Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

18+ Tempat Wisata di Enrekang (Sulawesi Selatan) Yang Direkomendasikan Dikunjungi!!

Tempat wisata di Enrekang berikut ini sangat direkomendasikan dikunjungi para wisatawan jika sedang berada di Sulawesi Selatan. Perlu diketahui, Enrekang adalah sebuah kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan.

Dilihat dari segi letak geografisnya, wilayah Kabupaten Enrekang berada di tengah-tengah perbukitan, sehingga tidak heran jika di kabupaten ini menyimpan sejuta pesona alam yang sangat sayang dilewatkan begitu saja.

Mulai dari air terjun, bukit atau gunung yang indah, hingga hutan pinus yang asri ada di Kabupaten Enrekang ini. Lantas, apa saja tempat wisata di Enrekang (Sulawesi Selatan) yang direkomendasikan dikunjungi tersebut? Berikut ulasannya.

Tempat Wisata di Enrekang (Sulawesi Selatan) Yang Direkomendasikan Dikunjungi

#1. Air Terjun Pendokesan

Tempat Wisata di Enrekang
Air Terjun Pendokesan
Tempat wisata di Enrekang (Sulawesi Selatan) yang direkomendasikan dikunjungi pertama yaitu Air Terjun Pendokesan. Air terjun dengan tinggi kurang lebih 20 meteran ini sangat eksotis dan menakjubkan.

Lokasinya berada di bawah kaki Gunung Latimojong (salah satu gunung tertinggi di Pulau Sulawesi) atau lebih tepatnya berada di Dusun Pendokesan, Desa Bone-Bone, Kecamatan Baraka, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

BACA JUGA: 16+ Tempat Wisata di Barru (Sulawesi Selatan) Yang Menarik Dikunjungi!!

#2. Hutan Pinus Baredok

Tempat Wisata di Enrekang
Hutan Pinus Baredok
Tempat wisata di Enrekang (Sulawesi Selatan) yang direkomendasikan dikunjungi berikutnya yaitu Hutan Pinus Baredok. Lokasinya berada di Desa Buntu Mondong, Kecamatan Buntu Batu, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

Hutan pinus ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat camping (berkemah). Selain itu, tempat wisata ini sangat populer dikalangan wisatawan lokal maupun wisatawan asing, berkat keeksotisannya, dan keasriannya.

Hanya saja, jalan akses menuju ke hutan pinus ini masih belum memadai, sehingga ketika musim penghujan, jalan aksesnya sangat sulit dilewati karena jalan aksesnya masih terbuat dari tanah liat.

#3. Bukit Cekong

Tempat Wisata di Enrekang
Bukit Cekong
Bukit Cekong adalah sebuah bukit dengan ketinggian kurang lebih 1.000 meter diatas permukaan air laut (mdpl). Dulunya, bukit ini pernah digunakan sebagai sirkuit balapan. 

Namun sekarang, bukit yang lokasinya berada di Desa Tanete, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan ini sudah disulap menjadi sebuah tempat wisata ekstrim di Kabupaten Enrekang.

Beberapa wahana ekstrim yang bisa dicoba oleh para wisatawan di tempat wisata di antaranya adalah Swing Extreme, Flying Fox, dan lain sebagainya. Disamping itu, pemandangan alam di bukit ini juga sangat indah.

#4. Tebing Mandu Tontonan

Tempat Wisata di Enrekang
Tebing Mandu Tontonan
Tebing Mandu Tontonan adalah salah satu spot foto yang populer di Kabupaten Enrekang. Karena di tebing ini terdapat nuansa alam natural yang sangat cocok digunakan sebagai background foto.

Selain itu, Tebing Mandu Tontonan juga merupakan lokasi kuburan tua yang mirip seperti kuburan-kuburan yang ada di Toraja. Kuburan-kuburan tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian wisatawan.

Lebih menariknya lagi, tempat wisata ini bisa dikunjungi langsung mengunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat karena lokasinya berada di Jalan Poros di Desa Tontonan, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang.

#5. Kebun Massenrempulu

Tempat Wisata di Enrekang
Kebun Massenrempulu
Kebun Massenrempulu adalah sebuah kebun raya di Kabupaten Enrekang dengan luas sekitar 300 hektar. Lokasinya berada di Desa Batu Milla, Kecamatan Maiwa, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

Di dalam kawasan kebun raya ini terdapat banyak sekali taman seperti taman palem, taman wangi, taman hias, taman obat, dan taman-taman lainnya. Selain itu, di tengah-tengah kebun raya ini terdapat kolam ikan yang cukup luas.

#6. Air Terjun Lewaja

Tempat Wisata di Enrekang
Air Terjun Lewaja
Berikutnya ada Air Terjun Lewaja. Lokasinya berjarak kurang lebih 7 kilometer dari pusat ibukota Kabupaten Enrekang atau lebih tepatnya berada di Kelurahan Lewaja, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang.

Menariknya lagi, lokasi air terjun ini bisa dijangkau dengan mengunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Dan salah satu keunikan air terjun ini, yaitu pada momen-momen tertentu, aliran air di air terjun ini bisa berubah menjadi hijau tosca.

#7. Dante Pine

Tempat Wisata di Enrekang
Dante Pine
Tempat wisata di Enrekang (Sulawesi Selatan) yang direkomendasikan untuk dikunjungi berikutnya yaitu Dante Pine atau dikenal juga dengan sebutan " Bumi Massenrepulu " yang berarti " daerah pinggiran gunung ".

Dante Pine (Bumi Massenrepulu) merupakan sebuah tempat wisata alam yang mengadopsi tema kekinian. Lokasinya berada di Desa Tanete, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

#8. Gunung Latimojong

Tempat Wisata di Enrekang
Gunung Latimojong
Gunung Latimojong adalah salah satu gunung tertinggi di Pulau Sulawesi dengan ketinggian sekitar 3.478 meter diatas permukaan air laut (mdpl). Dan sebagian besar gunung ini berada di Kabupaten Enrekang.

Di puncak Gunung Latimojong adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati pemandangan alam khas Pulau Sulawesi dari ketinggian.

#9. Air Terjun Laburan

Tempat Wisata di Enrekang
Air Terjun Laburan
Air terjun setinggi kurang lebih 15 meter dan lebar 10 meteran ini berada di kaki Gunung Bambauang, atau lebih tepatnya lagi berada di Desa Singki, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

Hanya saja, untuk menuju ke lokasi air terjun ini membutuhkan stamina yang ekstra karena medan jalan yang harus dilewati cukup sulit. Namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat para wisatawan untuk menikmati keindahan air terjun ini.

#10. Buttu Macca

Tempat Wisata di Enrekang
Buttu Macca
Pada awalnya, tempat ini tidak banyak diketahui oleh penduduk di sekitarnya. Bahkan, tempat yang berada di Dusun Pulauan, Desa Bambapuang, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang ini bisa dibilang tersembunyi.

Namun berkat perpaduan antara nuansa alam dan ide gagasan yang cemerlang, membuat tempat ini berhasil diubah menjadi sebuah tempat wisata yang indah. Dan sekarang tempat wisata ini sangat populer di Kabupaten Enrekang.

Ada banyak spot foto menarik dengan latarbelakang alam pegunungan di tempat wisata ini seperti spot foto sarang naga, ruang keluarga, gerbang cinta, perahu, dan masih banyak lagi spot foto menarik lainnya.

#11. Air Terjun Lagandang

Selain Air Terjun Pendokesan, Air Terjun Lewaja, dan Air Terjun Laburan, ada satu lagi air terjun di Kabupaten Enrekang yang juga direkomendasikan dikunjungi para wisatawan yaitu Air Terjun Lagandang.

Air terjun yang berada di Kelurahan Puserren, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan ini dikenal memiliki lingkungan yang sejuk, asri, dan indah.

#12. Bukit Saletta

Tempat Wisata di Enrekang
Bukit Saletta
Tempat wisata di Enrekang (Sulawesi Selatan) yang juga direkomendasikan dikunjungi selanjutnya yaitu Bukit Saletta. Lokasinya berada di Desa Tindallun, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Sulsel.

Bukit Saletta adalah sebuah bukit eksotis dengan padang rumput yang terhampar luas lengkap dengan pemandangan alam yang indah. Makanya, bukit ini sering dijuluki sebagai " Bukit Teletubbies Enrekang ".

#13. Bukit Dondeng

Ingin mendapatkan momen " Star Trail " di Kabupaten Enrekang? Maka berkunjunglah ke Bukit Dondeng. Lokasinya berada di Kelurahan Mata Dewa, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang, Sulsel.

Di malam hari, jika sedang beruntung, para wisatawan bisa mendapatkan tangkapan cahaya malam yang memukau di puncak bukit yang sering dijuluki sebagai " Mata Dewa " oleh penduduk setempat ini.

Kalaupun tidak bisa mendapatkan momen " Star Trail ", karena cuaca sedang tidak mendukung, para wisatawan masih bisa menikmati pemandangan suasana Kota Enrekang di malam hari dari puncak bukit ini.

Tidak hanya pada malam hari saja, pada pagi, siang, hingga sore hari pun tempat wisata ini juga menyuguhkan pemandangan yang indah, sehingga sangat cocok dikunjungi kapanpun.

#14. Bukit Butu Tande

Berikutnya ada Bukit Butu Tande yang belakangan ini mulai hits di sosial media seperti Instagram dan lainnya. Lokasinya berada di Kelurahan Kumadang, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

Pemandangan " super " cantik akan tersaji dari puncak bukit ini, khususnya pada pagi hari dan sore hari, dimana pada waktu itu sunrise (matahari terbit), dan sunset (matahari terbenam) akan terlihat sangat instagramable.

#15. Buttu Gigi

Tempat Wisata di Enrekang
Buttu Gigi
Buttu Gigi adalah sebuah padang savana baru yang dibentuk atas dasar inisiatif penduduk setempat, sedikit berbeda dengan bukit-bukit lainnya yang lebih dulu populer di Kabupaten Enrekang.

Tempat wisata yang satu ini sejatinya dekat dengan Gunung Bambapuang, Buttu Mecca, dan Bukit Saletta, atau lebih tepatnya berada di Desa Tindalun, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Sulsel.

#16. Bukit Miallo

Tempat Wisata di Enrekang
Bukit Miallo
Tempat wisata di Enrekang (Sulawesi Selatan) yang juga direkomendasikan untuk dikunjungi wisatawan berikutnya yaitu Bukit Miallo. Lokasinya berada di Desa Tallu Bamba, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang, Sulsel.

Jaraknya hanya sekitar 30 kilometer dengan jarak tempuh sekitar 1 jam perjalanan dari pusat Kota Enrekang dengan mengunakan kendaraan bermotor, dan para wisatawan akan disajikan pemandangan seperti " negeri di atas awan ".

#17. Kolam Renang Matua

Bukan hanya tempat wisata alam saja yang ada di Kabupaten Enrekang, sejumlah tempat wisata buatan pun ada di kabupaten ini, salah satu di antaranya adalah Kolam Renang Matua.

Ada beberapa jenis pilihan kolam renang di tempat wisata ini, mulai dari yang khusus anak-anak hingga kolam renang untuk pengunjung dewasa ada di Kolam Renang Matua ini, sehingga sangat cocok dikunjungi bersama keluarga.

Lebih menariknya lagi, kolam renang yang berada di Jalan Raya Enrekang - Makale, Desa Buntu Sugi, Kecamatan Alla, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan ini berada persis di puncak bukit dengan pemandangan alam yang indah.

#18. Waterbak Matua

Selain Kolam Renang Matua, ada satu tempat pemandian dengan latarbelakang alam, yaitu Waterbak Matua. Lokasinya berada di Desa Matua, Kecamatan Alla, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Dinamakan " Waterbak Matua " karena bentuknya mirip seperti penampungan air (bak mandi). Sedangkan kedalamannya mencapai 2 meteran, sehingga para wisatawan yang tidak bisa berenang sangat disarankan berhati-hati bermain air di tempat wisata ini. 

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Enrekang (Sulawesi Selatan) yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi para wisatawan. Baca juga beberapa kuliner atau makanan khas Kabupaten Enrekang