Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7+ Makanan Khas Indragiri Hulu (Riau) Yang Wajib Dicicipi!!

Makanan khas Indragiri Hulu berikut ini sangat direkomendasikan untuk dicicipi oleh para wisatawan jika sedang berkunjung ke Riau. Perlu diketahui, Indragiri Hulu adalah salah satu kabupaten di Provinsi Riau.

Kabupaten yang ibukota berada di Kota Rengat ini dikenal mempunyai beberapa tempat wisata yang menarik dikunjungi seperti Air Terjun Denalo, Replika Istana Indragiri, Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, dan lainnya.

Disamping beberapa tempat wisata, para wisatawan yang sedang berada di Kabupaten Indragiri Hulu ini juga wajib mencicipi beberapa makanan khasnya. Lantas, apa saja makanan khas Indragiri Hulu (Riau) tersebut? Berikut ulasannya.

7+ Makanan Khas Indragiri Hulu (Riau) Yang Wajib Dicicipi Para Wisatawan

#1. Kue Asidah

Makanan Khas Indragiri Hulu
Kue Asidah
Makanan khas Indragiri Hulu (Riau) yang wajib dicicipi pertama yaitu Kue Asidah. Pada jaman dahulu, kabarnya, Kue Asidah merupakan salah satu kudapan favorit raja dan para bangsawan di Kerajaan Indragiri.

Kue Asidah dibuat dari tepung beras yang dicampur dengan beberapa rempah-rempah khas Indonesia seperti kayu manis, cengkeh, dan daun pandang. Biasanya, kue ini disajikan dengan bawang goreng sebagai topping-nya.

Namun seiring dengan perkembangan jaman, terkadang kue ini disajikan dengan meses atau cokelat sebagai topping-nya.

BACA JUGA: 7+ Makanan Khas Tembilahan (Indragiri Hilir - Riau) Yang Pasti Lezat!!

#2. Lope Bugi

Makanan Khas Indragiri Hulu
Lope Bugi
Makanan khas Indragiri Hulu (Riau) yang wajib dicicipi berikutnya Lope Bugi, atau oleh masyarakat lokal kue ini lebih dikenal dengan nama " Kue Bugis ".

Lope Bugi atau Kue Bugis ini dibuat dari bahan dasar beras ketan dan santan yang dibagian tengahnya diisi dengan parutan kelapa. Untuk penyajiannya, biasanya mengunakan daun pisang sebagai bungkusnya.

Lope Bugi atau Kue Bugis ini memiliki dua varian, yaitu Lope Bugi Putih dan Lope Bugi Hitam. Kedua varian kue ini mempunyai citarasa sama-sama gurih (tidak ada yang berbeda).

#3. Sop Tunjang

Sop Tunjang adalah sop khas Indragiri Hulu yang terbuat bahan dasar dari tulang sapi. Walaupun terbuat dari tulang sapi, namun tulang sapi yang digunakan untuk membuat sop ini masih memiliki daging yang tebal.

Tulang sapi yang masih memiliki daging tebal tersebut dimasak dengan beberapa rempah-rempah seperti kentang, wortel, tomat, daun bawang, dan lainnya, sehingga menghasilkan sop bercitarasa menyegarkan.

#4. Kue Bawang

Kue Bawang adalah salah satu jenis kuliner unik yang ada di Kabupaten Indragiri Hulu (Riau). Pasalnya, walaupun dinamakan " kue " namun makanan yang satu ini berbentuk seperti kerupuk.

Kue Bawang ini biasanya dijadikan sebagai lauk pauk untuk dimakan bersama nasi dan sangat digemari oleh masyarakat lokal. Bahkan sekarang sudah ada beberapa industri kecil yang memproduksi makanan ini.

#5. Bolu Berendam

Makanan Khas Indragiri Hulu
Bolu Berendam
Kurang lebih sama dengan Kue Asidah, Bolu Berendam ini juga merupakan salah jenis kuliner kesukaan para raja dan para bangsawan di Kerajaan Indragiri pada jaman dulu.

Dinamakan " Bolu Berendam " karena kue ini dimasak dengan cara direbus dan disajikan masih dalam keadaan basah. Citarasanya yang manis membuat kue ini sangat disukai semua orang, baik anak-anak maupun orang dewasa.

#6. Dodol Kedondong

Ibukota Kabupaten Indragiri Hulu, yaitu Kota Rengat dijuluki sebagai " Kota Kedondong ", karena di kota ini banyak terdapat pohon kedondong, sehingga buah kedondong menjadi buah khas Kota Rengat ini.

Salah satu jenis kuliner yang terbuat dari buah kedondong di Kabupaten Indragiri Hulu adalah Dodol Kedondong. Dodol Kedondong ini memiliki aroma yang harum, dan citarasa yang tidak terlalu manis dan tidak terlalu asam.

Dodol khas Kabupaten Indragiri Hulu ini sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang oleh para wisatawan, karena dodol ini sudah dikemas dengan baik, sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Akhir Kata

Nah, itu dia beberapa makanan khas Indragiri Hulu (Riau) yang sangat direkomendasikan untuk dicicipi oleh para wisatawan jika sedang berkunjung ke Riau. Baca juga beberapa makanan khas Kabupaten Kampar di Riau.