Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7+ Makanan Khas Kampar (Riau) Yang Lezat Dan Gurih!!

Makanan khas kampar berikut ini sangat wajib dicicipi oleh para wisatawan yang sedang berkunjung ke Provinsi Riau. Seperti diketahui, Kampar adalah sebuah kabupaten atau daerah tingkat 2 di Provinsi Riau.

Kabupaten yang pusat pemerintahannya berada di Kota Bangkinang ini cukup banyak memiliki tujuan wisata yang menarik, sehingga tidak heran jika kabupaten ini cukup dikenal dikalangan para wisatawan di Indonesia.

Disamping itu, beberapa makanan khas di kabupaten ini juga cukup menarik dicicipi oleh para wisatawan. Lantas, apa saja makanan khas Kampar - Riau yang lezat dan gurih tersebut? Berikut ulasannya.

7+ Makanan Khas Kampar (Riau) Yang Lezat Dan Gurih!!

#1. Sate Ocu

Makanan Khas Kampar
Sate Ocu
Makanan khas Kampar - Riau yang lezat pertama yaitu Sate Ocu. Dilihat secara sekilas, Sate Ocu ini mirip seperti Sate Padang, namun faktanya kedua jenis sate ini memiliki beberapa perbedaan yang cukup mencolok.

Kalau Sate Ocu terbuat dari berbagai daging seperti daging ayam, daging sapi, hati, ceker, hingga tulang. Berbeda dengan Sate Padang yang hanya terbuat dari daging sapi saja. Kesamaan kedua jenis sate ini yaitu sama-sama disajikan dengan potongan ketupat.

BACA JUGA: 7+ Makanan Khas Tembilahan (Indragiri Hilir - Riau) Yang Pasti Lezat!!

#2. Kue Palito Daun

Makanan Khas Kampar
Kue Palito Daun
Makanan khas Kampar - Riau yang lezat dan gurih berikutnya yaitu Kue Palito Daun. Kue Palito Daun adalah kue khas Kabupaten Kampar yang terbuat dari bahan dasar tepung beras dan dibungkus dengan daun pisang.

Sekilas, Kue Palito Daun ini mirip seperti Kue Talam, dan Lemang Basuong, namun cara bentuk dan pengolahannya berbeda. Dinamakan " Kue Palito Daun " karena ketika dibuka dibagian tengah kue ini mirip seperti sumbu palito.

#3. Kue Jalo

Makanan Khas Kampar
Kue Jalo
Bahan utama pembuatan kue ini adalah tepung terigu. Dinamakan " Kue Jalo " karena bentuknya mirip seperti jalo yaitu cetakan adonan yang memiliki 4 - 5 corong.

Menariknya, Kue Jalo ini tidak hanya bisa ditemukan di Kabupaten Kampar, namun juga bisa ditemukan di Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Siak, Kabupaten Rokan Hilir, dan Kabupaten Rokan Hulu.

Hanya saja, Kue Jalo khas Kabupaten Kampar ini sedikit berbeda dengan Kue Jalo dari daerah lainnya. Karena Kue Jalo di Kabupaten Kampar mengunakan buah srikaya sebagai pelengkapnya sedangkan dari daerah lain biasanya mengunakan kari daging.

#4. Gulai Asam Pedas Ikan Patin

Ikan Patin adalah salah satu ikan yang banyak hidup di Sungai Kampar, sehingga tidak heran apabila masyarakat di Kabupaten Kampar dan sekitarnya banyak mengolah Ikan Patin menjadi makanan khas yang lezat.

Dan salah satu makanan lezat berbahan dasar Ikan Patin di Kabupaten Kampar dan sekitarnya adalah Gulai Asam Pedas Ikan Patin, yang diolah dengan berbagai jenis rempah-rempah khas Indonesia.

#5. Gulai Siput Kuantan

Selain Gulai Asam Pedas Ikan Patin, ada satu lagi gulai khas Kabupaten Kampar yang wajib dicicipi yaitu Gulai Siput Kuantan. Orang-orang di Kabupaten Kampar yang merantau pasti sering merindukan makanan yang unik ini.

Pasalnya, citarasa makanan ini tidak perlu ditanyakan lagi. Hanya saja, karena bahan utama pembuatan adalah sipit sehingga kuah yang dihasilkannya sedikit berlendir, bahkan ketika mengigit daging siputnya pun masih terasa lendirnya.

#6. Lopek Bugi

Makanan Khas Kampar
Lopek Bugi
Lopek Bugi adalah salah satu jajanan khas Kabupaten Kampar yang dibuat dari bahan dasar beras ketan yang dimasak dengan cara dikukus dan dibungkus mengunakan daun pisang.

Nama " Lopek Bugi " sendiri terinspirasi dari bahasa setempat yaitu " Lopek " yang berarti " Lepat " dan " Bugi " adalah sebutan untuk tumbukan beras ketan. Sehingga, ketika kata " Lopek " dan " Bugi " digabung maka bisa diartikan sebagai beras ketan yang sudah ditumbuh halus. 

#7. Kue Bangkit

Makanan Khas Kampar
Kue Bangkit
Kue Bangkit adalah kue kering khas melayu yang bisa ditemukan di Kabupaten Kampar dan sekitarnya. Dinamakan " Kue Bangkit " karena kue ini akan melebar 2 kali lipat setelah dipanggang di dalam oven tradisional.

Lebih menariknya lagi, karena teksturnya lembut sehingga kue ini bisa dikomsumsi oleh siapa saja, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa, bahkan orang yang sudah lansia.

Akhir Kata

Nah, itu dia beberapa jenis makanan khas Kampar yang sangat wajib dicicipi oleh para wisatawan yang sedang berkunjung ke Provinsi Riau. Baca juga beberapa jenis makanan khas Kuantan Singingi (Kuansing).