Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14+ Tempat Wisata di Timor Leste Yang Wajib Dikunjungi!!

Tempat wisata di Timor Leste berikut ini bisa menjadi pilihan bagi wisatawan yang ingin liburan ke luar negeri tapi tidak ingin jauh dari Indonesia. Seperti diketahui, Timor Leste adalah sebuah negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia.

Dan sejumlah tempat wisatanya tidak kalah menarik dibandingkan dengan beberapa tempat wisata di Indonesia, khususnya di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang berbatasan langsung dengan negara ini.

Mulai dari pulau cantik, pantai, hingga pegunungan dengan pemandangan indah ada di negara yang beribukota di Kota Dili ini. Lantas, apa saja tempat wisata di Timor Leste yang wajib dikunjungi tersebut? Berikut ulasannya.

Tempat Wisata di Timor Leste Yang Wajib Dikunjungi

#1. Cristo Rei

Tempat Wisata di Timor Leste
Cristo Rei
Tempat wisata di Timor Leste yang wajib dikunjungi wisatawan pertama yaitu Cristo Rei. Cristo Rei adalah situs patung yesus terbesar di Timor Leste, sekaligus sebagai patung yesus terbesar ke-3 di dunia.

Berdasarkan catatan sejarah, patung yesus yang berdiri gagah di Kota Dili ini merupakan hadiah dari pemerintah Indonesia untuk penduduk Timor Leste pada tahun 1996 (pada waktu itu Timor Leste masih menjadi bagian Indonesia).

Selain bisa menikmati kemegahan patung yesus ini, para wisatawan juga bisa menikmati pemandangan laut biru, dan bukit hijau yang bisa dijadikan sebagai background untuk berfoto selfie atau berswafoto.

BACA JUGA: 15+ Tempat Wisata di Soe (TTS - NTT) Yang Direkomendasikan Dikunjungi!!

#2. Gunung Ramelau

Tempat wisata di Timor Leste yang wajib dikunjungi berikutnya yaitu Gunung Ramelau. Gunung Ramelau adalah gunung tertinggi di Pulau Timor dengan ketinggian mencapai 2986 meter diatas permukaan laut.

Gunung yang kadang disebut " Gunung Tatamailau " memiliki panorama yang sangat indah di pagi harinya, karena pada waktu itu, para wisatawan bisa menikmati pemandangan awan yang menyelimuti perbukitan.

Bukan hanya itu saja, para wisatawan juga akan menemukan sebuah patung bernama " Virgin Mary " di bagian puncak gunung ini. Patung setinggi 3 meter sering dikunjungi oleh para pemeluk agama kristen katolik, terutama pada acara-acara besar keagamaan.

#3. Pulau Jaco

Tempat Wisata di Timor Leste
Pulau Jaco
Tempat wisata yang satu ini bisa dikatakan sebagai Pulau Raja Ampat versi Timor Leste. Perumpamaan ini tidak lepas dari keindahan pulau yang memang sebanding dengan Kepulauan Raja Ampat di Indonesia.

Hebatnya lagi, pulau dengan luas kurang lebih 11 hektar ini tidak diizinkan dihuni oleh manusia. Hal ini sengaja dilakukan oleh pemerintah setempat untuk menjaga keasriannya, dan agar pulau ini bebas dari sampah.   

Ada beberapa kegiatan seru yang bisa dilakukan oleh para wisatawan di pulau ini, di antaranya adalah mengelilingi pulau dengan jalan kaki, mengelilingi perairannya dengan perahu nelayan, dan lain sebagainya.

#4. Taman Nasional Nino Konis Santana

Kalau kamu pergi berlibur ke Pulau Jaco, kamu juga wajib mempertimbangkan untuk mengunjungi Taman Nasional Nino Konis Santana. Pasalnya, kedua tempat wisata ini masih berada di satu wilayah.

Di Taman Nasional Nino Konis Santana ini, para wisatawan bisa menemukan beberapa jenis burung langka seperti merpati hijau timor, kakatua kecil jambul kuning, gelatik timor, merpati kaisar timor dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu saja, di sekitar Taman Nasional Nino Konis Santana ini juga terdapat beberapa desa yang menarik untuk dikunjungi. Dimana, di desa tersebut terdapat sejumlah bangunan bersejarah dan sakral.

#5. Tasi Tolu

Tempat Wisata di Timor Leste
Tasi Tolu
Nama " Tasi Tolu " yang berarti " Tiga Perairan " ini sesuai dengan lokasi tempat wisata yang berada persis diantara tiga perairan. Dan salah satu perairannya tersebut adalah sebuah danau yang memiliki air berwarna kemerah-merahan di waktu-waktu tertentu.

Disamping itu, di bagian puncak tempat wisata ini juga terdapat sebuah patung seorang laki-laki. Patung laki-laki tersebut merupakan replika dari " Paus Paulus Yohanes II " yang pada tahun 1989 silam pernah mengunjungi Timor Leste.

#6. Pemandian Air Panas Marobo

Tempat wisata di Timor Leste yang wajib dikunjungi wisatawan selanjutnya yaitu Pemandian Air Panas Marobo. Sesuai dengan namanya, Pemandian Air Panas Marobo adalah sebuah pemandian air panas bumi alami.

Disamping itu, berendam di tempat pemandian air panas ini tidak akan membuat para wisatawan cepat bosan dan jenuh. Pasalnya, pemandangan alam disekitar Pemandian Air Panas Marobo ini sangatlah indah.

#7. Pemakaman Santa Cruz

Tempat Wisata di Timor Leste
Pemakaman Santa Cruz
Walaupun melihat pemakaman bisa membuatmu ketakutan, tapi sedikit berbeda dengan pemakaman yang satu ini. Karena kuburan-kuburan di pemakaman ini cukup unik dengan property yang berwarna-warni.

Pemakaman Santa Cruz adalah salah satu objek wisata sejarah di Timor Leste. Dimana diketahui, Pemakaman Santa Cruz merupakan pemakaman bagi korban " Insiden Santa Cruz ".

Dan Insiden Santa Cruz adalah sebuah peristiwa kelam yang terjadi pada tahun 1991 silam. Peristiwa kelam inilah yang menjadi cikal bakal lahirnya kemerdekaan Provinsi Timor Timur menjadi negara Timor Leste.

#8. Pulau Atauro

Selain Pulau Jaco, ada satu lagi pulau eksotis di Timor Leste, yaitu Pulau Atauro. Pulau Atauro adalah sebuah pulau eksotis di Timor Leste yang mempunyai udara sejuk, dan terumbu karang yang masih alami.

Sehingga tidak terlalu mengherankan bila pulau ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin melakukan diving atau snorkeling, karena terumbu karang, dan biota laut diperairan di pulau ini dikenal sangat menggagumkan.

#9. Selat Wetar

Selat Wetar adalah sebuah objek wisata yang istimewa di Timor Leste. Pasalnya, Selat Wetar menjadi jalur utama migrasi bagi paus dan lumba-lumba pada bulan oktober hingga bulan desember setiap tahunnya.

Beberapa jenis paus yang pernah ditemukan di selat yang menjadi perbatasan antara Maluku (Indonesia) dengan Timor Leste ini di antaranya adalah Paus Biru, Paus Pilot, Paus Sperma, dan Paus Pembunuh.

Perlu diketahui, sejumlah ilmuwan kelautan dan fotografer profesional juga sering berlayar ke selat ini untuk melihat dan mempelajari hewan ini. Bahkan, beberapa program tv internasional juga sering mengulas selat ini. 

#10. Penjara Ai Pelo

Tempat Wisata di Timor Leste
Penjara Ai Pelo
Tempat wisata di Timor Leste yang juga wajib dikunjungi berikutnya yaitu Penjara Ai Pelo. Penjara Ai Pelo adalah salah satu saksi bisu bahwa wilayah Timor Leste pernah dijajah oleh bangsa portugis dalam kurun waktu yang lama.

Dulunya, tempat ini adalah sebuah penjara khusus untuk tahanan politik. Namun, setelah banjir besar yang terjadi pada tahun 1939 silam, membuat sebagian besar bangunan di penjara ini rusak, sehingga tidak digunakan lagi.

Dan waktu terbaik mengunjungi tempat wisata ini adalah menjelang sore hari. Karena pada waktu itu, sinar matahari yang mulai meredup akan masuk ke dalam bekas penjara ini melalui celah-celahnya sehingga terlihat lebih syahdu.

#11. Pasar Tais

Tempat Wisata di Timor Leste
Pasar Tais
Negara Timor Leste juga mempunyai beberapa tempat wisata belanja yang menarik dikunjungi, salah satunya adalah Pasar Tais. Pasar Tais adalah sebuah tempat untuk membeli kain tais, yaitu kain khas Timor Leste.

Biasanya, kain tais yang diperjualbelikan di tempat ini masih dalam bentuk mentah. Walaupun begitu, ada juga beberapa pedagang yang menjual kain tais yang sudah diolah seperti pakaian, tas, selendang, dan lain sebagainya.

Disamping itu, para wisatawan juga bisa melihat secara langsung proses pembuatan kain tais di tempat ini. Lebih menariknya lagi, kain khas Timor Leste ini memiliki harga yang cukup terjangkau untuk dibeli.

#12. Gereja Motael

Bangunan suci ini bukan hanya dijadikan sebagai tempat ibadah saja, tapi juga dijadikan sebagai kawasan wisata di Timor Leste. Pasalnya, pada acara-acara tertentu, gereja ini banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Salah satu daya tarik dari bangunan suci umat kristen katolik ini terletak pada usia bangunannya. Dimana diketahui, Gereja Motael merupakan gereja tertua di Timor Leste yang dibangun pada abad ke-18 masehi.

#13. Dare War Memorial Museum

Sejarah kelam perperangan juga pernah terjadi di Timor Leste. Oleh karena itulah didirikan sebuah museum bernama " Dare War Memorial Museum " untuk dijadikan sebagai salah satu pengingat agar kejadian tersebut tidak terulang lagi.

Tempat wisata yang satu ini pasti tidak akan mengecewakan, dan justru sangat direkomendasikan untuk dikunjungi bagi para wisatawan yang ingin mengenal lebih jauh dengan negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia ini.

#14. Pantai Maubara

Tempat wisata di Timor Leste yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan terakhir yaitu Pantai Maubara. Pantai Maubara ini dikenal memiliki pemandangan alam yang " luar biasa " indah dan nyaman.

Sehingga tidak terlalu mengherankan apabila pantai yang berjarak sekitar 4 jam perjalanan dari ibukota Timor Leste ini sering dijadikan sebagai tempat favorit untuk berbulan madu oleh sejumlah pasangan pengantin.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Timor Leste yang wajib dipertimbangkan untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Baca juga 7+ Air Terjun di Lombok Barat Yang Luar Biasa Indahnya!!.