Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5+ Kesenian Khas Lombok (Nusa Tenggara Barat) Yang Wajib Diketahui!!

Kesenian khas Lombok berikut ini sangat wajib diketahui oleh para wisatawan yang sedang berencana liburan di Nusa Tenggara Barat. Seperti diketahui, Lombok adalah sebuah pulau yang masuk ke dalam wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Pulau yang terbagi menjadi beberapa kabupaten ini sangat terkenal dengan potensi wisata alamnya seperti Air Terjun Timponan yang menjadi salah satu air terjun di Kabupaten Lombok Barat yang banyak dikunjungi wisatawan.

Selain terkenal dengan potensi wisata alamnya, Pulau Lombok juga memiliki potensi dari segi kesenian. Lantas, apa saja kesenian khas Lombok yang wajib diketahui oleh para wisatawan tersebut? Berikut ulasannya.

5+ Kesenian Khas Lombok (Nusa Tenggara Barat) Yang Wajib Diketahui!!

#1. Tari Gendang Beleq

Kesenian Khas Lombok
Tari Gendang Beleq
Kesenian khas Lombok yang pertama yaitu Tari Gendang Beleq. Dinamakan " Tari Gendang Beleq " Karena, para penarinya tampil sambil memainkan alat musik gendang beleq, yaitu salah satu alat musik khas Lombok.

Pada jaman dulu, tarian yang merupakan salah satu kesenian peninggalan kerajaan selaparang ini dijadikan sebagai salah satu media untuk menyebarkan agama islam di Pulau Lombok dan sekitarnya.

Namun, sejak dijadikan sebagai salah satu tarian tradisional Indonesia, Tari Gendang Beleq oleh suku sasak dianggap sebagai salah satu tradisi yang wajib dilakukan dalam berbagai acara seperti menyambut tamu besar, dan lainnya. 

BACA JUGA: Air Terjun Tiu Kelep (Lokasi, Harga Tiket Masuk, Dan Mitos)

#2. Tari Gandrung

Dilihat secara sekilas, Tari Gandrung khas Pulau Lombok ini mirip dengan Tari Gandrung yang ada di Kabupaten Banyuwangi dan Pulau Bali. Yang membedakannya adalah kostum yang digunakan, dan gerakannya.

Pada jaman dulu, Tari Gandrung ini dijadikan sebagai salah satu tarian untuk menyambut dan menghibur para prajurit ketika pulang dari medang perang.

Namun seiring perkembangan jaman, Tari Gandrung oleh masyarakat Pulau Lombok dijadikan sebagai salah satu kesenian yang wajib dilestarikan karena dianggap mempunyai nilai seni dan sejarah di dalamnya. 

#3. Maulid Adat Bayan

Maulid Adat Bayan adalah kegiatan adat yang berhubungan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Biasanya kegiatan ini dilakukan setiap 15 Rabiul Awal, atau setelah 3 hari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Tradisi yang berasal dari Kabupaten Lombok Utara ini mempunyai rangkaian prosesi yang sangat menarik, karena masyarakatnya harus menumbuk padi secara tradisional dengan mengenakan pakaian adat khas Kabupaten Lombok Utara.

#4. Upacara Ngayu-ayu

Upacara Ngayu-ayu adalah salah satu tradisi dalam bentuk upacara adat yang diselenggarakan setiap tiga tahun sekali oleh masyarakat sembalun, yaitu salah satu kecamatan di Kabupaten Lombok Timur.

Upacara Ngayu-ayu diselenggarakan sebagai bentuk rasa syukur masyarakat di Kecamatan Sembalun kepada tuhan yang maha esa atas diberikannya kelimpahan hasil bumi, terhindar dari bencana, dan penyakit.

#5. Nyongkolan

Kesenian Khas Lombok
Nyongkolan
Kesenian khas Lombok yang wajib diketahui oleh para wisatawan terakhir yaitu Nyongkolan. Nyongkolan sendiri merupakan sebuah tradisi adat dalam prosesi pernikahan di Kabupaten Lombok Tengah.

Dalam prosesinya, kedua pengantinnya akan diarak dari rumah mempelai laki-laki menuju ke rumah mempelai perempuan dengan mengunakan pakaian adat khas dengan diiringi musik khas suku sasak.

Uniknya, dalam prosesinya tidak hanya kedua pengantin yang diarak, tapi juga keluarga dan para kerabat kedua pengantin juga akan ikut diarak bersama dengan kedua pengantin tersebut. 

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa kesenian khas Lombok yang wajib diketahui oleh para wisatawan ketika berlibur di di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Baca juga daftar air terjun di Kabupaten Lombok Tengah.