Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

6+ Makanan Khas Luwu (Sulawesi Selatan) Yang Lezat dan Sedap!!

Makanan khas luwu berikut ini sangat direkomendasikan untuk dicicipi jika sedang berada di Sulawesi Selatan (Sulsel). Perlu diketahui, Luwu adalah sebuah kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan.

Kabupaten yang pusat pemerintahan berada di Kota Belopa ini cukup dikenal dengan kekayaan alamnya yang melimpah. Disamping itu, kabupaten ini juga memiliki daya tarik dari segi kuliner, salah satunya adalah makanan khasnya.

Penasaran makanan khas apa saja yang dimiliki Kabupaten Luwu ini? Berikut ulasannya beberapa makanan khas luwu yang sangat lezat, sedap, dan direkomendasikan dicicipi jika sedang berada di kabupaten berjuluk " Sawerigading " ini.

6+ Makanan Khas Luwu (Sulawesi Selatan) Yang Lezat dan Sedap!!

#1. Pacco

Makanan khas luwu yang pertama direkomendasikan dicicipi yaitu Pacco. Makanan yang satu ini, oleh masyarakat Kabupaten Luwu dan sekitarnya sering disamakan dengan sashimi, yaitu salah satu khas Jepang.

Hal ini dikarenakan, baik sashimi maupun pacco sama-sama mengunakan bahan baku ikan segar yang diolah tanpa melalui proses pemanasan terlebih dulu. Sebagai ganti proses pemanasannya, hidangan ini mengunakan asam cuka.

Selain menyegarkan, makanan yang satu ini juga diyakini bisa menambah stamina pria. Sehingga tidak heran jika makanan ini tidak hanya populer dikalangan masyarakat lokal saja, tapi juga terkenal dikalangan para wisatawan.

BACA JUGA: 15+ Tempat Wisata di Palopo (Sulawesi Selatan) Yang Sedang Hits!!

#2. Dange

Makanan Khas Luwu
Dange

Makanan khas luwu berikutnya yang direkomendasikan untuk dicicipi yaitu Dange. Makanan yang satu ini merupakan makanan sehari-hari masyarakat lokal, khususnya masyarakat di Kabupaten Luwu Timur dan sekitarnya.

Dange sendiri terbuat dari bahan dasar sagu. Dimana diketahui, masyarakat di Kabupaten Luwu memang dikenal sebagai masyarakat yang menjadikan sagu sebagai salah satu makanan pokok penganti nasi.

Makanan ini memiliki citarasa yang hambar, makanya masyarakat di Kabupaten Luwu dan sekitarnya sering menyajikannya dengan makanan lainnya seperti pacco, lawa, ikan bakar, ikan goreng, dan lainnya.

#3. Lawa

Kurang lebih sama dengan Pacco, Lawa juga sering disamakan dengan sashimi, karena sama-sama mengunakan ikan segar mentah sebagai bahan bakunya tanpa melalui proses pemanasan terlebih dahulu.

Biasanya, ikan yang sering dijadikan sebagai bahan baku makanan ini adalah ikan teri, atau ikan tuna. Dalam pengolahannya, biasanya makanan ini diolah dengan berbagai jenis sayur-sayuran, bawang goreng, dan parutan kelapa.

Hampir sama dengan pacco, lawa juga memiliki citarasa yang gurih, asam, dan pedas. Hanya saja, lawa tidak sepedas pacco. Biasanya, lawa dihidangkan dengan nasi putih, atau bagi yang tidak suka dengan nasi putih bisa mengantinya dengan dange.

#4. Buras

Makanan Khas Luwu
Buras
Buras terbuat dari bahan dasar beras. Dimana, makanan ini sebenarnya memiliki kemiripan dengan makanan berbahan dasar beras lainnya seperti ketupat. Bahkan, sekilas buras ini mirip dengan lemper, yaitu kue khas jawa.

Yang membedakan buras dengan lemper terletak pada bahan dasarnya. Dimana, buras dibuat dari beras, sedangkan lemper dibuat dari ketan dengan beragam isian seperti cincangan daging ayam, dan lain sebagainya.

Yang membuat buras dan lemper mirip yaitu sama-sama dibungkus dengan daun pisang. Biasanya, buras sering dihidangkan pada acara-acara besar seperti pernikahan, hari raya idul fitri, hari raya idul adha, dan acara besar lainnya.

#5. Gohu Ikan

Selain pacco dan lawa, ada satu lagi makanan khas dari Kabupaten Luwu yang sering disamakan dengan sashimi karena sama-sama mengunakan ikan mentah segar sebagai bahan dasarnya, yaitu Gohu Ikan.

Biasanya, jenis ikan yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan makanan ini adalah ikan tuna atau ikan cakalang. Karena mengunakan ikan mentah segar, sehingga makanan ini diyakini memiliki nilai gizi baik bagi tubuh.

#6. Kapurung

Makanan Khas Luwu
Kapurung
Perlu diketahui, Kabupaten Luwu adalah salah satu daerah di Indonesia yang memiliki tanamanan sagu yang sangat melimpah. Sehingga tidak heran jika masyarakat disana menjadikan sebagai salah satu makanan pokok penganti nasi.

Dan salah satu makanan khas luwu yang terbuat dari bahan dasar sagu adalah Kapurung. Biasanya, Kapurung dimasak dengan campuran ikan atau daging ayam, dan berbagai jenis sayuran seperti bayam, kacang panjang, dan lainnya.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa makanan khas luwu yang lezat, sedap, dan sangat direkomendasikan dicicipi jika berada di Provinsi Sulawesi Selatan. Baca juga beberapa makanan khas Kota Palopo.