Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7+ Makanan Khas Soppeng (Sulsel) Yang Direkomendasikan Diicip-icip!!

Makanan khas soppeng berikut ini sangat direkomendasikan diicip-icip oleh para wisatawan yang sedang berkunjung ke Sulawesi Selatan. Perlu diketahui, soppeng adalah sebuah kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kabupaten yang beribukota di Kota Watansoppeng ini memang memiliki sejumlah tempat wisata yang menarik dikunjungi wisatawan seperti Air Terjun Datae, Rumah Adat Sao Mario, Lereng Hijau Bulu Dua, dan lainnya.

Disamping sejumlah tempat wisatanya, Kabupaten Soppeng juga mempunyai daya tarik dari segi kuliner khasnya. Lantas, apa saja makanan khas soppeng yang direkomendasikan diicip-icip tersebut? Berikut ulasannya.

7+ Makanan Khas Soppeng (Sulsel) Yang Direkomendasikan Diicip-icip!!

#1. Kapurung

Makanan Khas Soppeng
Kapurung
Makanan khas soppeng yang direkomendasikan diicip-icip pertama yaitu Kapurung. Makanan yang kaya akan gizi ini terbuat dari bahan dasar sagu dan ditambah berbagai jenis sayur-sayuran seperti bayam, kacang panjang, tomat, dan lainnya.

Disamping itu, makanan ini juga mempunyai ciri khas pada bumbunya yang dikenal dengan sebutan " patikala ". Bumbu patikala inilah yang membuat makanan khas suku bugis ini menjadi lebih segar dan unik.

Menariknya lagi, Kapurung termasuk salah satu makanan yang sangat mudah ditemukan di Kabupaten Soppeng. Bukan hanya di Kabupaten Soppeng, makanan ini juga bisa ditemukan di daerah lainnya di Provinsi Sulawesi Selatan seperti Kabupaten Luwu dan lainnya.

BACA JUGA: 7+ Makanan Khas Palopo (Sulsel) Yang Harus Dicicipi!!

#2. Jalangkote

Makanan Khas Soppeng
Jalangkote
Makanan khas soppeng yang direkomendasikan diicip-icip berikutnya yaitu Jalangkote. Jalangkote adalah salah satu cemilan khas soppeng yang bisa dinikmati sebelum menyantap makanan-makanan berat.

Sekilas, cemilan ini mirip seperti pastel. Namun jika diperhatikan secara seksama, antara Jalangkote dan pastel memiliki sedikit berbedaan, khususnya pada kulitnya yang lebih tipis dibandingkan dengan pastel.

Umumnya, Jalangkote ini dibagian dalamnya diisi dengan bihun, kentang, dan wortel. Namun pada perkembangannya saat ini, sudah ada Jalangkote yang bagian dalamnya diisi dengan mayonaise dan daging asap.

#3. Gogoso

Dilihat dari bentuk dan bahan pembuatannya, makanan yang satu ini sangat mirip sekali dengan lemper. Namun tetap saja, antara makanan ini dengan lemper ada sedikit perbedaan, khususnya pada isiannya.

Isian pada makanan ini umumnya adalah daging ikan tongkol, abon ayam, abon sapi, dan lainnya. Namun ada juga yang tidak mengunakan isian di dalamnya. Dan gogoso yang memiliki isian biasanya disebut " Gogoso Kambu ".

Makanan ini sangat populer di Kabupaten Soppeng dan sekitarnya, terutama pada hari-hari besar seperti lebaran idul fitri. Dimana, popularitas gogoso tidak kalah dengan makanan khas lebaran seperti ketupat dan lainnya.

#4. Songkolo Bagadang

Makanan Khas Soppeng
Songkolo Bagadang
Sesuai dengan namanya, Songkolo Bagadang atau juga biasa disebut " Sokko " adalah salah satu makanan yang banyak dijajakan dan banyak dicari pada malam hari di Kabupaten Soppeng dan sekitarnya.

Bahan dasar pembuatan makanan ini adalah beras ketan, biasanya mengunakan beras ketan hitam yang ditambah dengan ikan kering, parutan kelapa yang digoreng, dan sambal.

Lebih menariknya lagi, makanan ini sangat mudah ditemukan di Kabupaten Soppeng dan sekitarnya. Karena sudah banyak rumah makan yang menyediakan menu ini, bahkan ada yang bisa dipesan secara online.

#5. Nasu Palekko

Walaupun tidak sepopuler seperti Gogoso dan Songkolo Bagadang, namun makanan ini termasuk mudah ditemukan di Kabupaten Soppeng dan sekitarnya. Karena ada banyak warung makan yang menyediakan menu ini.

Nasu Palekko adalah makanan yang terbuat dari daging bebek, yang dipotong kecil-kecil, ditambah cuka, dan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis dari daging bebek tersebut.

Bumbu yang digunakan adalah bumbu khusus. Umumnya, bumbu yang digunakan adalah bumbu yang menggugah selera dengan citarasa gurih dan pedas. Pada umumnya, Nasu Palekko disajikan dengan nasi hangat.

#6. Pisang Epe

Makanan Khas Soppeng
Pisang Epe
Pisang Epe adalah salah satu makanan khas enrekang. Namun makanan yang satu ini juga cukup populer di beberapa daerah lainnya di Provinsi Sulawesi Selatan, salah satunya adalah Kabupaten Soppeng.

Sesuai dengan namanya, bahan dasar pembuatnya adalah buah pisang yang dipipihkan kemudian dibakar hingga matang. Setelah itu diberi saus yang terbuat dari gula merah untuk menambah citarasanya.

Bukan hanya saus gula merah, saus yang digunakan untuk menambah citarasa makanan ini juga tersedia beberapa varian seperti keju, durian, dan lainnya.

#7. Bale Tapa

Makanan khas soppeng yang juga direkomendasikan diicip-icip berikutnya yaitu Bale Tapa. Nama " Bale Tapa " sendiri kalau di terjemaahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti " Wajah Ikan ".

Nama tersebut sangat sesuai karena makanan ini terbuat dari bahan dasar ikan tuna yang diasap dengan mengunakan berbagai rempah-rempah untuk bumbunya. Hanya saja, Bale Tapa termasuk salah satu makanan yang cukup sulit ditemukan di Kabupaten Soppeng. 

Akhir Kata

Nah, itu dia beberapa makanan khas soppeng yang sangat direkomendasikan diicip-icip jika sedang berkunjung ke Provinsi Sulawesi Selatan. Baca juga daftar tempat belanja murah di Kota Makassar dan sekitarnya.