapa.

Saku Nisolo sering dijadikan sebagai penganti nasi oleh masyarakat lokal di Pulau Nias. Karena menurut mereka, citarasanya akan lebih gurih dan semakin lezat jika disantap dengan lauk.

#16. Fakhe Nifalogu

Makanan Khas Nias
Fakhe Nifalogu
Fakhe Nifalogu adalah salah satu makanan khas nias yang biasanya ditemukan pada acara-acara tertentu seperti upacara adat, pesta pernikahan, acara menyambut tamu penting, dan acara lainnya.

Fakhe Nifalogu dibuat dari beras yang dimasak dengan mengunakan periuk tanah liat berbentuk setengah lingkaran. Biasanya, makanan ini disantap dengan daging babi.

#17. Nami

Dengan melimpahnya hasil laut di Pulau Nias, sehingga kuliner seafood pun di Pulau Nias pun sangat beragam, salah satunya adalah Nami, yang bahan dasar pembuatannya adalah telur kepiting yang digoreng.

Disamping itu, Nami juga bisa diawetkan dengan cara diasinkan agar bisa bertahan lama sehingga bisa dinikmati berbulan-bulan kemudian.

#18. Gowirio

Gowirio adalah makanan mirip papeda, yaitu salah satu makanan khas Maluku dan Papua dengan tekstur lengket seperti lem. Bagi sebagian orang, makanan yang satu ini memang cukup aneh untuk dikomsumsi.

Namun setelah mencicipinya, mereka pasti mengabaikan teksturnya yang lengkep seperti lem tersebut. Makanan ini sangat direkomendasikan disantap bagi kalian yang sudah bosan mengosumsi nasi.

#19. Ni'unago

Dilihat dari cara pengolahannya, Ni'unago adalah makanan khas nias yang mirip dengan Ni'owuru. Dimana, cara pengolahan Ni'unago dan Ni'owuru sama-sama mengawetkan daging dengan cara diasinkan.

Perbedaanya, kalau Ni'owuru berbahan dasar daging babi, ayam, kerbau, dan sapi yang diasinkan, sedangkan Ni'unago berbahan dasar ikan yang diasinkan.

Akhir Kata

Nah, itu dia beberapa makanan khas nias yang sangat direkomendasikan disantap para wisatawan jika sedang berkunjung ke Pulau Nias. Baca juga beberapa tempat wisata yang ada di Kota Sibolga dan sekitarnya.