Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7+ Makanan Khas Tembilahan (Indragiri Hilir - Riau) Yang Pasti Lezat!!

Makanan khas Tembilahan (Indragiri Hilir - Riau) berikut ini sangat direkomendasikan untuk dicicipi karena lezat. Perlu diketahui, Tembilahan adalah sebuah kota kecil yang menjadi ibukota bagi Kabupaten Indragiri Hilir di Riau.

Kota yang dihuni oleh 60% suku banjar ini sangat sarat dengan kebudayaan melayu ini. Disamping itu, di sekitar Kota Tembilahan juga banyak terdapat tempat wisata menarik sehingga para wisatawan wajib mempertimbangkan mengunjungi kota ini.

Bukan hanya itu saja, kota yang berjuluk " Negeri Seribu Jembatan " ini juga mempunyai sejumlah makanan khas yang lezat. Lantas, apa saja makanan khas Tembilahan (Indragiri Hilir) tersebut? Berikut ulasannya.

7+ Makanan Khas Tembilahan (Indragiri Hilir - Riau) Yang Pasti Lezat

#1. Kue Srikaya

Makanan Khas Tembilahan
Kue Srikaya
Makanan khas Tembilahan (Indragiri Hilir) yang pasti lezat pertama yaitu Kue Srikaya. Kue khas Kabupaten Indragiri Hilir ini mempunyai dua varian, yaitu Kue Srikaya Pulut dan Kue Srikaya Rendang.

Perbedaan antara kedua varian kue ini terletak pada bentuk dan jumlah telur yang digunakan dalam adonan kue tersebut.

Dimana Kue Srikaya Pulut berbentuk persegi dan biasanya adonannya mengunakan 6 butir telur. Sedangkan Kue Srikaya Rendang berbentuk bulat dan dilengkapi dengan wadah, serta adonannya mengunakan 15 bulir.

BACA JUGA: 7+ Makanan Khas Kuantan Singingi (Kuansing - Riau) Yang Wajib Dicoba!!

#2. Ayam Merah

Sesuai dengan namanya, Ayam Merah adalah salah satu makanan khas Tembilahan (Indragiri Hilir) yang dibuat dari bahan dasar daging ayam yang kemudian dimasak dengan mengunakan cabai merah dan saus tomat.

Biasanya, makanan yang satu ini sering dihidangkan pada acara-acara besar seperti pertemuan keluarga, acara hajatan, hari raya, dan hari-hari besar lainnya.

#3. Nasi Samin

Makanan Khas Tembilahan
Nasi Samin
Nasi Samin adalah nasi yang ditumis dengan minyak samin, dan beberapa rempah-rempah khas Indonesia seperti kayu manis, buah pala, cengkeh, kapulaga, dan lainnya sehingga nasi ini berwarna kuning dan beraroma khas.

Uniknya, bukan hanya di Kabupaten Indragiri Hilir dan sekitarnya, Nasi Samin juga bisa ditemukan di beberapa daerah lainnya di Indonesia seperti Palembang, dan beberapa daerah di Pulau Kalimantan.  

#4. Bolu Berendam

Makanan Khas Tembilahan
Bolu Berendam
Bolu Berendam adalah salah satu kue khas Kota Tembilahan yang cukup banyak pengemarnya. Dinamakan " Bolu Berendam " karena  kue bolu ini direbus terlebih dahulu baru dihidangkan dalam keadaan masih basah.

Berdasarkan ceritanya, kue bolu ini dulunya adalah salah satu makanan kesukaan para raja dan bangsawan di Kerajaan Indragiri. Namun sekarang kue ini sering dihidangkan pada acara-acara besar seperti pesta pernikahan, hari raya, dan lainnya.

#5. Laksa

Makanan Khas Tembilahan
Laksa
Laksa adalah salah satu makanan yang sering diburu para wisatawan di Kabupaten Indragiri Hilir (Riau). Karena makanan yang satu ini sangat terkenal dengan kuahnya yang lezat dan gurih.

Laksa adalah salah satu makanan berbentuk mie yang bahan dasar pembuatan dari ikan laut yang masih segar seperti ikan tongkol, santan kelapa, dan beberapa rempah-rempah khas Indonesia. 

#6. Amplang Udang

Amplang Udang adalah salah satu jajanan khas Kota Tembilahan di Kabupaten Indragiri Hilir (Riau) yang cukup populer. Sesuai dengan namanya, bahan dasar pembuatan jajanan ini adalah udang.

Selain sering dijadikan sebagai cemilan, Amplang Udang juga sering dijadikan lauk untuk makanan oleh masyarakat Kota Tembilahan dan sekitarnya. Uniknya, Amplang Udang ini hanya bisa ditemukan di Kabupaten Indragiri Hilir saja.

#7. Tapai Hijau

Makanan Khas Tembilahan
Tapai Hijau
Makanan khas Tembilahan (Indragiri Hilir - Riau) yang pasti lezat terakhir yaitu Tapai Hijau. Sama seperti tapai-tapai pada umum yang ada di Indonesia, Tapai Hijau ini juga terbuat dari bahan dasar beras ketan. 

Sedangkan warna hijaunya berasal dari daun katuk. Menariknya, jenis tapai yang satu ini hanya ada di Kabupaten Indragiri Hilir, sehingga Tapai Hijau sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Akhir Kata

Nah itu dia beberapa makanan khas Tembilahan (Indragiri Hilir - Riau) yang kelezatan sudah terjamin seratus persen pasti enak dan mengugah selera. Baca juga beberapa makanan khas Kabupaten Pesisir Selatan.